Jokowi hingga Prabowo Diundang Nonton MotoGP Mandalika September Ini

Koresponden Tribunnews.com Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin diundang menyaksikan balapan motor paling bergengsi MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika Pertamina pada 27-29 September 2024.

Rencananya tidak hanya mengundang Jokowi dan Ma’ruf Amin saja, tapi juga presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029 yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hal itu diumumkan langsung oleh Direktur Eksekutif Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria pada Jumat (21/6/2024) di Jakarta.

“Tahun 2023 kita juga mengundang Pak Jokowi dan wakil presiden. Tahun 2024 kita mengundang presiden dan wakil presiden. Tentu kita mengundang presiden dan wakil presiden terpilih.

“Sebagai tuan rumah, rotasi kami adalah milik Pemerintah, jadi kami mengundang Presiden, Wakil Presiden, dan tentunya para menteri untuk menyaksikan balapan MotoGP seperti biasa,” ujarnya.

Meski belum bisa dikonfirmasi, MGPA sudah melakukan kontak intensif dengan tim Prabowo-Gibran.

Sementara itu, konfirmasi kedua parameter tersebut biasanya terjadi beberapa hari sebelum balapan.

“Tentunya kita (berkomunikasi) lewat semua orang, kita punya protokolnya masing-masing, dari segi keamanan kita selalu konfirmasi di detik-detik terakhir, siapa pun yang keluar, di detik-detik terakhir,” tutupnya.

Seri MotoGP Mandalika akan digelar pada 27-29 September 2024. Balapan lainnya yakni Asian Road Racing Championship (ARRC) akan digelar pada 26-28 Juli 2024.

Menteri Dalam Negeri Eric Tahir mengatakan Indonesia-MotoGP 2024 Pertamina Grand Prix dan ARRC bukan hanya sekedar balapan motor kelas dunia.

Ajang tersebut merupakan peluang besar bagi wisata olah raga Indonesia dan penghasil devisa negara yang sangat besar.

“Kami memiliki peluang untuk menarik perhatian global sekaligus memaksimalkan manfaat bagi masyarakat dan perekonomian lokal,” kata Eric Tahir dari Danareksa Tower Jakarta (21/6/2024).

“Saya berharap ARRC MotoGP Indonesia dan Grand Prix Pertamina menjadi kesempatan emas untuk memajukan tidak hanya balap motor, tapi Indonesia dan Mandalika pada khususnya,” ujarnya.

Berdasarkan catatan tahunan, balapan MotoGP memberikan dampak yang sangat besar bagi masyarakat di sekitarnya.

Secara spesifik, pada tahun 2024, dampak ekonomi dari peristiwa ini diperkirakan mencapai Rp4,3 triliun dan menyediakan lebih dari 2.000 lapangan kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *