Pertamina Pastikan Kesiapannya Pasok Energi Ramah Lingkungan di IKN

Dilansir Koresponden Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) memastikan ibu kota kepulauan alias​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​:​​:​:KN​​​​​​​​​ ​​​​​​​​​​.

Vice President Corporate Communications Pertamina Fadjar Joko Santoso mengatakan, Pertamina mendorong terciptanya ekosistem energi berkelanjutan agar visi Indonesia mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060 dapat cepat tercapai.

Namun, Pertamina dikenal sebagai perusahaan pertambangan minyak atau energi berbasis fosil.

Ia mengungkapkan, IKN telah menjalin kerja sama dengan berbagai mitra untuk mengembangkan energi ramah lingkungan dan ekosistem berkelanjutan.

Menurut Fudjar, Indonesia memiliki sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan energi bersih.

“Dengan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, Pertamina akan meningkatkan penggunaan energi ramah lingkungan. Hal ini juga menjadi solusi untuk mengurangi keberlanjutan energi fosil,” kata Fudger dalam keterangannya yang diumumkan, Selasa (4/5/2024).

Ia mengungkapkan, Peretamina banyak menjalin kerja sama dengan berbagai kementerian, mitra bisnis asing, dan perusahaan nasional serta universitas dalam dan luar negeri untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat transfer energi.

Tahun lalu, atas arahan Presiden Joko Widodo, Pertamina menandatangani Nota Kesepahaman dengan Otoritas Ibu Kota Pulau (OIKN) di Kabupaten Penajam Pasar Utara, Provinsi Kalimantan Timur, untuk membangun Pembangkit Energi Berkelanjutan Pertamina.

Pertamina juga berkolaborasi dengan Bakrie Group untuk mengembangkan infrastruktur shared hub di IKN yang merupakan bagian dari Nusantara Knowledge Hub di Islands Capital (IKN).

Dalam kerja sama ini, Pertamina membuka diri kepada perguruan tinggi berkualitas untuk ikut serta melakukan penelitian di bidang keberlanjutan.

Subkontraktor Pertamina juga akan berperan besar dalam pengembangan IKN.

Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) mendukung studi bersama dengan OIKN, mendukung pengembangan IKN dengan konsep modern, hijau, dan berkelanjutan dengan solusi berbasis alam dan ekosistem.

“Melalui kerja sama tersebut, Pertamina optimis dukungannya kepada IKN dapat mendorong tercapainya net zero emisi sejalan dengan tujuan pemerintah Indonesia,” pungkas Fudger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *