Teriak Paling Kencang Soal Gencatan Senjata di Gaza, AS Masih Pasok Bom ke Israel

TRIBUNNEWS.COM – Amerika Serikat (AS) setuju mengirim bom seberat 230 kg ke Israel.

Faktanya, Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang paling banyak menyerukan dan bahkan menawarkan proposal gencatan senjata di Gaza untuk Hamas dan Israel.

Namun, Amerika Serikat terus menahan pasokan 900 kg bom ke Israel karena takut pasukan Zionis akan menggunakan senjata tersebut di wilayah padat penduduk di Gaza.

Pada bulan Mei, AS memblokir pengiriman bom seberat 900kg dan 230kg karena kekhawatiran akan dampak senjata tersebut jika digunakan oleh Israel selama invasi darat Rafah.

“Kami telah memperjelas bahwa kekhawatiran kami adalah berakhirnya penggunaan bom seberat 2.000 pon tersebut, khususnya untuk operasi Rafah Israel, yang mereka umumkan akan segera berakhir,” kata seorang pejabat AS, seperti dikutip Al Jazeera.

Sekali diledakkan, bom seberat 230 kg dapat melukai atau membunuh siapapun atau apapun dalam radius ledakan 20 meter.

Sementara itu, bom seberat 900 kg memiliki radius kehancuran 35 meter, menurut Project on Defense Alternatives (PDA), yang melakukan penelitian dan analisis kebijakan pertahanan.

Para pejabat AS mengatakan pengiriman bom seberat 230 kg berada dalam pengiriman yang sama dengan bom seberat 900 kg, sehingga memicu blokade pengiriman bom yang lebih kecil ke Israel.

“Kekhawatiran utama kami adalah potensi penggunaan bom seberat 2.000 pon di Rafah dan tempat lain di Gaza,” kata pejabat itu.

“Karena kekhawatiran kami bukan pada bom seberat 500 pon, bom tersebut terus berlanjut sebagai bagian dari proses normal,” tambahnya.

Amerika Serikat telah mengatakan kepada Israel bahwa mereka akan menjatuhkan bom seberat 500 pon tersebut, namun mereka tetap mempertahankan bom yang lebih besar, kata seseorang yang mengetahui masalah tersebut. Pertempuran berlanjut

Kantor Pers Negara Gaza yang dikelola Hamas mengatakan pasukan Israel telah meninggalkan pinggiran kota Shejaia di Gaza timur.

Hal ini terjadi lebih dari dua minggu setelah invasi militer baru, yang menewaskan puluhan orang dan menghancurkan lingkungan pemukiman.

Di tepi selatan daerah kantong Rafah, dekat perbatasan dengan Mesir, warga mengatakan tentara terus meledakkan rumah-rumah di wilayah barat dan tengah, di tengah pertempuran dengan Hamas, Jihad Islam dan faksi-faksi di bawah umur lainnya.

Dikutip dari Reuters, pejabat kesehatan Palestina mengatakan empat orang, termasuk seorang anak, tewas dalam serangan udara Israel di Tel Al-Sultan, sebelah barat Rafah.

Militer Israel mengatakan pada hari Kamis bahwa sekitar lima roket yang ditembakkan dari daerah Rafah telah dicegat.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan pihaknya telah menerima laporan mengenai orang-orang yang terjebak dan lainnya meninggal di rumah mereka di distrik Tel Al Hawa dan Sabra di Kota Gaza.

Layanan Darurat Sipil memperkirakan sedikitnya 30 orang tewas di wilayah Tel Al-Hawa dan Rimal dan tidak ada jenazah yang ditemukan di jalan-jalan.

Meskipun ada instruksi militer pada hari Rabu bahwa penduduk Kota Gaza dapat menggunakan dua “rute aman” untuk menuju ke selatan, banyak warga yang menolak untuk mematuhi perintah tersebut. Para ahli pesimistis dengan gencatan senjata. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan perang akan terus berlanjut meski kesepakatan gencatan senjata dicapai dengan Hamas. (Amir Cohen/AFP/Aljazeera)

Tamer Qarmout, asisten profesor kebijakan publik di Institut Studi Pascasarjana Doha, mengatakan dia “cukup pesimis” terhadap negosiasi gencatan senjata saat ini antara Hamas dan Israel.

Tamer Qarmout mengatakan hal ini terjadi karena “perundingan putaran sebelumnya telah gagal total.”

“Kami mendengar bahwa Netanyahu dan menteri pertahanannya menyatakan ketidaksetujuan mereka terhadap perjanjian gencatan senjata di Gaza,” kata Qarmout kepada Al Jazeera.

Jadi kita wait and see. Banyak faktor yang belum diketahui, lanjutnya.

Dia menambahkan bahwa dia yakin ini adalah dorongan terbaru pemerintahan Biden untuk mencapai gencatan senjata di Gaza.

“Setelah dorongan ini, jika keadaan tidak berjalan baik, rakyat Amerika akan sibuk dengan pemilu dan perang di Gaza akan menjadi prioritas kedua atau ketiga,” kata Qarmout.

Dia juga mencatat bahwa Netanyahu telah menyabotase banyak perundingan di masa lalu.

“Jika putaran ini ingin berhasil, saya pikir ini memerlukan tekanan Amerika yang nyata dan tulus serta tenggat waktu dari Washington,” tegasnya.

(Tribunnews.com/Whiesa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *