Israel Mau Serbu Masuk Lebanon, Hizbullah Luncurkan Belasan Rudal ke Mabes IDF di Golan

Israel Ingin Serang Lebanon, Hizbullah Luncurkan Puluhan Roket ke Markas ISIS di Al-Baghdadi Golan

TRIBUNNEWS.COM – Gerakan perlawanan Hizbullah menanggapi ancaman Israel dengan menyatakan siap mengerahkan pasukan ke Lebanon dengan meningkatkan serangan.

Setelah “pembakaran” Kiryat Shmona, Hizbullah melancarkan serangan besar lainnya ke wilayah pendudukan Israel di bagian utara negara itu.

Sumber-sumber Palestina mengumumkan pada Rabu (5/6/2024) malam bahwa sebanyak 12 roket diluncurkan dari Lebanon selatan menuju Golan, di wilayah Suriah yang diduduki Israel.

Sementara itu, Hizbullah menyatakan pihaknya menargetkan markas tentara Israel di situs Al-Baghdadi, Golan.

Serangan dengan gelombang puluhan roket yang didukung Hizbullah hingga menimbulkan korban jiwa di kalangan ISIS. Tentara Israel (IDF) yang bergabung dengan Batalyon Netzah Yehuda pada tahun 2014. (Foto: AFP) ISIS langsung menyerang Lebanon

Serangan Hizbullah tampaknya melemahkan Israel.

Awalnya, ISIS dikenal memiliki kebijakan defensif, hanya bereaksi terhadap bentrokan di sekitar perbatasan.

Namun, kerusakan akibat serangan Hizbullah tampaknya berada pada tahap “destruktif”, sehingga mendorong para pejabat senior militer Israel mengatakan bahwa mereka siap mengubah kebijakan menjadi ofensif dengan menginvasi Lebanon.

Kepala Staf Angkatan Darat Israel Herzi Halevi mengatakan pada hari Selasa bahwa Israel hampir membuat keputusan mengenai Lebanon.

“Dan tentara Israel siap dengan keputusan ini, setelah eskalasi antara Tel Aviv dan Hizbullah,” ujarnya.

Halevi menambahkan, penilaian situasi dengan komisaris dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan Israel, Eyal Kaspi di kamp Gibor di perbatasan utara, menyatakan bahwa situasinya benar-benar kritis dan keputusan harus diambil.

Halevi menegaskan ISIS siap menjalankan misi tersebut, apalagi mereka telah menyelesaikan pelatihan khusus untuk menangani front utara.

“Kami siap, setelah pelatihan ekstensif, untuk melancarkan serangan di utara… Kami mendekati titik pengambilan keputusan,” katanya.

Front di Lebanon selatan dan Israel utara telah menyaksikan perkembangan pesat di lapangan dalam beberapa hari terakhir ketika militer Israel membombardir Lebanon selatan dan menargetkan anggota Hizbullah, sementara milisi perlawanan Lebanon meningkatkan serangannya dengan melakukan serangan bom terhadap permukiman dan desa-desa di wilayah utara. Israel. , yang menyebabkan kebakaran hutan dan cagar alam di wilayah tersebut.

Hizbullah dan Israel saling baku tembak bersamaan dengan perang Gaza, konflik terburuk di perbatasan selatan Lebanon sejak 2006. Pasukan IDF Israel dalam perang kedua melawan Lebanon. Israel mengancam akan memulai perang ketiga seiring meningkatnya serangan roket Hizbullah terhadap permukiman Yahudi di Israel utara. (catch ap) AS berusaha mencegah Israel memasuki Lebanon

Sekutu Israel, Amerika Serikat (AS), meminta Israel tidak meningkatkan serangan terhadap Hizbullah di Lebanon selatan.

Amerika Serikat mendesak Israel untuk menghindari kemungkinan perang lagi melawan Hizbullah ketika Israel gagal mencapai kesepakatan gencatan senjata dengan Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) di Jalur Gaza.

Sebelumnya, AS menyatakan keprihatinannya atas pesan pejabat militer Israel yang menyatakan siap menyerang Hizbullah dan meningkatkan ketegangan di Lebanon selatan.

“Kami tidak mendukung perang habis-habisan dengan Hizbullah, dan peningkatan ketegangan dalam konflik ini adalah sesuatu yang kami khawatirkan dan coba kendalikan sejak 7 Oktober,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller dalam konferensi pers. Selasa (06/04/2024) malam.

“Tidak ada seorang pun yang menginginkan suasana konflik di tingkat regional ketika berupaya mencapai gencatan senjata di Gaza, mengingat ketegangan antara Israel dan Lebanon yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, tidak dapat diselesaikan melalui konflik,” ujarnya.

Menurutnya, permusuhan antara Israel dan Hamas harus diselesaikan secara diplomatis.

“Masalah seharusnya hanya diselesaikan melalui diplomasi,” ujarnya seperti dikutip Al Jazeera.

Pernyataan AS ini muncul setelah Kepala Staf Umum Tentara Pendudukan Israel, Herzi Halevi, mengancam Hizbullah bahwa Israel siap menyerang posisi Hizbullah di Lebanon.

“Kami mendekati titik di mana keputusan harus diambil, dan tentara Israel sangat siap dengan keputusan ini,” kata Herzi Halevi, Selasa (4/6/2024).

Sebelumnya, Hizbullah melancarkan serangan roket ke Israel utara pada Minggu (6/2/2024) dan Senin (6/3/2024).

Serangan tersebut memicu kebakaran di lebih dari 16 lokasi, hingga Israel mengerahkan 16 tim pemadam kebakaran untuk memadamkannya selama berjam-jam. Jumlah korban

Israel masih terus melakukan agresinya di Jalur Gaza, korban jiwa warga Palestina meningkat hingga lebih dari 36.550 orang, dan 82.959 orang lainnya luka-luka sejak Sabtu (7/10/2023) hingga Selasa (4/6/2024), dan 1.147 orang tewas di Wilayah Israel, seperti dilansir Anadolu.

Sebelumnya, Israel mulai melakukan pengeboman di Jalur Gaza setelah gerakan perlawanan Palestina, Hamas, melancarkan Operasi Banjir Al-Aqsa pada Sabtu (7/10/2023) untuk melawan pendudukan dan kekerasan Israel di Al-Aqsa.

Israel memperkirakan sekitar 136 sandera, baik hidup maupun mati, masih ditahan oleh Hamas di Jalur Gaza menyusul pertukaran 105 sandera dengan 240 tahanan Palestina pada akhir November 2023.

Sementara itu, lebih dari 8.000 warga Palestina masih berada di penjara Israel, menurut laporan Guardian pada bulan Desember 2023.

(oln/khbrn/anadolu/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *