Presiden Jokowi Minta Menparekraf Sandiaga Uno Siapkan Sport Tourism 2025, Ini Daftarnya

Laporan reporter Tribunnews.com Nitis Havarokh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan Presiden RI Joko Widodo meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyiapkan ajang olahraga kelas dunia pada tahun 2025.

Hal itu disampaikannya pada Selasa (9/7/2024) usai mengikuti rapat internal bersama Presiden Joko Widodo (Yokowi) di kompleks Istana Kepresidenan.

“Kita baru diarahkan rapat internal untuk persiapan menghadapi ajang olahraga dunia atau internasional pada tahun 2025. Dan arahnya adalah menghadirkan event-event olahraga yang berkualitas dalam rangka “Sport Tourism”, kata Sandiaga Uno.

Sandiaga mengatakan beberapa ajang yang ditawarkan antara lain World Shurfer Keague, Moto GP, MXGP, F1 Power Boat, Aquabike, UFC, dan senam. Rencananya acara ini akan digelar di Jakarta dan kota lainnya.

Menariknya juga ada World Surfing League yang ditawarkan di 7 titik, karena Indonesia terkenal dengan keindahan pantainya dengan ombak kiri kanan terbaik di dunia, ujarnya.

“Jadi nantinya akan tersebar di 7 lokasi yang tentunya kemudian akan dipusatkan di beberapa daerah untuk dijadikan festival,” tandasnya.

Lebih lanjut, Sandiaga mengakui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengusulkan untuk menjadi tuan rumah MotoGP dan MHGP atau Motor Cross Grand Prix di Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menjadikan Mandalika sebagai pusat olahraga motor bertaraf internasional.

“Kami juga mengusulkan agar MotoGP dan MXGP NTB tidak hanya menjadikan Mandalika sebagai venue yang sangat penting, tapi juga fokus pada motorsport kelas dunia,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *