Festival Film Alternativa Sambangi Indonesia, Hadirkan Konsep Baru dan Sapa Sineas Lokal

Reporter Tribunnews.com Hasiolan EP Gultom melaporkan

BERITA TRIBUN.

Lisa Surganova, Ketua Proyek Film Alternatif, mengatakan acara tersebut bertujuan untuk menilai dampak sosial dari perkembangan industri film di Indonesia, dan acara tersebut akan diadakan pada akhir November 2024.

Pada saat itu, festival dan upacara penghargaan baru akan dimulai di Indonesia, di mana semua film terpilih akan diputar.

Indonesia terpilih sebagai negara berikutnya yang menjadi tuan rumah proyek film alternatif tersebut, menyusul kesuksesan edisi pertamanya di Kazakhstan pada tahun 2023. Pada edisi kedua mendatang, proyek ini akan fokus pada pasar Indonesia dan Asia Tenggara.

“Pendaftaran ajang penghargaan ini akan dibuka mulai 17 Juni 2024 dengan mengundang para sineas dari seluruh Asia untuk mengirimkan karya berupa film layar lebar, dokumenter, animasi, dan film hybrid,” ujarnya. 2024.

Hanya Asia Tenggara yang akan diterima untuk kategori film pendek.

Selain itu, juri internasional yang terdiri dari sutradara dan produser film, tokoh masyarakat dan perwakilan organisasi non-pemerintah dari Asia dan wilayah lain akan memilih pemenang proyek Film Alternatif.

Acara ini menawarkan sistem alternatif untuk memberikan penghargaan kepada para profesional dengan tujuan menciptakan dampak, memungkinkan mereka menjadi lebih terlihat secara global dan menjangkau khalayak yang lebih luas.

Inisiatif ini memberi penghargaan pada film-film dengan keunggulan artistik yang mengangkat tema-tema sosial dan budaya yang penting dan berupaya memberikan dampak positif terhadap kehidupan masyarakat dan komunitas lokal.

Juri akan mengumumkan pemenang yang akan menerima hadiah uang tunai yang dapat digunakan dalam kampanye dampak atau untuk lebih mengembangkan keterampilan pembuatan film mereka.

Jumlah total hadiahnya adalah US$100.000, dengan masing-masing pemenang menerima US$20.000 dalam empat kategori film layar lebar dan masing-masing US$10.000 dalam dua kategori film pendek.

Lisa menjelaskan bahwa festival baru ini, yang akan menggabungkan semua judul yang dinominasikan, akan berlangsung dalam beberapa minggu menjelang November 2024 dan mewakili pengembangan proyek dalam Inisiatif Film Alternatif, yang mencakup pendidikan dan pendampingan di Lab Film Alternatif.

Ekspansi ini merupakan kemajuan alami dari warisan Alternativa, dan dengan setiap rilis, startup ini bertujuan untuk meningkatkan jejak geografisnya dan dukungan nyata yang berkelanjutan bagi para pembuat film.

“Kami meluncurkan Alternative ke pasar-pasar baru setiap tahun dan membangun inisiatif tahun-ke-tahun di setiap lokasi, yang kami harap akan memungkinkan kami untuk berinteraksi dengan khalayak internasional yang lebih luas,” kata Liza Surganova.

Selama tahun 2023, proyek film alternatif mendukung beberapa sineas dan menerima 350 karya di 25 negara. Lima film menanti, antara lain Spotlight, Future Sound, Alter, Nativa, dan Shorts.

Nativa, sebuah film dokumenter Nepal yang disutradarai oleh Rajan Katet, dan No Winter Vacation karya Sunir Pandey, serta pemutaran film untuk masyarakat di wilayah tersebut, telah menggunakan uang mereka untuk mengatur perilisan film tersebut di bioskop di Nepal. pemutaran dan penayangan film untuk penonton muda di sekolah dan universitas.

Proyek ini berfokus pada tema-tema seperti kemiskinan, peran gender, kesenjangan antara daerah pedesaan dan perkotaan, migrasi bebas untuk menyediakan sumber daya ekonomi, dan isolasi.

Selain itu, Lab Film Alternatif menyelenggarakan tiga program pelatihan bagi para pembuat film dari berbagai usia dan tingkat keahlian, yang dihadiri oleh 37 pembuat film, 12 usia, dan 7 guru dari Eropa dan Amerika Serikat.

Lima pemenang dari program ini mendapat kesempatan untuk mengikuti residensi Pop Up di Eropa dari Tatino Films atau mengikuti program EFM Toolbox, serta menerima travel grant dari EFM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *