Dermaga Terapung Buatan AS di Lepas Pantai Gaza Hanyut, Rusak Diterjang Ombak

TRIBUNNEWS.COM – Sebagian dermaga apung yang dibangun Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di Gaza tersapu air pada Sabtu (25/5/2024).

Menurut laporan media Israel, gelombang tersebut menyeret dermaga terapung ke Ashdod, kota terbesar keenam dan pelabuhan terbesar di Israel.

Rinciannya diambil oleh Channel 12 Israel, dan Angkatan Laut Israel melaporkan bahwa segmen tersebut telah disiarkan ulang.

Kondisi cuaca memberikan tantangan yang signifikan bagi pekerjaan galangan kapal.

Gelombang laut yang ganas di Mediterania mengancam integritas dan keamanan galangan kapal.

Badai sebelumnya menunda proses instalasi.

Sepertinya mungkin ada gangguan lain.

Bulan-bulan musim panas diperkirakan akan menenangkan ombak, namun dermaga harus dipindahkan dan pekerjaan kemungkinan akan dihentikan pada bulan September.

Pelabuhan terapung Amerika di Mediterania menghadapi tantangan besar pada 15 Mei 2024.

Hanya sedikit yang mempertanyakan efektivitas dermaga tersebut dalam mengurangi krisis kemanusiaan di wilayah Palestina yang terkepung.

Perlu dicatat, menurut Al Mayadeen, Pentagon mengalokasikan 320 juta dolar dan mengirimkan 1.000 tentara dan pelaut untuk membangun dermaga terapung.

14 kapal dari Amerika Serikat dan negara lain berpartisipasi dalam misi tersebut.

Pada saat yang sama, Amerika mengirimkan senjata senilai miliaran dolar ke “Israel” di tengah genosida di Gaza.

Pada minggu pertama pengoperasian, hanya 820 ton bantuan yang diangkut melalui dermaga tersebut.

Dari jumlah tersebut, hanya dua pertiganya yang mencapai titik distribusi di Gaza, Pentagon mengumumkan pada Kamis (23/05/2024).

Jumlah tersebut masih jauh dari target awal sebesar 90 truk per hari dan hanya mewakili 15 persen dari perkiraan kebutuhan minimum harian bagi penduduk lebih dari dua juta orang yang menghadapi kelaparan.

Hamas dan Fatah membahas Jalur Gaza.

Seperti diketahui banyak orang, pembangunan dermaga apung yang dilakukan Amerika Serikat bertujuan untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Alih-alih menekan Israel untuk membuka blokade darat, AS tampaknya justru mendukung blokade tersebut dan menciptakan jalur akses lain dalam bentuk pelabuhan yang dimaksudkan sebagai infrastruktur sementara.

Namun, pembangunan bernilai jutaan dolar dan pembicaraan tentang pembentukan pasukan gabungan internasional menunjukkan bahwa dermaga akan selalu dibangun untuk mengumpulkan pasukan, bukan hanya barang dan perbekalan.

Dua gerakan utama di Palestina, Hamas dan Fatah, mengecam hal tersebut.

Gerakan Pembebasan Nasional Palestina (Fatah) sedang mempertimbangkan untuk merebut pelabuhan terapung yang didirikan oleh AS pada saat Hamas menolak kehadiran militer di Gaza.

Abdel Fattah Dawla, juru bicara gerakan Fatah, mengatakan pekan lalu bahwa operasi Israel di galangan kapal AS yang diduduki dan kendali Palestina atas penyeberangan Rafah adalah tindakan untuk merebut penyeberangan tersebut. dan isolasi total Jalur Gaza.

Seorang juru bicara Fatah meminta warga Palestina di Gaza untuk tidak menganggapnya hanya sebagai koridor pengiriman bantuan kemanusiaan.

Fatah memaksa Palestina; Fatah juga mengimbau mereka untuk mewaspadai segala upaya yang mendorong penggunaan pelabuhan ini sebagai titik perbatasan untuk evakuasi mereka, baik karena alasan sukarela maupun kemanusiaan. militer AS akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza; Anggota Angkatan Laut AS dan militer Israel pada hari Kamis mendirikan Dermaga Trident, pelabuhan terapung sementara untuk pengiriman bantuan kemanusiaan di sepanjang pantai Gaza. (Markas Besar Amerika Serikat)

Presiden AS Joe Biden telah mengeluarkan peringatan bahwa dermaga sementara dijadwalkan dibangun pada 7 April.

Hal itu dilakukan sebagai upaya mengirimkan lebih banyak bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

Keputusan tersebut tampaknya terkait dengan peringatan PBB bahwa sebanyak 576.000 warga Gaza bisa menghadapi kelaparan, menurut Wall Street Journal (WSJ).

Namun, AS mengatakan bahwa operasi pemindahan pelabuhan tersebut akan diawasi oleh pasukan Israel, bukan pasukan AS sendiri.

“Kami tidak memiliki rencana untuk melakukan operasi yang memerlukan pasukan AS di lapangan,” kata pejabat AS tersebut, menurut Politico.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *