Direktur RS Al-Shifa, Dr Mohammed Abu Salmiya Dibebaskan, Ungkap Dokter Israel Ikut Pukuli Tahanan

Direktur Rumah Sakit Al-Shifa, Dr. Mohammad Abu Salmiya Mukti mengatakan, para dokter Israel ikut serta dalam pemukulan terhadap para tahanan.

TribuneNews.com – Direktur RS Al-Shifa, dr. Mohammad Abu Salmiya dibebaskan dari kamp penyiksaan Israel: ‘Bahkan dokter pun menyiksa kami’

Para pejabat Israel mengecam pembebasan tersebut sebagai ‘kesalahan keamanan’ dan saling menyalahkan pihak yang bertanggung jawab.

Para pejabat Israel menyatakan kemarahannya atas pembebasan direktur Rumah Sakit Al-Shifa, Dr. Mohammed Abu Salmiya, yang ditahan selama operasi militer terhadap fasilitas tersebut pada bulan November.

Lusinan tahanan Palestina lainnya dibebaskan bersama dengan Abu Salmiya, yang mengatakan pada sebuah konferensi bahwa ia terkejut dengan reaksi menteri Israel terhadap pembebasan resminya dari penjara.

“Proses pemenjaraan tahanan keamanan dan prosedur pembebasan mereka berada di bawah wewenang Shin Bet dan layanan penjara Israel dan tidak memerlukan persetujuan menteri pertahanan,” kata kantor Menteri Pertahanan Yoav Galant pada hari Senin, sambil menjauhkan diri dari keputusan tersebut. . Untuk membebaskan para tahanan.

Shin Bet berada di bawah yurisdiksi Kantor Perdana Menteri, sedangkan layanan penjara Israel dijalankan oleh Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gavi.

Kantor Benjamin Netanyahu mengatakan, mengacu pada pusat penahanan Israel yang berjarak 18 mil dari perbatasan Gaza, “keputusan untuk membebaskan para tahanan dibuat setelah diskusi di Pengadilan Tinggi mengenai petisi yang menentang penahanan mereka di pusat penahanan S.D. Taiman.” . “Guantanamo Israel.”

“Identitas para tahanan yang dibebaskan ditentukan secara independen oleh pejabat keamanan berdasarkan penilaian profesional mereka,” lanjut kantor perdana menteri, dan memerintahkan penyelidikan atas masalah tersebut.

“Sudah waktunya bagi Perdana Menteri [Menteri Pertahanan Yeov] Gallant dan pemimpin Shin Bet menghentikan kebijakan independen yang bertentangan dengan posisi pemerintah,” kata Ben Gvir. Membebaskan direktur Rumah Sakit Al-Shifa “bersama ratusan teroris” merupakan “pelanggaran keamanan”, tambahnya.

Pejabat dan menteri Israel lainnya menyatakan kemarahannya atas pembebasan tersebut. Menurut situs berita berbahasa Ibrani Walla, beberapa menteri mengeluhkan publikasi di grup WhatsApp.

“Tidak mungkin melakukan hal seperti ini tanpa rapat kabinet. Saya sungguh bertanya, atas dasar apa?” kata Menteri Perumahan Rakyat Orit Struck, salah satu menteri kelompok tersebut.

Menteri Komunikasi Shlomo Karhi menyerukan “kepemimpinan keamanan baru” sebagai tanggapannya.

Pemimpin oposisi Yar Lapid dan Avigdor Lieberman juga mengutuk pembebasan direktur rumah sakit tersebut.

“Menteri Pertahanan ‘tidak tahu’, Menteri Keamanan Nasional ‘tidak terlibat’ – saling menyalahkan. Semuanya bocor. Ini menunjukkan isolasi moral dan fungsional,” kata Lapid, menyalahkan tindakan pemerintah. kecerobohan” untuk rilis.

Tanggapan Israel menunjukkan kebingungan dan ketidakpuasan dalam pemerintahan Israel.

Setelah Abu Salmiya dibebaskan pada hari Senin, direktur rumah sakit memberikan kisah mengerikan tentang apa yang dia alami saat berada dalam tahanan Israel.

Abu Salmiya mengatakan kondisi penjara Israel “menyedihkan, belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Palestina, dengan kekurangan makanan yang parah dan kekerasan fisik”.

“Pendudukan Israel menangkap semua orang dan para dokter tewas akibat penyiksaan dan kurangnya perawatan di penjara-penjara Israel. Israel telah menunjukkan kebrutalannya dalam perlakuannya terhadap tahanan dan dokter. Ratusan dokter telah diserang dan disiksa di penjara-penjara yang diduduki,” tambahnya. .

Direktur rumah sakit juga mengatakan bahwa “bahkan di sana [di penjara], para dokter Israel memperlakukan tahanan dengan kejam dan memukuli mereka… Pendudukan ini telah mengabaikan semua nilai-nilai kemanusiaan.”

Warga Palestina “menjadi sasaran pelecehan fisik dan emosional setiap hari.”

“Kondisi penjara sungguh menyedihkan dan sangat sulit, dan pembebasan para tahanan memerlukan keputusan tegas dari kelompok perlawanan dan komunitas Arab.”

Abu Salmiya mengatakan mereka menghubungi pasukan Israel sebelum menyerang Rumah Sakit Al-Shifa pada November 2023, ketika tentara mengevakuasi fasilitas tersebut dengan tembakan. Namun dia mengatakan dia “dikhianati” dan ditahan bersama dengan dokter dan pasien lain yang dievakuasi dari rumah sakit dalam konvoi PBB yang dikoordinasikan dengan Tel Aviv.

Dia menegaskan bahwa dia diadili tiga kali selama penahanannya tetapi tidak secara resmi didakwa melakukan kejahatan apa pun.

Abu Salmiya juga mengatakan dia dipindahkan dari satu penjara ke penjara lain selama penahanannya.

Saya mendengar dari rekan-rekan saya bahwa Rumah Sakit Al-Shifa mengalami banyak kerusakan. Saya berjanji kepada Anda dan dunia bahwa kami akan membangun kembali kompleks medis ini, janjinya.

Israel kembali melakukan serangan brutal terhadap Rumah Sakit Al-Shifa pada 18 Maret. Operasi tersebut berlangsung hingga awal bulan depan, menewaskan ratusan warga Palestina dan merusak fasilitas medis.

Puluhan warga Palestina, termasuk anak-anak, dieksekusi oleh pasukan Israel di dekat rumah sakit.

Israel telah lama mengklaim bahwa fasilitas tersebut digunakan sebagai pusat komando oleh Hamas, namun belum memberikan bukti yang mendukung klaim tersebut.

Sumber: Buaian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *