Barclays Tambah Investasi di Perusahaan Senjata Israel 2,4 Miliar USD di Tengah Invasi IDF ke Rafah

TRIBUNNEWS.COM – Bank global yang berbasis di Inggris, Barclays, meningkatkan investasinya di perusahaan senjata Israel di tengah genosida Israel terhadap pengungsi Palestina di kawasan Rafah, Gaza selatan. 

Barclays dilaporkan menginvestasikan $2,4 miliar di perusahaan senjata Israel meskipun ada tekanan dari pemegang saham mengenai kesepakatan tersebut.

Barclays telah meningkatkan investasinya di perusahaan-perusahaan yang memasok senjata dan teknologi militer ke Israel, menurut laporan bersama oleh kelompok aktivis.

Kelompok aktivis seperti Kampanye Solidaritas Palestina (PSC), Kampanye Melawan Perdagangan Senjata (CAAT) dan War on Demand berada di balik penyelidikan ini.

Sebuah bank multinasional Inggris meningkatkan investasinya dalam perdagangan senjata Israel, namun beberapa pemegang sahamnya berpisah dengan sejumlah besar uang.

Laporan tersebut mengatakan Barclays telah menginvestasikan $2,4 miliar pada saham perusahaan yang terlibat langsung dalam produksi senjata dan teknologi yang digunakan oleh militer Israel terhadap warga Palestina setelah serangan besar-besaran di Gaza.

Tambahan $7,66 miliar dialokasikan melalui pinjaman dan penjaminan kepada perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam perdagangan senjata dengan Israel, menurut laporan tersebut.

Para peneliti melaporkan bahwa angka-angka ini menunjukkan bahwa saham telah meningkat sebesar 55 persen sejak tahun 2022, dan pinjaman serta jaminan telah meningkat sebesar 54,5 persen sejak tahun 2022.

Pada tanggal 8 Mei, puluhan pengunjuk rasa pro-Palestina berkumpul di depan kantor pusat Barclays Bank di London, menuntut agar bank tersebut mengakhiri hubungan keuangannya dengan perusahaan senjata yang menjual senjata ke Tel Aviv dan “mengakhiri keterlibatan Israel dalam serangan terhadap warga Palestina.”

Barclays telah berinvestasi di perusahaan senjata termasuk pembuat drone Israel Elbit Systems, BAE Systems, Raytheon dan General Dynamics.

General Dynamics adalah perusahaan senjata yang berbasis di Washington, D.C. yang bertanggung jawab memproduksi suku cadang untuk jet tempur.

Awal pekan ini, sekitar 50 persen artis yang akan tampil di festival The Great Escape di Brighton mengumumkan bahwa mereka telah mengakhiri sponsorship mereka dengan Barclays sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina.

Direktur PSC Ben Jamal mengklaim Barclays mendanai serangan Israel terhadap warga Palestina di Jalur Gaza. Mereka secara memalukan menggunakannya dan melakukan genosida.

Barclays Plc saat ini merupakan perusahaan induk bank yang bergerak di bidang perbankan ritel, kartu kredit, perbankan korporasi dan investasi, serta manajemen kekayaan.

Perusahaan beroperasi melalui dua divisi: Barclays UK dan Barclays International.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *