Tol Cimanggis-Cibitung Diresmikan Wapres Maruf Amin, Masih Gratis

Laporan reporter Tribunnews.com Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden Maruf Amin meresmikan Jalan Tol Simangis-Sibitung di Jembatan Sungai Silengsi KM 57+400 di Kecamatan Silengsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rencana Strategis Nasional Tol Simangis-Sibitung sepanjang 26,18 KM merupakan bagian dari jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang dioperasikan oleh PT Simangis Sibitung Tollways sebagai pemegang konsesi tol dengan nilai investasi sebesar 10,6 triliun.

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung saat ini telah beroperasi sebagian sepanjang 6,53 km mulai dari Seksi 1A Junction Cimanggis – On/Off Ramp Jatikarya hingga On/Off Ramp Jatikarya Seksi 2A – Simpang Susun Cikeas.

Pembangunan Tol Simangis-Sibitang dimulai pada tahun 2016 dan melintasi empat wilayah yakni Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Setelah selesainya pembangunan Tol Simangis-Sibitung Seksi 2B sepanjang 19,65 km, mulai dari Sykia Junction hingga Sibitung Junction, jaringan Tol JORR 2 telah terkoneksi penuh.

Wapres Maruf berharap Tol Cimanggis – Cibitung menjadi akses penghubung kawasan Cibubur hingga Jalan Jagorawi serta meningkatkan kelancaran mobilitas, pergerakan penumpang dan logistik di kawasan industri Cikarang, Cibitung, dan Cilincing.

Kehadiran tol ini akan semakin meningkatkan kapasitas jalan di wilayah yang dilaluinya, jelasnya.

Pasca beroperasinya Tol Simangis – Cbitung secara penuh, jaringan Tol JORR 2 akan terkoneksi penuh sepanjang 111 km, mulai dari Sengkareng – Kunsiran – Serpong – Sinere – Zagorawi – Simangis – Cbitung hingga Silinsing.

Tol ini akan meningkatkan kelancaran pergerakan penumpang dan logistik di kawasan industri besar Jabodebek, antara lain kawasan industri Sentul, Sikarang, Sibitung, dan Silinsing.

Jalan tol tersebut juga menghubungkan Tol Trans Jawa ruas Jakarta – Cikampek, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban, Bandara Soekarno – Hatta, dan Bandara Kertajati.

Sehingga hal ini menjadi solusi untuk mempersingkat waktu tempuh akibat kemacetan/kemacetan lalu lintas dari ruas alternatif dan Tol Cikampek menuju Jakarta, Bogor, Tangerang dan sekitarnya.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 1626/KPTS/M/2024, Tol Cimanggis-Cibitung 2B ruas Simpang Susun Cikeas memenuhi persyaratan operasional teknis ruas Cibitung Junction sepanjang 19,65 KM. , secara administratif dan operasional jalan tol tersebut agar dapat dipelihara.

Untuk itu, Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B, Ruas Simpang Susun Cikeas hingga Persimpangan Cibitung dijadwalkan beroperasi tanpa tol mulai Rabu (10/7/2024) pukul 06.00 WIB.

Penyesuaian transaksi dilakukan dari sistem terbuka pada gerbang tol utama Jatikarya menjadi sistem tertutup pada ruas tol Cbitung-Silinsing, sehingga transaksi pada gerbang tol utama Jaticarya hingga Sibitung dikenakan tarif ruas Simangis-Jatikarya ( Rombongan I Rp 5.500) dan di gerbang tujuan Jatikarya (kelas I Rp 8.000).

Sedangkan transaksi di Gerbang Tol Jatikarya Utama menuju Cimanggis adalah harga Cimanggis – Nagrak (Grup I Rp 13.500) dan Cibitung – Cilincing (jika masuk dari ruas Tol Cibitung – Cilincing).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *