Viral Helikopter Antar Jemaah Haji Lempar Jumrah, Nama Raffi Ahmad Disebut, Ini Faktanya

Berita forum. COM, Mekkah – Puncak haji telah berlalu, namun kabar masih beredar di media sosial Tanah Suci. Salah satunya viral di helikopter di kawasan Jamalat.

Video yang dibagikan di beberapa akun TikTok dan Instagram menunjukkan sebuah helikopter mendarat di distrik Jamalat di wilayah Mina, Arab Saudi.

Sebelumnya, helikopter berputar-putar di atas kepala saat jamaah menurunkan juri, sementara petugas keamanan mengendalikan arus jamaah di Jamalat, tempat upacara diadakan.

Helikopter tersebut dikabarkan membawa jamaah saat prosesi rajam di Mina, Arab Saudi.

Salah satu akun TikTok memberi caption pada video tersebut seolah-olah helikopter tersebut digunakan untuk menerbangkan orang-orang penting ke wilayah Jamarat.

“Turunkan tamu VVIP dari helikopter.”

“Sultan terbang berangkat haji.”

Ini adalah nama video di TikTok dan Instagram.

Tak hanya itu, nama artis Indonesia Rafi Ahmad dikabarkan muncul di helikopter tersebut.

“Hodommu berisi Rafi Ahmadu ya? Jamaah dari berbagai negara melaksanakan Jamrah pada Kamis (29 Juni 2023) (Tribunnews.com/Rachmat Hidayat)

Warganet pun dipastikan menggunakan ilmu logika. “Sepertinya ini Andara Sultan Rafi Ahmed,” kata salah satu netizen sambil menandai akun Rafi Ahmed.

Rafi Ahmad baru saja menyelesaikan haji pada Juni 2024.

Rafi Ahmed tak sendirian dalam lawatannya ke Tanah Suci, ia juga memboyong istrinya Nagita Slavina, ibu Amy Kanita, dan adik-adiknya.

Rafi Ahmed dikabarkan telah mengeluarkan banyak uang. Dia menghabiskan miliaran dolar untuk mencapai rukun Islam yang kelima.

Netizen pun mengaitkan mahalnya biaya haji dengan fasilitas Rafi Ahmed selama menunaikan ibadah haji, termasuk dugaan ayah Rafatar dan Rayanza terbang ke Jamalat dengan menggunakan helikopter. Cek Fakta, Benarkah Kabar Helikopter Jamarat?

Tribunnews.com yang berkesempatan bergabung dalam tim Media Center Haji (MCH) 2024 menyaksikan helikopter flyover di kawasan Jamarat saat prosesi rajam jamaah haji mulai pukul 10.00 hingga 13.00 Dzulhijjah.

Melansir Reuters, Minggu (7/10/2024), otoritas Arab Saudi memantau jamaah haji untuk memastikan kelancaran ibadah haji. Rafi Ahmed dan Nagita Slavina beserta keluarga sudah tiba di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. (Tangkapan layar Instagram @raffinagita1717)

Bahkan, helikopter tersebut sedang dalam pengawasan dan ikut serta dalam kegiatan darurat dan penyelamatan jamaah. Jutaan orang berduyun-duyun ke Jamalat selama prosesi ziarah.

Pihak berwenang Arab Saudi siap merespons situasi darurat.

Tak hanya helikopter yang hadir, keriuhan jutaan jemaah haji dari seluruh dunia diiringi dengan suara ambulans yang datang dan pergi mengevakuasi jemaah yang membutuhkan.

Para pejabat, termasuk pihak keamanan Arab Saudi, juga telah mendirikan pusat kesehatan di seluruh Jamalat, dan Kementerian Agama Indonesia, misalnya, telah menugaskan 4.000 petugas haji untuk melayani para jamaah.

Terkait prosesi rajam yang dilakukan Rafi Ahmed, Rafi Ahmed melalui akun media sosialnya (Instagram dan TikTok) mengatakan, dirinya dan keluarga juga melakukan hal yang sama seperti jamaah lainnya.

Rafi memperlihatkan video dirinya berjalan melewati terowongan dari Mina hingga Jamalat sebelum melemparkan juri ke sana.

Sebelumnya, Rafi Ahmed menceritakan pengalamannya di Tanah Suci.

Rafi juga mengatakan, sesampainya di Mina, timnya seharusnya berangkat sekitar pukul 02.00 WIB.

Selama menunaikan ibadah haji, Rafi Ahmed tak henti-hentinya berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Untuk bisa menunaikan ibadah haji, Rafi Ahmed merasa perlu benar-benar membangun staminanya.

“Karena kita tahu, ketika kita berada di Wukuf Arafat, kita sangat perlu membangun tenaga agar memiliki stamina,” kata Rafi.

Saya tidak lupa mengucapkan terima kasih.

“Iya alhamdulillah, rangkaian haji baru kami selesaikan 90 persen dari hari pertama hingga saat ini,” kata Rafi.

Rafi melanjutkan, momen haji merupakan perjalanan salat terpanjang dalam hidup seseorang.

“Bagi saya, ziarah rohani ini juga merupakan perjalanan doa terpanjang dalam hidup saya,” kata Rafi Ahmed.

Ayah dua anak ini mengaku biasanya salatnya tidak lebih dari satu jam.

Namun saat menunaikan ibadah haji, Rafi nyaris tak lupa salat.

“Makanya, setiap di Mina kita salat Dzuhur, salat Asar, salat magrib, nespar dan nespar,” jelasnya. Jamaah jamalat khusyuk berdoa di depan tempat rajam Jamalat, memohon ampunan dan harapan. (Anita)

Khususnya, Jamalat menjadi tempat jamaah melakukan prosesi lempar Jumra atau Lont Jumra.

Di Jamalat, jamaah melempar batu kecil ke tiga pilar kompleks Jembatan Jumra di Mina, sebelah timur Mekah.

Jamarat adalah tempat jamaah “melempar setan” dan ketiga tiang Mina diletakkan berdekatan dan dalam satu garis lurus. Namanya masing-masing adalah Ula, Vusta dan Akaba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *