ASDP Modernisasi Fasilitas Pelabuhan Merak

Jurnalis Tribunnews.com Nitis Gavaro melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) tengah mengembangkan infrastruktur di Pelabuhan Merak untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pengguna jasa.

Menurut Sekretaris Perusahaan ASDP Shelvi Arifin, rencana pengembangan fasilitas pendukung tersebut antara lain penyediaan akomodasi bagi pelaku perjalanan di terminal penumpang untuk memudahkan pergerakan penumpang khususnya lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas.

Menurut Shelvey, pihaknya mempercepat pembangunan infrastruktur tersebut karena Pelabuhan Merak menjadi pintu gerbang utama arus komunikasi dan logistik antara Jawa dan Sumatera.

Lebih dari 20 juta penumpang melewati pelabuhan ini menuju Bakauheni di Lampung setiap tahunnya.

“Kami mempercepat pembangunan dan pengembangan infrastruktur penting serta fasilitas pendukung lainnya untuk memenuhi komitmen ASDP dalam menyediakan layanan penyeberangan dan pelabuhan yang andal, aman, nyaman, dan terjamin,” kata Shelvey dalam keterangannya, Rabu (26/6/2024). ).

Shelvey mengatakan, manajemen juga terus membenahi fasilitas umum lainnya, seperti tempat parkir VIP di eks kantor ASDP, demi kenyamanan pengguna jasa yang membutuhkan fasilitas khusus.

Selain itu, guna meningkatkan kualitas jalan dan kenyamanan pengguna, telah selesai pengaspalan kawasan eks terminal (passage).

“Kami baru saja menyelesaikan pembangunan jalur lalu lintas di bawah jembatan akses untuk memperlancar lalu lintas dan meningkatkan efisiensi kendaraan yang masuk dan mengembalikan kapal di pelabuhan,” jelas Shelvey.

Untuk meningkatkan operasional, median jalan telah diperlebar di beberapa lokasi di kawasan pelabuhan untuk memudahkan keluar masuk, bongkar muat kendaraan.

Menurut Shelvey, cabang Merak telah menambah dua loket baru untuk meningkatkan layanan tiket online dan mempercepat proses check-in.

 Dermaga VII juga sedang mempercepat pembangunan breakwater Merak yang diharapkan selesai pertengahan tahun.

Pembangunan struktur pemecah gelombang dengan sistem tetrapod adalah untuk mencegah erosi akibat gelombang laut dan melindungi struktur dermaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *