Jamkrindo Tingkatkan Akses Pembiayaan UMKM ke Lembaga Keuangan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Guaranty Credit Indonesia (Jamkrindo) berkomitmen meningkatkan kontribusinya kepada negara dan memutuskan untuk mempercepat peran strategisnya dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) nasional melalui kemudahan pembiayaan.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan ketersediaan pembiayaan bagi UKM dengan berbagai layanan penjaminan yang memudahkan UKM mendapatkan pembiayaan dari penyedia jasa keuangan.

Jamkrindo telah menerapkan serangkaian perubahan menyeluruh untuk menghadapi perubahan, peluang, dan tantangan di masa depan, yang merupakan landasan utama untuk mendukung kinerja berkelanjutan dan mewujudkan perusahaan terdepan dalam pertumbuhan pendapatan, efisiensi biaya, dan pelayanan prima. Pengelolaan bisnis yang bertanggung jawab dan bijaksana,” kata Ahmad Purvakajaya.

“Kami percaya UKM memiliki potensi besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, peran kami sebagai lembaga penjaminan kredit sangat penting dalam menjamin keberlanjutan dan pertumbuhan industri, ujarnya.

Tema perayaan HUT Jamkrindo ke-54 adalah “Kejuaraan UKM: Membangun Bangsa yang Lebih Kuat”. Menurut Ahmad Purvakajaya, tema tersebut mencerminkan komitmen kuat dalam mendukung UKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

“Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan berkomitmen untuk terus menciptakan nilai. Nilai ekonomi dan nilai sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, kegiatan sosial dalam rangka HUT Jamkrindo ke-54 telah dilakukan sejak Maret lalu dengan membagikan 5.400 barang kebutuhan pokok selama Ramadhan, santunan anak yatim, guru mengaji, marbot masjid, dan musala.

Untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya pada pilar pendidikan berkualitas, kesetaraan gender dan pengurangan kesenjangan, perusahaan meluncurkan berbagai kegiatan pelatihan “anti-bullying dan kekerasan seksual” untuk 5.400 siswa di Jakarta. Di tiga sekolah di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, ‘sebelumnya sudah menikah.

Perusahaan menyediakan “guru berkualitas untuk pendidikan anak Indonesia cerdas” kepada 540 staf pengajar di Jakarta, membagikan 5.400 tas sekolah gratis kepada siswa, memberikan beasiswa kepada staf outsourcing perusahaan, dan menawarkan program kebersihan di 54 sekolah.

Saat ini JamCrindo mempunyai produk garansi program dan produk garansi non program. Penjaminan program terdiri atas penjaminan KUR dan penjaminan KMK dalam rangka program PEN.

Sedangkan untuk non program, produk penjaminan Jamkrindo antara lain penjaminan kredit umum, penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit konstruksi, pengadaan barang/jasa, dan penjaminan penyerahan barang.

Perusahaan juga memberikan jaminan, jaminan counter-bank, jaminan kepabeanan, jaminan pembiayaan rantai pasokan (invoice financing) dan jaminan kredit lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *