Plt Kepala OIKN Rapat dengan Komisi V, Lasarus: Selamat Bertugas Pak, Semua Anggarannya di Sini

Laporan reporter Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Komisi V DPR RI menggelar rapat kerja (raker) dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kamis (6/6/2024).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Komisi V DPR RI PDIP Lasarus Fraksi. Di awal pertemuan, Lasarus mengucapkan selamat kepada Basuki yang dilantik menjadi Pj Kepala IKN.

Komisi V DPR, lanjut Lasarus, menyambut baik penunjukan Basuki sebagai Plt Kepala Badan IKN.

Sebab, hingga saat ini Komisi V DPR belum melakukan pertemuan dengan struktur Otoritas IKN.

Sementara seluruh anggaran pembangunan infrastruktur ada di Komisi V DPR.

“Saya tahu tugas ini tidak mudah, tapi akan lebih mudah kalau langsung di bawah menteri, katanya anggarannya semua ada di sana, Pak,” kata Lasarus di Ruang Rapat Komisi V DPR, Senayan. , Jakarta.

Usai Lasarus berbicara dengan Pimpinan DPR, ia bertanya kepada rekanan Otoritas IKN.

Menurut dia, hal itu rumit karena struktur Otoritas IKN merupakan mitra kerja Komisi V DPR.

“Agak ribet buat kami, banyak pertanyaan, jadi sepertinya pihak berwenang sedang rapat kerja dengan Komisi II, sementara anggaran semuanya ada di sini,” ujarnya.

Karena itu, Lasarus menilai penunjukan Menteri PUPR sebagai Pj Kepala Badan Otorita IKN akan memudahkan komunikasi dengan Komisi V DPR untuk mengawasi perkembangan IKN.

“Sekarang ditangani langsung oleh Plt Menteri PUPR. Saya kira ini memudahkan koordinasi karena beban semua ada di Komisi V yang terkait dengan IKN,” ujarnya.

“Oleh karena itu, kami ucapkan selamat kepada Menteri dalam menjalankan tugasnya dan semoga beliau selalu dalam keadaan sehat sehingga dapat mengelola proses pengembangan IKN,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Senin (3/6) mengumumkan pengunduran diri Ketua OIKN Bambang Susantono dan Wakil OIKN Dhony Rahajoe. Pratikno mengaku belum mengetahui alasan penarikan mereka.

Pasca pengunduran diri tersebut, Keputusan Presiden (Keppres) menetapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Pj Kepala Badan Otorita IKN dan Wakil Menteri ATR Raja Juli Antoni sebagai Pj Wakil Kepala Badan Otorita IKN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *