Mengapa orang Barat masih percaya angka 13 membawa sial?

Meski hanya sekedar takhayul, namun di negara-negara Barat terdapat kepercayaan yang mendalam dan melekat terhadap angka 13. Kepercayaan ini juga berdampak pada pembangunan.

Penumpang yang turun dari kereta di Cardiff, Wales, melihat ada sesuatu yang hilang dari denah sebuah bangunan di pusat kota.

Setiap lantai bangunan yang sedang dibangun memiliki nomor yang menunjukkan setiap lantai. Tapi tidak ada lantai 13.

Praktik semacam ini masih umum terjadi di Eropa pada abad ke-21. Banyak bangunan, termasuk apartemen dan hotel, melewatkan nomor 13 dalam urutan lantai.

Ada yang menyebut lantai 13 sebagai Lantai 12A. Ada juga yang melewati lantai 13 untuk langsung menuju lantai 14 setelah lantai 12.

Rumah dengan nomor 13 biasanya lebih murah bahkan dilarang dibangun karena tidak disukai warga.

Sebuah survei yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa 14% orang percaya bahwa angka 13 adalah angka sial, sementara 9% lainnya tidak menyadarinya.

Sarah Thomas, warga Cardiff, sedang pulang kerja ketika dia melihat sesuatu yang berbeda pada sebuah bangunan yang sedang dibangun di pusat kota.

“Saya penasaran ketika [nomor 13] hilang,” katanya.

“Saya pikir itu hanya takhayul, tapi ketika saya mencarinya di Google, saya menyadari itu adalah praktik yang umum. “Banyak teman saya yang bercerita bahwa mereka berada di gedung atau lift yang tidak memiliki lantai 13. Saya ingin mengunjungi gedung pencakar langit,” jelas Sarah.

Sarah mengatakan dia tidak terlalu percaya takhayul, tapi menurutnya ada beberapa yang terlalu logis.

“Saya sebisa mungkin menghindari menuruni tangga untuk menghindari risiko cedera,” kata Sarah.

“Saya menganggap alasan takhayul menarik karena menjelaskan bagaimana orang menghubungkan peristiwa tertentu dengan aktivitas sehari-hari.”

Beberapa bangunan terkenal di Inggris masih menyimpan takhayul ini.

Ketika Canary Wharf London dibangun kembali pada tahun 1990 dan One Canada Square Tower dibangun, gedung tersebut tidak memiliki lantai 13.

Selain itu, ada 32 pod di London Eye. Namun ada pod nomor 33. Hal ini dikarenakan tidak ada pod nomor 13. Mengapa angka 13 dianggap sebagai angka sial?

Pepatah lama sering mengasosiasikan angka 13 dengan kesialan.

Salah satunya terkait dengan agama Kristen. Sebelum dikhianati Yudas Iskariot, ada 13 orang yang hadir pada Perjamuan Terakhir Yesus Kristus.

Yudas Iskariot adalah orang ketiga belas yang duduk di perjamuan itu.

Juga dalam mitologi Nordik. Loki, dewa kelicikan, adalah tamu ketiga belas dari pesta para dewa. Dalam hal ini, Loki menipu salah satu putra Odin untuk membunuh putra lainnya.

Ketakutan akan nasib buruk pada tanggal 13 yang dikenal dengan istilah triscaidecaphobia semakin kuat jika dipadukan dengan hari Jumat karena merupakan hari kematian Kristus.

Namun mengapa orang yang dianggap lebih berpengetahuan tetap menganut keyakinan ini?

Juliet Wood, ahli mitologi dan folklorist di Cardiff University, menduga kepercayaan semacam ini sangat modern dan bukan tradisi yang bertahan selama berabad-abad.

“Itu bukan cerita rakyat dalam artian bukan tradisi lama. “Itu tidak ada hubungannya dengan fakta bahwa kita ada 13 orang pada Perjamuan Terakhir,” jelasnya.

Sebaliknya, ia yakin ini adalah ciptaan media populer di awal abad ke-20.

Hal tersebut telah menjadi semacam cerita rakyat modern melalui media melalui film Friday the 13th.

Penelitian sebelumnya tidak menyebut 13 sebagai angka sial.

Namun masyarakat mengadaptasi cerita yang sudah ada dengan menunjuk pada contoh-contoh yang sudah dikenal.

“Masuk akal, terutama karena ada hubungannya dengan Perjamuan Terakhir, jadi macet,” jelas Wood.

Sedangkan ide Loki masih baru.

“Gagasan mitologi Nordik sebagai semacam batu ujian bagi budaya sebenarnya cukup baru.”

“Ini muncul dari minat yang muncul di Inggris pada abad ke-19, ketika warisan Jermanik ditemukan dan para sarjana Inggris pertama kali menerjemahkan mitologi Norse.”

“Dan sekarang, tentu saja, dimulai dengan film-film Marvel, Loki adalah pahlawannya. Jadi Anda mendapat alasan untuk fokus pada orang tertentu dan Anda mendapatkan transferensi semacam itu.” Hari-hari sial

Gagasan tentang hari sial sudah ada sejak lama.

Di zaman Romawi, tanggal 15 Maret ditandai dengan Ides of March, yang dikaitkan dengan nasib buruk.

Hipotesis ini muncul setelah Julius Caesar dibunuh pada hari itu dan dipopulerkan oleh tragedi Shakespeare yang menceritakan kisahnya.

“Kami menyukai takhayul. “Kami suka mengatakan, ‘Oh, ini tradisi,’ di dunia yang sangat mekanis dan tidak pasti ini,” kata Wood.

“Kelihatannya luar biasa, tapi bisa menghubungkan sesuatu dengan kekuatan eksternal, bukan sesuatu yang buruk, tapi sesuatu yang pasti terjadi, membuat kita merasa lebih nyaman.”

Agen real estate Katie Griffin dari Propertymark mengatakan menghindari angka 13 masih dianggap penting dalam desain rumah.

“Bukan berarti menurunkan nilai [rumah], tapi terkadang untuk mencegahnya, pembangun tidak menggunakan nomor 13. Dulu mereka menggunakan nomor 11, 12, 14,” kata Griffin.

“Orang tidak pernah berkata, ‘Saya percaya takhayul dan saya tidak ingin rumah nomor 13,’ tetapi mereka biasanya berkata, ‘Saya tidak ingin berada di dekat halaman gereja atau kuburan.’”

“Jadi sekilas hal seperti itu masih ada. Tergantung apakah Anda orang yang sensitif, tapi jika Anda membeli rumah nomor 13, Anda bisa membalikkan keadaan dengan menawarkan harga yang lebih rendah.”

Survei singkat terhadap orang yang lewat di dekat gedung tersebut mengungkapkan bahwa kebanyakan orang membenci takhayul.

Odessa Barthorpe, dari Cardiff, percaya takhayul adalah hasil dari budaya atau pendidikan, tapi secara pribadi dia akan dengan senang hati tinggal di lantai 13.

“Kita membentuk takhayul karena hal itu mungkin merupakan sisa dari masa ketika kita tidak memahami cara kerja dunia,” kata Barthorpe.

“Sangat menarik, tapi saya tidak ingin bergantung pada takhayul.”

Wanita Welsh lainnya, Carmen Abad, tumbuh di Asia Tenggara yang percaya takhayul. Tapi dia tidak terlalu mempercayainya.

“Saya tidak masalah tinggal di lantai 13. Kalau harganya murah kenapa tidak?” Dia berkata.

Pemilik telah mengkonfirmasi bahwa lantai 13 akan tersedia untuk disewakan kepada calon penghuni gedung di Cardiff.

Tapi apakah itu akan murah? Kalau iya, itu namanya keberuntungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *