Iran Bersiap Terima Pengiriman Jet Tempur Su-35 dari Rusia ke Isfahan yang Jadi Target Israel

Iran siap menerima 12 jet tempur Su-35 dari Rusia ke Isfahan Israel

TRIBUNNEWS.COM – Angkatan bersenjata Iran dikabarkan sedang bersiap mengirim jet tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia ke pangkalan udara Isfahan di Iran tengah.

Isfahan diyakini menjadi sasaran serangan Israel pada Kamis malam hingga Jumat.

Media Israel “The Times of Israel” memberitakan berita tersebut, mengutip sumber tetapi tidak mengkonfirmasinya.

Diketahui bahwa pada tanggal 1 April, Iran menembakkan beberapa drone dan roket ke Israel sebagai tanggapan atas serangan udara Israel terhadap sebuah gedung dekat konsulat Teheran di kota tersebut. Seminggu kemudian, media Qatar Al-Arabi Al-Jadid melaporkan bahwa Rusia berencana melakukan hal tersebut mengirim 12 jet tempur ke Teheran “segera”.

“Laporan ini belum dikonfirmasi secara resmi,” kata laporan itu.

Laporan menunjukkan bahwa transfer senjata Rusia ke Iran adalah bagian dari perjanjian lama yang baru saja diselesaikan.

Mengingat Teheran saat ini hanya mengandalkan peralatan lama, maka senjata tersebut diyakini akan meningkatkan kemampuan pertahanan Iran.

Iran memiliki sebagian besar jet tempur MiG dan Sukhoi Rusia selama era Soviet, serta sejumlah pesawat Tiongkok, termasuk F-7.

Banyak jet tempur F-4 dan F-5 AS yang dibuat sebelum Revolusi Islam 1979 juga menjadi bagian dari armada tersebut. Jet tempur SU-35 Rusia yang dilengkapi dengan rudal “Belati” (Pasukan Pertahanan Rusia / TASS) menggunakan rudal jarak jauh untuk menyerang Israel

Berita tentang pengiriman segera jet tempur canggih Rusia ke Iran muncul pada hari Jumat setelah muncul berita bahwa Israel memang menyerang sasaran di Iran sebagai pembalasan terhadap Iran.

Banyak media Israel melaporkan bahwa tentara Israel (IDF) menuduh bahwa serangan di wilayah Iran dari Kamis hingga Jumat pekan lalu dilakukan dengan peluncuran rudal jarak jauh.

Jerusalem Post melaporkan bahwa rudal jarak jauh ditembakkan dari jet tempur Israel (dilaporkan sebagai F-35) dan menghantam Isfahan Jumat pagi (19 April 2024) tepat sasaran di Iran.

“Sebuah rudal yang ditembakkan dari pesawat jarak jauh menghantam aset Angkatan Udara Iran di Isfahan, Iran tengah pada Jumat pagi,” kata laporan itu.

Surat kabar tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai informasi tersebut atau asal-usulnya.

Times of Israel menggambarkan serangan udara tersebut secara lebih rinci.

Times of Israel mengutip laporan media AS dan menolak pernyataan Iran bahwa serangan Iran hanya menggunakan tiga drone. Jet tempur F-35 Israel dilaporkan menembakkan rudal permukaan ke udara dari jarak jauh, mengenai stasiun radar Iran. Stasiun radar ini merupakan bagian dari sistem pertahanan pembangkit listrik tenaga nuklir Natanz yang sangat rahasia di Iran. Targetkan sistem radar, bukan situs nuklir.

Dijelaskan, sasaran penyerangan adalah posisi pertahanan radar yang merupakan bagian dari sistem pertahanan pembangkit nuklir Natanz Iran.

“Serangan itu dilaporkan mencakup tiga roket yang ditembakkan oleh pesawat tempur Israel dan ditujukan ke stasiun radar pertahanan udara dekat Isfahan sebagai bagian dari pertahanan pembangkit listrik tenaga nuklir, kata laporan itu. “Natanz adalah yang paling rahasia.”

Media Israel melaporkan bahwa roket ditembakkan dari luar wilayah udara Iran, mengutip pejabat AS dalam laporan sebelumnya yang dirilis oleh ABC.

ABC melaporkan bahwa skala serangan itu “sangat terbatas”.

Menurut penilaian awal, para penyerang menyerang situs radar, namun penilaian tersebut belum selesai.

“Laporan ABC tidak menunjukkan apakah rudal tersebut merupakan bagian dari serangan pesawat tak berawak yang dilaporkan oleh Iran,” kata The Times of Israel.

Laporan New York Times pada Jumat malam juga menyebutkan pesawat Israel menembakkan rudal jarak jauh.

Berita terbaru menyoroti bahwa serangan balik Israel terhadap Iran melibatkan senjata canggih dan bukan hanya quadcopter.

“Tidak jelas jenis rudal apa yang digunakan, di mana penembakannya, apakah dicegat oleh sistem pertahanan Iran atau di mana mendarat,” kata The Times. Iran mengklaim Isfahan aman

Sebelumnya, Iran mengklaim serangan baliknya hanya melibatkan tiga drone kecil sehubungan dengan serangan Isfahan.

Televisi pemerintah mengatakan pesawat kecil itu dihancurkan oleh sistem pertahanan udara, namun tidak mengkonfirmasi adanya rudal atau kerusakan apa pun dalam serangan itu.

Pihak berwenang Iran mengatakan angkatan udara Israel (IAF) telah menembaki pangkalan udara utama Teheran di Isfahan, rumah bagi armada F-14 Tomcat buatan AS yang digunakan selama revolusi Iran tahun 1979.

Israel belum memberikan komentar resmi mengenai serangan tersebut. Israel baru saja mengirim pesan

Fox News mengutip “sumber senior militer AS” yang mengatakan bahwa serangan Israel terhadap Iran menargetkan pangkalan militer di Isfahan.

Israel dilaporkan tidak menargetkan program nuklir Iran.

Pabrik tersebut dikatakan berlokasi sekitar 100 kilometer (62 mil) utara kota, dengan sebagian besar tempat “terkubur” di bawah gunung.

“Israel menyerang apa yang ingin mereka serang,” kata seorang sumber kepada Fox News.

Sumber itu menambahkan, ada target besar yang berulang kali diserang Israel.

“Sistem pertahanan udara Iran buatan Rusia terbukti tidak efektif,” kata sumber itu.

Fox melaporkan bahwa sasaran serangan itu termasuk sistem pertahanan udara pangkalan militer yang digunakan untuk melindungi fasilitas nuklir di dekatnya.

Pesan Israel melalui serangan-serangan ini adalah untuk menginspirasi Iran, “Kami memiliki akses kepada Anda.”

Gambar satelit yang dilihat oleh The Times of Israel menunjukkan kerusakan pada sistem radar di dekat Bandara Isfahan. Foto ini tidak diperbolehkan untuk segera dipublikasikan karena kebijakan agensi tempat pengambilannya.

Gambar radar udara sintetis lainnya yang diambil pada hari Jumat juga menunjukkan bukti adanya serangan di lokasi radar.

Meskipun pihak berwenang Israel secara resmi bungkam mengenai serangan itu, beberapa politisi dan mantan pejabat telah angkat bicara.

Ziv, seorang pensiunan jenderal Israel dan mantan kepala operasi IDF, mengatakan kepada Channel 12 News bahwa jika serangan itu dilakukan oleh Israel, maka serangan tersebut tidak dimaksudkan untuk menimbulkan kerusakan serius.

Serangan Israel “hanya” mengirimkan “pesan yang sangat jelas” kepada Iran, menunjuk pada “kesenjangan teknologi” antara Israel dan Iran dan menggarisbawahi kemampuan IDF untuk menyusup ke posisi paling sensitif Iran.

Pentagon mengatakan Menteri Pertahanan Lloyd Austin berbicara melalui telepon dengan Menteri Luar Negeri Yoav Galante beberapa jam setelah serangan itu.

Menurut laporan tersebut, mereka membahas isu-isu seperti “menstabilkan Timur Tengah”.

Citra satelit yang dirilis CNN tampaknya tidak menunjukkan kerusakan besar di pangkalan udara Isfahan Iran, meskipun ada laporan bahwa stasiun radar tersebut hancur.

Citra satelit (SAR) diambil sekitar pukul 10:18 lima jam setelah serangan.

“Tampaknya tidak ada lubang besar di tanah dan tidak ada bangunan yang hancur,” kata CNN, seraya mencatat bahwa temuan tersebut perlu dikonfirmasi dengan citra satelit normal yang dapat mendeteksi luka bakar.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdullahian mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada utusan Muslim di New York bahwa drone tersebut tidak menyebabkan kerusakan atau cedera, menurut laporan media Iran.

“Media pro-Zionis berusaha keras untuk memenangkan kekalahan dan pesawat tak berawak yang jatuh tidak menyebabkan kerusakan atau cedera apa pun,” katanya.

(oln / toi / fox / twp / cnn / *)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *