Apa Itu Diet Bebas Gluten? Catat Makanan yang Dapat Dikonsumsi

TRIBUNNEWS.COM – Diet bebas gluten adalah pola makan yang mengecualikan makanan yang mengandung gluten.

Gluten adalah protein yang ditemukan dalam gandum, gandum hitam, barley, dan biji-bijian lainnya.

Contoh makanan yang sering mengandung gluten antara lain roti, pasta, dan sereal. Gluten dapat ditemukan pada kecap, es krim, obat-obatan, dan suplemen makanan.

Hanya orang yang alergi terhadap gluten yang boleh mengikuti diet bebas gluten.

Alasannya adalah makanan yang mengandung gluten memberi tubuh serat, protein, dan elemen yang bermanfaat, menurut situs Kementerian Kesehatan. Siapa yang merekomendasikan diet bebas gluten?

Healthline melaporkan bahwa kelompok berikut direkomendasikan untuk diet bebas gluten:

1. Penyakit celiac

Penyakit autoimun di mana tubuh bereaksi berlebihan terhadap gluten sehingga menyebabkan peradangan usus sehingga membuat tubuh resisten terhadap penyerapan.

2. Alergi gandum

Seperti alergi makanan lainnya, alergi ini disebabkan oleh tubuh tidak mengenali gluten atau protein gandum lainnya, sehingga menyebabkan sesak napas, diare, muntah, dan banyak lagi. perut dan gejala lainnya.

3. Sensitivitas gluten non-celiac.

Bagi seseorang yang tidak sensitif terhadap penyakit celiac, mengonsumsi gluten dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut jangka pendek, sakit perut, dan diare.

4. Ataksia gluten merupakan penyakit autoimun yang merusak saraf. Apa yang bisa Anda makan dengan diet bebas gluten? Daging, ikan, dan unggas: apa saja kecuali daging babak belur atau dilapisi Telur: telur utuh, putih telur, kuning telur, Susu: produk susu rendah lemak, termasuk susu Sapi, yogurt, dan keju Buah: beri, melon, nanas, pisang, jeruk, persik, persik, dll. Sayuran: brokoli, tomat, bawang bombay, paprika, jamur, asparagus, wortel, kentang, dll. Biji-bijian: quinoa, beras, soba, tapioka, sorgum, jagung, millet, bayam, sorgum, teff, oat (jika diberi label bebas gluten) Pati dan tepung: tepung kentang, jagung, tepung maizena, tepung buncis, tepung kedelai, tepung almond atau tepung terigu, tepung kelapa, tepung tapioka Kacang-kacangan dan biji-bijian: almond, walnut, pistachio, kacang mete, biji rami, biji chia, biji rami, dll. Gemuk dan minyak: minyak sayur, minyak zaitun, minyak kelapa, mentega, margarin, dll. Bumbu dan rempah: lada hitam, kunyit, oregano, thyme, rosemary, peterseli, ketumbar, dll. Minuman ringan: sebagian besar minuman ringan kecuali bir (kecuali bebas gluten)

(Tribunnews.com, Widya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *