Rudal Falaq Hizbullah Hantam Tempat Rapat IDF di Tel Shaar, Barak Spionase Terkena Roket Katyusha

TRIBUNNEWS.COM, BEIRUT – Kelompok militan Lebanon Hizbullah melancarkan operasi militer terhadap 10 sasaran di Israel, sebagai tanggapan atas serangan terhadap Tel Aviv di Gaza dan selatan negara mereka.

Dikutip dari Press Tv, Minggu (14/5/2024) waktu setempat, Hizbullah menyebut serangan tersebut menggunakan roket Falaq dan Jihad, serta roket Katyusha.

Kelompok oposisi mengatakan mereka menargetkan pertemuan militer di dekat barak Metat, Beit Hillel, Mayan Baruch, Hanita dan Tel Shaar. Termasuk wilayah Kiryat Shmona, Ruwaisat al-Alam dan Metulla. Daerah-daerah ini adalah rumah bagi peralatan mata-mata Israel. tulis Pers TV.

Hizbullah juga menegaskan bahwa operasi tersebut dilakukan akibat serangan Israel baru-baru ini di desa Taybeh, al-Mari dan Khardali di Lebanon selatan.

Hizbullah dan Israel telah saling baku tembak sejak awal Oktober, tak lama setelah pemerintah melancarkan perang gesekan di Gaza menyusul operasi kelompok Palestina Hamas.

Beberapa minggu setelah Hizbullah mempublikasikan gambar pertama drone militer Israel, gambar kedua drone beresolusi tinggi muncul di Internet sebagai ancaman eskalasi dan perang skala penuh.

Pada tanggal 9 Juli, kelompok Hizbullah yang didukung Iran menerbitkan rekaman drone yang menunjukkan lokasi instalasi dan infrastruktur militer Israel yang sensitif di Dataran Tinggi Golan yang dikelola Israel.

Rekaman drone berisi gambar dan tautan ke sasaran militer sensitif di Israel utara.

Hal ini telah dibagikan secara luas di media sosial dan di antara kelompok militer aktif melalui aplikasi perpesanan seperti Telegram.

Menurut berbagai laporan, video berdurasi hampir 10 menit itu direkam oleh sebuah drone yang terbang di atas badan intelijen Israel, pusat komando dan kamp militer di tempat yang dikenal sebagai Dataran Tinggi Golan Suriah.

Tampaknya ini adalah operasi drone kedua yang diumumkan oleh Hizbullah.

Bulan lalu, Hizbullah merilis video berdurasi sembilan menit tiga puluh dua menit yang direkam oleh mata-mata di beberapa lokasi Israel, termasuk pelabuhan Haifa dan pelabuhan pesawat.

Jarak antara Haifa dan perbatasan Lebanon adalah 27 kilometer, dan para pemimpin Hizbullah mengatakan pesawat mata-mata mereka sering terbang di atas Haifa.

Fasilitas pembuatan film drone Israel disebut ‘Hoopoe’ dan bertanggung jawab untuk mengambil gambar fasilitas Israel pada bulan Juni 2024.

Patut dicatat bahwa meskipun Israel memiliki sistem pertahanan udara berlapis, tampaknya pesawat kecil ini mampu mengungguli sistem pertahanan udara Israel.

Hizbullah secara teratur mengirimkan drone pengintai dan menyerang Israel. Drone mata-mata yang memfilmkan instalasi militer Israel dan mengumpulkan komunikasi yang membantu serangan berikutnya.

Berita terbaru ini penting mengingat hal itu terjadi beberapa hari setelah kelompok bersenjata mengatakan pihaknya melancarkan serangan pesawat tak berawak ke pangkalan intelijen militer Israel di Gunung Hermon di Dataran Tinggi Golan pada 7 Juli.

Kelompok tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa situs teknis dan elektronik terpencil di Gunung Hermon di Dataran Tinggi Golan yang diduduki menjadi sasaran serangan udara oleh “sekelompok drone peledak”.

Menanggapi serangan ini, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) melancarkan serangan terhadap fasilitas yang digunakan Hizbullah di Lebanon selatan.

Meningkatnya konflik antara Israel dan Hizbullah yang didukung Iran telah menimbulkan kekhawatiran akan eskalasi besar dan kemungkinan perang habis-habisan.

Beberapa negara telah mengevakuasi warganya dari Lebanon karena ancaman konflik, dan Pentagon AS telah memperingatkan akan adanya krisis yang akan datang.

Harrison Mann, mantan menteri pertahanan yang mengundurkan diri karena dukungan AS terhadap serangan Israel di Gaza, mengatakan kepada Guardian bahwa AS akan bergabung dalam perang di wilayah tersebut jika terjadi perang destruktif lainnya yang melibatkan Israel dan Lebanon.

Meski diperingatkan, kedua belah pihak terus saling baku tembak. Hizbullah menentang kampanye berdarah Israel di Gaza, yang disebutnya genosida.

Baru-baru ini mereka dengan berani mengatakan bahwa serangan Hamas terhadap Israel adalah awal kehancuran Israel.

Sejauh ini, belum ada tanda-tanda permusuhan akan berakhir dalam waktu dekat.

Dengan latar belakang ini, pembuatan film instalasi militer Israel oleh Hizbullah dipandang sebagai langkah pertama dalam menutup mata terhadap Israel dengan mengabaikan teknologi pengawasan dan pertahanan udara canggih Tel Aviv, yang dianggap terbaik di dunia.

Dalam apa yang disebut pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah sebagai kampanye “membutakan” terhadap Israel, mereka juga menggunakan teknologinya, khususnya drone, untuk memantau dan menargetkan kemampuan pengumpulan intelijen Israel.

Menurut IDF, pihaknya secara teratur mengirimkan drone patroli perbatasan untuk memata-matai musuh dan menjaga keamanan.

Israel diyakini sebagai salah satu negara paling maju di dunia dalam hal penyadapan elektronik, termasuk peretasan komputer dan telepon seluler.

Namun menurut laporan Reuters, Hizbullah mengubah strateginya setelah menyadari kendala tersebut.

Menurut dua sumber, telepon – yang dapat digunakan tergantung pada lokasi pengguna – telah dilarang digunakan di zona perang dan digantikan oleh alat komunikasi tradisional lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *