Segmen SUV Honda Tumbuh Pesat di Semester Pertama 2024

Laporan reporter Tribunnews.com Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Meski segmen kendaraan serbaguna (MPV) masih mendominasi penjualan mobil di Indonesia dengan menyumbang 55 persen dari total penjualan pada tahun 2023, model lainnya tentu tidak bisa dikesampingkan.

Segmen yang terus berkembang setiap tahunnya adalah SUV. Hal ini dibuktikan dengan perolehan dua model SUV, Honda WR-V dan Honda HR-V yang menyumbang 46,4 persen terhadap penjualan Honda pada semester I tahun ini sebanyak 23.986 unit.

Dalam enam bulan pertama tahun 2024, Honda HR-V mencatatkan penjualan total 8.883 unit dan menyumbang 37 persen terhadap penjualan domestik kelas SUV mid-size.

Sementara pada Juni 2024, Honda melaporkan peningkatan penjualan HR-V sebesar 17 persen dibandingkan bulan sebelumnya dengan mencatatkan penjualan sebanyak 1.459 unit.

Dengan demikian, selama periode Januari hingga Juni 2024, Honda WR-V mencatatkan penjualan sebanyak 7.088 unit atau menyumbang 42 persen terhadap penjualan domestik kelas small SUV.

Sementara model SUV Honda lainnya seperti Honda BR-V N7X Edition terjual total 6.113 unit dan All New Honda CR-V terjual total 1.902 unit pada paruh pertama tahun 2024.

Honda Brio menjadi Honda terlaris selama Januari-Juni tahun ini dengan total penjualan 25.625 unit dan memberikan kontribusi 49,5 persen terhadap penjualan Honda.

Sementara produk Honda lainnya juga mencatatkan penjualan positif dengan total 2.070 unit.

Meskipun pertumbuhan pasar otomotif secara keseluruhan tidak positif, penjualan model SUV Honda, bersama dengan model Honda Brio yang populer, memberikan kontribusi yang signifikan pada semester pertama, kata Manajer Penjualan dan Pemasaran dan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Usak Billi.

“Kami perkirakan pertumbuhan akan kembali positif pada semester kedua, didukung oleh pameran otomotif dan berbagai program penjualan yang kami luncurkan,” kata Billie, Jumat (7/12/2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *