Almuzzammil Yusuf Minta Satgas Judi Online Bentukan Jokowi Tunjukkan Bukti Nyata, Bukan Retorika

Reporter Tribunnews.com Igman Ibrahim melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi resmi menunjuk gugus tugas penghentian perjudian.

Jokowi mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 21 Tahun 2024 sebagai undang-undang resmi kelompok tersebut.

Menjawab pertanyaan tersebut, Anggota Komisi I DPR RI dari Partai PKS, Almuzzammil Yusuf mengatakan, kelompoknya terlibat dalam pencegahan perjudian di Indonesia.

Jika pemerintah ingin mengambil tindakan tegas terhadap para pelaku kejahatan.

Muzzammil, Selasa menekankan, mengatakan, “Kalau pemerintah kuat, bisa saja. Karena informasi pelaku kriminal di dalam dan luar negeri sudah ada di BSSN. Tapi penindakan bukan tempatnya BSSN. Ini tempatnya penegakan hukum.” petugas.’ (18/6/2024).

Muzzammil menjelaskan, masyarakat di tingkat daerah menghadapi kemiskinan akibat perjudian dalam jumlah yang luar biasa. Bahkan, ada lebih dari Rp 300 juta per tahun.

Dia mengatakan angka-angka ini tidak kalah dengan kerugian yang ditimbulkan oleh narkoba. Tercatat, kerugian akibat narkoba sekitar Rp400.000 per tahun.

“Ini adalah dua bencana dahsyat yang telah terjadi dan akan terus melanda seluruh wilayah di Indonesia jika tidak segera ditangani dengan serius,” ujarnya.

Berdasarkan hal tersebut, Muzzammil pun menilai ke depan kelompok perjudian harus lebih banyak menunjukkan bukti kebenarannya. Sebaliknya, kelompok tersebut diminta melakukan lebih dari sekadar berbicara.

Dia menyimpulkan dengan mengatakan: “Kami berharap melalui Satgas Perjudian Internet pemerintah akan segera menunjukkan bukti atas apa yang dilakukannya. Ini bukan sekedar kesepakatan.”

Seperti disebutkan sebelumnya, Presiden Jokowi resmi mengeluarkan Proklamasi Presiden (Keppres) No.

Kelompok ini diketuai oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto dan beranggotakan berbagai kementerian dan lembaga. 

Berdasarkan keterangan dalam salinan Pernyataan Presiden yang dimuat di laman Sekretariat Kabinet, pada Sabtu (15/6/2024), Group on Internet Gambling dibentuk untuk mempercepat langkah-langkah mengakhiri perjudian yang berdampak pada masyarakat dan masyarakat. ekonomi, sosial dan budaya.

Pembentukan Satgas ini melibatkan berbagai kementerian dan lembaga yang terlibat dalam koordinasi kegiatan.

Dalam keterangan Presiden disebutkan, Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto akan menjadi Ketua Rombongan, didampingi Menteri Kebudayaan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy sebagai Wakil Ketua Rombongan.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Media, Budi Arie, akan bertindak sebagai penanggung jawab pertahanan sehari-hari, dengan Direktur Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Media, Usman Kansong, sebagai wakil sehari-hari. Direktur.

Tim ini juga didukung anggota tim pembela dari berbagai instansi seperti Kementerian Agama, Kejaksaan Agung, TNI, Polri, dan Badan Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, Kapolri Jenderal Yo Listyo Sigit dipercaya sebagai aparat penegak hukum sehari-hari dengan didampingi wakil kepala kementerian/lembaga.

Masa jabatan Satgas terhitung sejak masa jabatan Presiden sampai dengan 31 Desember 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *