Calon Pengganti Rishi Sunak Pimpin Partai Konservatif Setelah Kalah Pemilihan PM Inggris

TRIBUNNEWS.COM – Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengumumkan akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif (Tory).

Pengunduran dirinya menyusul kekalahannya dalam pemilihan Perdana Menteri Inggris pada Kamis (4/7/2024).

Sunak dikalahkan telak oleh Keir Starmer dari Partai Buruh, yang memperoleh 410 suara. Sedangkan Sunak hanya mendapat 131 kursi di parlemen.

Kekalahan telak ini menandai pemilu terburuk Partai Konservatif dalam sejarah mereka.

Lantas siapa yang akan menggantikannya sebagai pemimpin Partai Konservatif? Media Inggris The Guardian menyebut sejumlah politisi yang bisa menggantikan Rishi Sunak.

Ini termasuk: Suella Braverman. (Oli SCARFF / AFP) Suella Braverman

Mantan Menteri Dalam Negeri tersebut telah dua kali berkampanye untuk kepemimpinan de facto sejak Sunak menggulingkannya pada bulan November. Di kursinya di Hampshire, dia mendapat mayoritas 26.000 suara sehingga dia harus tetap berada di sana.

Usulan Braverman untuk partai tersebut kemungkinan besar datang dari sayap kanan, dengan kemungkinan penekanan pada pengurangan imigrasi dan penarikan diri dari Konvensi Eropa tentang Hak Asasi Manusia.

Ia mempunyai banyak pendukung, namun beberapa anggota parlemen Partai Tory khawatir dengan penilaian dan selera kontroversinya. Jika dia berhasil mencapai dua terbawah dan tidak didukung oleh partai, Braverman akan sulit dikalahkan. Kami Memiliki Badenoch (GOV.UK) Kami Memiliki Badenoch

Kandidat lain yang hampir pasti berasal dari sayap kanan dan juga memiliki daerah pemilihan yang sangat aman. Badenoch tampaknya mendapat keuntungan berada di Kabinet sebagai sekretaris bisnis, dengan asumsi hubungannya dengan Sunak masih dianggap aktif setelah pemilu.

Pencalonan Badenoch mungkin ditandai dengan bahasanya yang santai, sering kali tentang politik identitas, yang ia benci, dan kemampuannya untuk mengubah perdebatan yang tidak bersalah menjadi sebuah argumen. Ia mendapat dukungan yang cukup besar, namun beberapa anggota Partai Konservatif khawatir dengan sifat agresifnya. Boris Johnson dan Priti Patel. (surat harian) Priti Patel

Priti Patel diam-diam bekerja sebagai bek, mendapatkan beberapa sekutu baru.

Melanjutkan pola ini, jika Patel memutuskan untuk mencoba, dan sekutunya menyarankan agar dia mempertimbangkannya, Patel akan menjadi salah satu kandidat sayap kanan yang fokus mengambil tindakan keras terhadap imigrasi. Dia juga memiliki mayoritas yang tampaknya aman.

Patel belum lagi menjabat di pemerintahan sejak berakhirnya masa jabatan Boris Johnson sebagai Menteri Dalam Negeri. Karyanya bukannya tanpa insiden. dia baru saja mempertahankan pekerjaannya setelah penyelidikan menemukan dia melecehkan pegawai negeri.

Sejak itu, Patel diam-diam bekerja sebagai pendukung dan menjalin sekutu baru dalam prosesnya. Mungkin salah satu yang harus diperhatikan.  Tom Tugendhat (PRU/AFP) Tom Tugendhat

Menteri Keamanan berharap dapat menjadi platform bagi para pesaing dari kelompok konservatif tengah, yang ia cari dalam kampanye kepemimpinannya pada tahun 2022 untuk menggantikan Johnson, yang menempati posisi kelima.

Tugendhat adalah pria yang ramah, tidak percaya diri, dan meskipun dia berjuang untuk negara baru, dia harus bisa bertahan tanpa pemilihan Tory yang sangat buruk. Peluangnya sangat bergantung pada apakah partai-partai di parlemen melihat kekalahan buruk sebagai alasan untuk memilih partai tengah atau bergerak lebih jauh ke sayap kanan. Dia juga bisa kesulitan untuk memenangkan hati anggota Tory jika dia lolos ke dua final. Penny Mordaunt (Penjaga) Penny Mordaunt 

Pemimpin House of Commons yang kontroversial dan kontroversial ini masih resmi menjadi anggota Partai Konservatif yang berhaluan tengah, meskipun ia telah mencoba memperluas daya tariknya dengan meninggalkan pandangannya yang lebih liberal, seperti tentang hak-hak transgender. Ia dikenal sebagai pendebat yang sengit dan bisa menjadi lawan yang tangguh.

Ada dua hal yang merugikannya. Pertama, adanya kecenderungan melakukan unforced error, seperti video start balapan 2022 yang terpaksa ditarik dan diedit ulang karena ada pihak yang belum memberikan izin untuk ditayangkan. Lalu ada masalah yang lebih serius. banyak jajak pendapat menunjukkan Mordon akan kehilangan kursinya di Portsmouth Utara karena Partai Buruh.  James Cleverly (Dokumen Kedutaan Besar Inggris) James Cleverly

James Clerley tidak menolak perang budaya dan bisa mengambil sayap kanan.

Menteri Dalam Negeri selalu hadir dalam pemilu di saluran udara Partai Konservatif dan di ruang rapat, dan sebagai Menteri Luar Negeri dan kemudian Menteri Dalam Negeri, dia adalah bapak baptis kesetiaan Sunak.

Cerdas, berpengetahuan dan ramah serta dapat menjadi komunikator yang baik.

Meskipun secara resmi berhaluan tengah, Kellerley tidak menolak adanya budaya konflik dan dapat mengajukan banding ke sayap kanan. Kemungkinan besar kejatuhannya, selain kecenderungannya untuk mengatakan hal-hal lucu dari waktu ke waktu, adalah peran sentralnya dalam proyek Sunak. Anggota parlemen konservatif, belum lagi anggotanya, mungkin menginginkan perubahan.  Robert Jenrick (DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP) Robert Jenrick

Dipandang oleh beberapa orang di partai sebagai Braverman yang masuk daftar B — ia mengundurkan diri sebagai menteri imigrasi setelah Jenrick dipecat — Jenrick tetap tertarik untuk mencalonkan diri dan berorganisasi.

Generic, seorang tokoh yang sebelumnya kurang dikenal, yang jabatan menterinya di bawah pemerintahan Johnson membuatnya diberi label “Generic Robert”, telah menjadi pengkampanye garis keras melawan migrasi dan budaya. Dia bahkan memberi dirinya potongan rambut baru yang serius. Hibah Shapps. (Instagram @grantshapps) Hibah Shapps

Orang dalam, Menteri Pertahanan, tidak pernah jauh dari rencana Tory dan orang tersebut, yang pernah memimpin meja di masa lalu untuk mendapatkan dukungan dari pihak lain, diyakini secara luas sedang mempertimbangkan untuk pindah.

Terlepas dari pengalamannya sebagai presiden sejak 2010, Shapps mungkin juga menghadapi kendala karena ia dipandang sebagai politisi partisan yang ditolak pemilih. Victoria Atkins. (Makalah Pribadi) Victoria Atkins

Victoria Atkins dipandang dalam partai sebagai komunikator yang baik. Banyak pemilih, bahkan sebagian dari kalangan konservatif, mungkin bertanya, “Siapa?” Saat menjadi anggota parlemen sejak tahun 2015, Atkins telah menjadi menteri kabinet selama sekitar enam bulan dan diangkat menjadi menteri kesehatan dalam perombakan Sunak baru-baru ini.

Namun, ia dipandang di dalam partai sebagai komunikator yang baik dan dengan kursi yang aman (mayoritasnya hanya mencapai 29.000 pada tahun 2019), ia akan bertahan bahkan jika terjadi penurunan suku bunga yang hampir punah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *