Telkom Komitmen Dorong Perluasan Penggunaan AI di Indonesia

TRIBUNNEWS.COM – Teknologi kecerdasan buatan (AI) semakin banyak digunakan di Indonesia. Pemanfaatan kecerdasan buatan mempunyai potensi yang luar biasa di berbagai sektor tanah air, meski penerapannya masih perlu diperluas. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), sebagai perusahaan telekomunikasi digital yang diyakini menjadi penggerak digitalisasi di Indonesia, berkomitmen terhadap pengembangan kecerdasan buatan yang akan memberikan dampak positif bagi bangsa.

Tujuan dari strategi inti pengembangan AI Telkom adalah untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi baik secara internal maupun eksternal, serta menerapkan inovasi yang mendukung bisnis dan membuka peluang bisnis baru. Tindakan Telkom ini juga sejalan dengan salah satu rekomendasi Forum Masyarakat Digital Indonesia (IDSF) yaitu membantu pengembangan infrastruktur kecerdasan buatan seperti pusat data yang aman dan andal dengan Internet berkecepatan tinggi dan platform cloud. pemrosesan dan penyimpanan data yang efisien.

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan berbagai industri, termasuk pengembangan solusi yang menerapkan teknologi kecerdasan buatan. Saat ini, kami memiliki infrastruktur pusat data AI yang terjamin keamanannya,” kata Komang Budi Aryasa, Head of Digital Business and Technology, Telkom, saat webinar “Pelajari wawasan kinerja bisnis terbaru yang digerakkan oleh AI dan praktik terbaik dari pemanfaatan kekuatan data dan intelijen oleh IDSF beberapa waktu lalu.”

Salah satu produk BigBox yang berada di bawah naungan Leap-Telkom Digital ini memiliki fitur bernama BigVision yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan. BigVision dapat menganalisis dan mengidentifikasi kerumunan orang di suatu area tertentu, menghitung jumlah orang yang hadir, dan mengidentifikasi pola perilaku dalam kerumunan tersebut. Teknologi BigVision berguna bagi banyak perusahaan untuk mengenali perilaku karyawan dan orang lain di ruang publik seperti sekolah, bandara, terminal, stasiun, dan tempat dengan lalu lintas tinggi lainnya.

Selain itu, Telkom juga mengembangkan kecerdasan buatan dalam bentuk chatbot yang membantu berbagai industri menemukan solusi terbaik. Ekosistem MyIndibiz memiliki chatbot bernama Bizy yang dapat membantu UKM Indonesia menemukan solusi produk dan layanan digital Leap-Telkom Digital berdasarkan kebutuhan mereka.

Bizy mampu menawarkan layanan yang personal dan interaktif sehingga solusi yang ditawarkan kepada pelanggan semakin tepat sasaran. Bizy dikembangkan menjadi sangat interaktif sehingga dapat membantu pelanggan menemukan solusi yang sesuai dengan tantangan yang mereka hadapi dan menghasilkan wawasan berharga yang memberikan wawasan tentang perilaku, preferensi, dan masalah pelanggan. Hal ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan produk dan strategi pemasaran.

Bizy juga dapat menangani meningkatnya jumlah interaksi pelanggan tanpa mengurangi kualitas atau efisiensi. Bizy mampu secara signifikan mengurangi waktu respons rata-rata terhadap permintaan pelanggan. Berkat respon yang tepat dan tepat waktu, pelanggan dengan cepat mendapatkan layanan optimal sesuai kebutuhannya. Penggunaan chatbot terbukti memberikan efek positif terhadap peningkatan efisiensi operasional bulanan Telkom hingga 74,2% berkat otomatisasi Bizy. Setelah penerapan Bizy, biaya operasional pemasaran Telkom juga berkurang secara signifikan sehingga perusahaan dapat lebih berhemat.

Fitur BigBox lainnya yaitu BigAssistant merupakan solusi berbasis AI yang membantu pengguna mengelola dan memberikan informasi spesifik melalui interaksi percakapan seperti chatbots. Sistem ini menggabungkan teknologi chatbot dengan pengelolaan data untuk memberikan jawaban yang kontekstual dan relevan atas pertanyaan pengguna sesuai kebutuhan.

Banyak produk unggulan Leap-Telkom Digital lainnya yang juga dilengkapi dengan kecerdasan buatan untuk meningkatkan layanan yang ditawarkan. Inovasi pengembangan AI yang dilakukan Telkom merupakan wujud komitmen perusahaan dalam menciptakan negara yang lebih sejahtera dan berdaya saing. Leap-Telkom Digital juga mencakup produk dan layanan digital Telkom lainnya yang dapat dilihat pada tautan berikut https://leap.digitalbisa.id/our-product.

#Tingkatkan masa depan Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *