Mengenal Hannibal Directive, Kebijakan Kontroversial untuk Cegah Penangkapan IDF oleh Hamas

TRIBUNNEWS.COM – Baru-baru ini surat kabar Israel Haaretz memuat laporan tentang tatanan Hannibal atau proses Hannibal.

Haaretz mengatakan militer Israel mengumumkan “proses Hannibal” untuk membunuh sandera Hamas pada 7 Oktober.

Prosedur militer Israel ini sangat kontroversial karena dapat mengorbankan nyawa sandera.

Dokumen-dokumen tersebut diperoleh Haaretz, serta kesaksian para prajurit, perwira menengah dan senior IDF, sejumlah perintah dan prosedur dari Divisi Gaza, Komando Selatan dan Staf Umum IDF hingga sore hari tanggal 7 Oktober.

Perintah ini menunjukkan betapa terbukanya proses ini, mulai dari jam-jam pertama setelah serangan hingga di berbagai wilayah perbatasan.

Haaretz tidak mengetahui berapa banyak warga sipil dan tentara yang berada di bawah rencana ini.

Namun data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa banyak sandera yang rentan terhadap serangan Israel, meskipun mereka bukan sasarannya.

Jadi, apa yang dimaksud dengan Petunjuk Hannibal atau proses Hannibal?

Kasus Hannibal pertama kali diungkap oleh salah satu pendiri LSM Israel Break the Silence, Yehuda Saul.

LSM tersebut adalah organisasi veteran perang Israel pertama yang menyerukan diakhirinya Tepi Barat Israel, Yerusalem Timur, dan Jalur Gaza.

Menurut Saul, strategi militer Hannibal melawan Israel akan terus berlanjut, termasuk penggunaan kekuasaan absolut jika tentara ditangkap.

“Anda akan melepaskan tembakan tanpa hukum, jangan sampai Anda diculik,” kata Saul seperti dikutip Al Jazeera.

Saul mempunyai kebiasaan membunuh prajurit-prajurit yang ditangkapnya untuk dibunuh.

Selain menembak para sandera, tentara juga memindahkan mereka dari perempatan, jalan raya, jalan tol, dan jalur lain yang mungkin dilalui musuh, kata Saul.

Militer Israel membantah menafsirkan perintah tersebut sebagai memaafkan pembunuhan tentaranya.

Namun para prajurit Israel, termasuk Saul, memahami bahwa hal tersebut diperbolehkan karena lebih baik daripada pekerjaan dimana prajurit tersebut ditangkap.

Saul berkata bahwa kabar itu disampaikan kepadanya dari gubernur-gubernur lain dari mulut ke mulut.

“Saya belum pernah melihat dokumen tertulis tentang kompetisi ini,” ujarnya.

Menurut Annyssa Bellal, seorang pengacara internasional yang berspesialisasi dalam konflik bersenjata dan hukum internasional, dan peneliti senior di Geneva Graduate Institute, arahan tersebut bukanlah kebijakan resmi dan oleh karena itu tidak sepenuhnya disebarluaskan.

“Dari segi hukum, perintah ini sangat kontroversial,” kata Bellal.

Faktor yang mendasari bahwa risiko membunuh seorang tentara merupakan hal yang kontroversial menurut hukum internasional adalah bahwa negara harus menghormati hak hidup warga negaranya, yang bukan merupakan hak yang hilang meskipun mereka ditangkap oleh negara lain.

Asal usul nama sutradara masih diperdebatkan, dengan beberapa penulis berpendapat bahwa nama tersebut diambil dari nama seorang pemimpin Kartago yang meracuni dirinya sendiri dan bukannya seorang tahanan Romawi pada tahun 181 SM. ingin dilakukan.

Namun, para pejabat militer Israel mengatakan nama-nama tersebut dihasilkan secara acak oleh komputer.

Lalu mengapa proses atau manuver militer Israel ini terjadi?

Pada tahun 1986, komandan militer Israel menciptakan doktrin ini setelah tiga tentara dari Brigade Givati, sebuah tentara Israel, ditangkap oleh kelompok Hizbullah Lebanon. Lebih banyak roket ditembakkan Hamas dari Kota Gaza menuju Israel pada 7 Oktober 2023. Dua belas roket ditembakkan dari Jalur Gaza menuju Israel pada 7 Oktober 2023, kata seorang reporter AFP di perbatasan Palestina, saat sirene dibunyikan. di Israel (AFP/DICTI KHATIB)

Pada saat itu, Israel menduduki wilayah selatan Levant di wilayah yang diciptakannya dan disebut sebagai zona aman setelah invasi ke Lebanon pada tahun 1982.

Tentara Hizbullah merebut wilayah ini, yang tersisa hingga tahun 2000 Israel.

Anggota tentara melihat mobil itu melarikan diri bersama rekan-rekannya yang ditangkap, mereka tidak menembak.

Perintah telah dibuat untuk mencegah hal ini terjadi lagi.

Sisa-sisa tentara yang ditangkap dikembalikan ke Israel 10 tahun kemudian pada tahun 1996, agar Israel mengembalikan sisa-sisa 123 tentara Hizbullah, menurut pemerintah Israel.

Sikap keras Israel juga disebabkan oleh fakta bahwa tentara tersebut ditangkap sebagai langkah strategis musuh, kata Saul, memberi mereka kekuatan untuk bernegosiasi, serta kemampuan untuk menggalang sentimen nasional dan dukungan publik terhadap konflik tersebut.

(Tribunnews.com/Whiesa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *