Serang Aleppo, Israel Kembali Langgar Hukum Internasional di Suriah, Rusia Ikut Mengutuk

TRIBUNNEWS.COM – Serangan udara Israel di Aleppo dianggap sebagai tindakan agresi dan pelanggaran kedaulatan Suriah dan hukum internasional.

Namun Rusia juga mengutuk serangan tersebut.

Israel menyerang pinggiran kota Aleppo pada tengah malam pada Minggu, 3 Juni. Sebanyak 12 orang tewas. Mereka diduga anggota milisi pro-Iran.

Sebelumnya pada malam tanggal 29 Mei, Angkatan Udara Israel menyerang sebuah bangunan tempat tinggal di Baniyas, Tartus, membunuh seorang anak berusia dua tahun, melukai anggota keluarganya dan warga sipil lainnya. pulang,” tambahnya.

Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan bahwa Moskow mengutuk keras tindakan agresif tersebut, yang merupakan pelanggaran total terhadap kedaulatan Suriah dan aturan dasar hukum internasional.

Ia juga mencatat bahwa penggunaan kekuatan seperti itu, yang dapat menimbulkan konsekuensi yang sangat berbahaya dalam situasi regional yang tegang saat ini dan menyebabkan konflik bersenjata skala besar, tidak dapat diterima.

Rusia “sekali lagi meminta para pemimpin Israel untuk meninggalkan tindakan buruk yang berkontribusi terhadap ketidakstabilan situasi di Timur Tengah yang tidak terkendali.”

Serangan Israel ini terjadi pada pukul 00.20 waktu setempat dan menimbulkan banyak korban dan kerugian finansial.

Menurut Reuters, Israel sebelumnya telah melancarkan serangan udara pada 29 Mei 2024 di wilayah tengah Suriah dan kota pesisir Baniyas.

Akibat serangan Israel tersebut, satu anak tewas dan 10 warga sipil luka-luka.

Selama bertahun-tahun, Israel telah menyerang sasaran yang terkait dengan Iran di Suriah.

Pengaruh Teheran telah berkembang sejak negara tersebut mulai mendukung Presiden Bashar al-Assad selama perang saudara yang dimulai pada tahun 2011.

Pada bulan April, Iran membalas dengan menembakkan rudal ke Israel setelah dugaan serangan Israel menghancurkan kedutaan Iran di Damaskus dan menewaskan beberapa pejabat Iran, termasuk seorang jenderal penting.

Terkait Al-Arabiya, dilaporkan 12 orang yang tewas di Aleppo berasal dari kelompok pro-Iran.

“12 pejuang pro-Iran dan orang asing dari Suriah dilaporkan tewas dalam serangan udara Israel terhadap posisi di desa Hayyan, utara Aleppo, yang menghantam sebuah pabrik,” tulis Suriah. Pemantauan hak asasi manusia.

Kementerian Pertahanan Suriah mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa angkatan udara Israel telah menyerang beberapa lokasi di dekat kota tersebut.

“Agresi tersebut telah menyebabkan banyak nyawa manusia dan kerugian finansial,” kata kementerian tersebut.

Menurut observatorium, tim penyelamat dan petugas pemadam kebakaran segera bergegas ke lokasi penyerangan.

LSM tersebut mengatakan Hayan “dikendalikan oleh kelompok pro-Iran yang mencakup warga Suriah dan asing.”

Sejak dimulainya perang saudara di Suriah, Israel telah melakukan ratusan serangan terhadap tetangganya di utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *