90 Persen Pembangkit Listrik Hancur, Eks Menteri Ukraina: Pemadaman Bisa Terjadi Hingga Musim Dingin

TRIBUNNEWS.COM — Keadaan infrastruktur energi Ukraina semakin memburuk setelah sabotase Rusia melanda negara itu dalam beberapa tahun terakhir.

Oleksiy Kocherenko, mantan menteri infrastruktur Ukraina, mengatakan 90% kapasitas pembangkit listrik Ukraina telah hancur akibat serangan rudal dan drone oleh pasukan Vladimir Putin.

Mengutip Russia Today dari channel YouTube Vishka, Kucherenko mengatakan akan sulit untuk memperbaiki situasi dengan cepat. Pemulihan membutuhkan waktu lama.

Serangan rudal dan drone terhadap infrastruktur penting Ukraina menghancurkan beberapa pembangkit listrik tenaga panas di seluruh negeri.

Pemboman tersebut juga melibatkan pembangkit listrik Tribilia, pemasok utama listrik ke wilayah Kyiv, Zhytomyr dan Cherkasy, lapor Kyiv Independent.

Pada tanggal 8 Mei, Rusia melancarkan serangan besar-besaran terhadap wilayah Poltava, Kirovohrad, Zaporozhye, Lviv, Ivano-Frankivsk, Kiev, dan Vinnytsia, terutama menargetkan infrastruktur energi. Setidaknya dua pembangkit listrik tenaga air telah ditutup akibat serangan tersebut.

“Kami telah kehilangan sekitar delapan ribu megawatt listrik, jumlah yang banyak, dan 8 ribu 800 di antaranya berfungsi sekarang,” kata Kocherenko.

Berdasarkan informasi dari insinyur kelistrikan, dia memperingatkan akan terjadinya pemadaman listrik secara luas di musim panas dan musim dingin. Warga meminta penghematan listrik

Sementara itu, Serhiy Kovalenko, kepala Perusahaan Listrik swasta Yazno, mendesak warga Ukraina untuk terbiasa hidup dengan listrik yang terbatas.

Serangan Rusia menyebabkan banyak kerusakan pada instalasi listrik Ukraina.

Dia menjelaskan, serangan rudal Rusia terhadap pembangkit listrik tenaga panas Trypolsky menyebabkan pemadaman listrik 100% di wilayah sekitarnya.

Dia mendesak masyarakat Ukraina untuk mengubah kebiasaan konsumsi listrik mereka untuk menjaga keseimbangan sistem dan tidak membebani jaringan listrik.

“Hemat konsumsi pada jam sibuk. Hemat listrik setiap malam antara pukul 19.00 hingga 22.00. Setiap hari, sepanjang tahun 2024. Biasakan,” tulisnya di laman Facebook.

Ia juga menyarankan penghematan listrik dengan mengganti bola lampu konvensional dengan LED, mematikan lampu di ruangan kosong, mandi malam, mengatur suhu ketel seminimal mungkin, dan memanaskan ketel di atas kompor daripada menggunakan gas. oven. Kompor listrik.

Hal utama adalah mengambil tanggung jawab atas penggunaan energi secara sadar. Kita tidak bisa lagi memperlakukan listrik sebagai sesuatu yang akan ada bersama kita selamanya. “Keinginan untuk menghemat energi harus menjadi keputusan sadar dan gaya hidup,” jelasnya.

Ukraina Pravda melaporkan, untuk mengantisipasi kekurangan energi, Ukraina mengimpor listrik dari beberapa negara tetangga. Namun hal ini tidak berdampak besar pada kekurangan listrik rumah tangga.

Rusia telah meningkatkan serangannya terhadap fasilitas militer dan energi Ukraina.

Ratusan roket, rudal balistik, drone, dan ribuan bom berpemandu diluncurkan untuk menghancurkan fasilitas energi Ukraina.

Pada bulan April, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pemboman tersebut merupakan respons terhadap upaya Kiev yang menargetkan infrastruktur minyak Rusia. Pesawat MIG-31 yang membawa rudal jelajah Kinzel untuk menghancurkan infrastruktur Ukraina (Kementerian Pertahanan Rusia)

Sejak Januari, Ukraina telah melancarkan beberapa serangan jarak jauh terhadap fasilitas energi terpencil di Rusia, termasuk depot dan kilang minyak, menggunakan drone kamikaze.

Pada bulan April, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan serangan Rusia terhadap fasilitas energi “secara langsung berdampak pada sektor pertahanan Ukraina” dan merupakan bagian dari upaya “demiliterisasi”. Bantuan energi

Sekutu juga berusaha membantu Ukraina mengatasi permasalahannya. Pemerintah Austria akan mengalokasikan sekitar 5,4 juta dolar untuk membangun kembali infrastruktur energi di Ukraina, surat kabar Standard melaporkan pada 20 Mei, mengutip seorang pejabat Austria.

Pendanaan tersebut berasal dari anggaran Kementerian Iklim dan Energi dan didistribusikan di Ukraina dalam Komunitas Energi, sebuah organisasi internasional yang bertujuan untuk memperluas pasar energi internal UE.

Menurut Der Standard, dana yang dialokasikan akan digunakan untuk suku cadang, generator, dan jalur perbaikan yang sangat dibutuhkan.

Menteri Iklim dan Energi Austria Leonor Kussler mengatakan: Austria, negara netral, harus berada di pihak kemanusiaan dalam perang ini.

Keusler yakin pendanaan tambahan “setidaknya akan membuat pembangunan kembali lebih mudah.”

Duta Besar Ukraina untuk Austria, Vasyl Kaiminets, berterima kasih kepada menteri tersebut atas “sinyal solidaritasnya yang kuat”.

“Bantuan keuangan dari pemerintah federal ini sangat penting untuk membangun kembali infrastruktur energi dan menyediakan listrik bagi rakyat Ukraina, ketika Rusia mencoba menghancurkan infrastruktur energinya dengan serangan udara dan penembakan,” kata Kaiminets.

Menurut Perdana Menteri Ukraina Denis Shmihal, kapasitas pembangkit listrik Ukraina telah berkurang sebesar 8 gigawatt jam (GWh) dan sekitar $1 miliar dalam bentuk AAS diperlukan sebagai kompensasi.

Ukraina, yang independen dari Kiev, dilaporkan telah mengalokasikan lebih dari $179,4 juta untuk membangun kembali jaringan listriknya setelah serangan terbaru Rusia.

“Filantropis Patrick van de Haar mengirimkan peralatan tersebut,” lapor Ukrinform.

Jelas ini bukan pengiriman pertama.

RMA mengatakan: “Generator telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Kota ini tidak memiliki listrik karena penembakan terus-menerus oleh musuh. Oleh karena itu, membantu menyediakan peralatan tersebut sangatlah penting dan penting bagi masyarakat.”

Seperti dilansir Ukrinform, sembilan kota di wilayah Kherson dibiarkan tanpa aliran listrik akibat penembakan Rusia. (Russia Hari Ini/Kiev Independen/Ukrinform/Pravta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *