Bantah Klaim WHO Bedak Talc Bisa Picu Kanker Ovarium, BPOM: yang Beredar di Indonesia Aman

Reporter TribuneNews24.com Aisya Nursamsi melaporkan

TribuneNews.com, Jakarta – Belakangan ini beredar kabar mengenai bedak bayi atau biasa disebut talk yang dapat memicu kanker ovarium pada manusia.

Seperti dilansir AFP, Jumat (5/7/2024), temuan tersebut disampaikan oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC), sebuah organisasi di bawah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), berdasarkan penelitian terbatas yang menggunakan tikus.

Sekadar informasi, talk merupakan salah satu mineral alami yang sering digunakan untuk membuat bedak bayi.

IARC mengatakan banyak penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa bubuk talk meningkatkan risiko kanker ovarium pada wanita yang menggunakan zat tersebut di sekitar area genital.

Lantas, apakah talk yang beredar di Indonesia juga menyebabkan kanker?

Sehubungan dengan hal tersebut, Direktur Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetika, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dekan Putri Angraweni, SC, Apt., M. Tegasnya, bedak talk banyak ditemui di Indonesia. , aman.

Ia memastikan produk talk yang beredar di Indonesia saat ini tidak mengandung asbes, bahan yang menurut IARC dapat menyebabkan kanker.

Ia pun meyakinkan kendaraan yang mengandung bedak talk sudah dinyatakan aman di Indonesia.

Produk yang beredar saat ini telah mendapat izin edar dari BPOM dengan menyatakan memenuhi persyaratan keamanan, kenyamanan, dan mutu.

“Produk yang sudah mendapat izin edar BPOM memenuhi persyaratan keamanan, kenyamanan, dan mutu,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *