Kembali Digelar, 97 Pelaku Bisnis Borong Penghargaan Lingkungan di Ajang ISRA Award 2024

TRIBUNNEWS.COM – Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) 2024 kembali digelar.

ISRA 2024 sendiri merupakan ajang untuk menebar ilmu dan memberikan penghargaan kepada wirausahawan dari berbagai industri atas komitmen, dedikasi, dan inovasinya dalam memenuhi tanggung jawab sosial dan lingkungan.

“ISRA merupakan wadah sosialisasi praktik baik tanggung jawab lingkungan dan sosial (SSR) oleh pelaku usaha dari berbagai sektor industri,” kata Presiden ISRA 2024 Karinandini Zahra Inez.

Bertempat di Grand Mercure, Solo Baru, Jawa Tengah, penghargaan bergengsi bertema Confronting Climate Change: Survive to Revive ini dipandu oleh Prospectus Media dan dipandu oleh Arjuna Wijaya Karya.

Rangkaian ISRA 2024 terdiri dari acara perkuliahan dan acara penghargaan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini perwakilan perusahaan dan tamu yang hadir kompak mengenakan pakaian adat Indonesia.

Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan nasionalisme dan rasa cinta tanah air dengan berbagai kebangsaannya.

Khusus tahun ini, setidaknya ada 97 perusahaan dan pengusaha dari berbagai industri yang berhasil menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 97 perusahaan dan pelaku usaha atas komitmen dan keberhasilannya dalam memenuhi tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilaksanakan melalui program CSR atau Corporate Social Responsibility (CSR) di berbagai sektor industri.

Tidak hanya fokus pada pendidikan, namun juga berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan dan mitigasi perubahan iklim.

Aspek yang dinilai dalam kajian ISRA 2024 antara lain terkait program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan, pelaksanaan program, strategi pengembangan program TJSL, dan inovasi.

Serta dampaknya terhadap masyarakat, termasuk perubahan-perubahan penting, dampak utama program yang berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi, upaya perubahan struktural dan dampak positif di luar perekonomian (program yang multi-layered effect).

Terdapat enam kategori program penghargaan pada ISRA 2024.

Hal ini mencakup pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesetaraan gender dan inklusi sosial, peningkatan kualitas kesehatan, konservasi keanekaragaman hayati dan dokumentasi video CSR. Terdapat enam kategori program penghargaan pada ISRA 2024.

Dari enam kategori tersebut, 20 perusahaan berhasil meraih klasifikasi platinum melalui seleksi ketat.

Kemudian terdapat 33 perusahaan yang mendapat klasifikasi emas, 45 perusahaan klasifikasi perak, dan 16 perusahaan klasifikasi perunggu.

Pada kesempatan tersebut, Pemimpin Pura Mangkunegaran Solo, K.G.P.A.A. Mangkunagoro X pun hadir mengapresiasi pelaksanaan ISRA 2024.

Dalam keterangan resminya, K.G.P.A.A. Mangkunagoro X atau yang akrab disapa Gusti Bhre menekankan pentingnya menjaga tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Untuk memerangi perubahan iklim yang merupakan ancaman serius bagi kelangsungan bumi dan kehidupan manusia.

Gelaran ISRA 2024 diharapkan tidak hanya menjadi ajang pemberian penghargaan, namun juga menjadi wadah untuk menciptakan peluang kerja sama yang saling menguntungkan.

Juga membangun jaringan dan memberikan keterampilan praktis untuk pencegahan pengendalian iklim.

(Tribunnews.com / Namira Yunia Lestanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *