Israel Ternyata Jalankan Kampanye Propaganda Rahasia Besar-besaran yang Targetkan Warga AS

TRIBUNNEWS.COM – Israel dikabarkan sedang melakukan operasi rahasia besar-besaran yang menyasar warga AS.

Melaporkan dari Cradle, outlet media sayap kiri Inggris The Guardian, telah mengungkapkan beberapa metode yang digunakan dalam kampanye Israel.

Salah satunya dengan mengesahkan undang-undang yang membatasi kebebasan berpendapat warga Amerika ketika mengkritik Israel dan perang di Gaza.

The Guardian menyebutkan ada 80 program kampanye yang dilakukan sebagai bagian dari operasi propaganda massal yang disebut “Voice of Israel”.

Program ini didanai dan dikelola oleh Kementerian Luar Negeri Israel, dan dipimpin oleh anggota dewan Israel Amichai Chikli.

Dia mengatakan program tersebut dirancang untuk melaksanakan apa yang Israel sebut sebagai “kegiatan kesadaran massal”. Program ini menyasar warga Amerika dan Eropa.

Voice of Israel adalah bagian dari “inkarnasi terbaru” dari operasi rahasia Kementerian Israel untuk menyensor mahasiswa, organisasi hak asasi manusia, dan kritikus Israel.

Sebelumnya, Voices of Israel dikenal dengan nama “Concert” dan “Kela Shlomo”.

Kampanye ini memimpin upaya untuk mengadvokasi undang-undang “anti-BDS” yang akan menghukum warga AS yang terlibat dalam boikot dan protes tanpa kekerasan terhadap Israel.

Voice of Israel dioperasikan melalui organisasi nirlaba dan organisasi lain yang seringkali tidak mengungkapkan sumber pendanaan mereka.

Institut Studi Anti-Semitisme dan Politik Global (ISGAP) adalah salah satu organisasi yang menerima dana melalui program Israel.

ISGAP menyebutkan keberhasilannya dalam sidang di Dewan Perwakilan Rakyat AS.

Dalam pertemuan tersebut, Rektor Universitas Harvard Claudia Gay mengajukan banyak pertanyaan tentang diperbolehkannya protes pro-Palestina terjadi di kampus.

Salah satu anggota dewan bernama Elis Stefanik mengkritik Gay dalam pertemuan tersebut. Ia mengatakan bahwa Gay telah “mendorong” anti-Semitisme di Harvard. Kritik ini banyak terlihat di media sosial.

Gay kemudian mengundurkan diri tak lama setelah kabar baik tentang dirinya muncul di media. Ia digantikan oleh seorang profesor Yahudi-Amerika bernama Alan Garber.

Menurut The Guardian, ISGAP di sebuah acara di pantai pada tanggal 7 April menyebut insiden tersebut sebagai “kudeta hubungan masyarakat yang dilakukan oleh Majelis Nasional”.

“Semua dengar pendapat ini adalah hasil dari laporan kami bahwa semua universitas ini, dimulai dengan Harvard, menerima banyak uang dari Qatar.”

ISGAP juga banyak terlibat dalam kampanye untuk membatasi kebebasan berpendapat dan pengesahan undang-undang yang mendefinisikan ulang anti-Semitisme.

Secara hukum, beberapa kritik terhadap Israel dianggap anti-Semitisme.

ISGAP juga melobi pemerintah untuk mengadopsi definisi anti-Semitisme dari International Holocaust Reunion Alliance (IHRA).

Menurut definisi ini, kritik terhadap Israel adalah “upaya rasis”, sedangkan anti-Zionisme dianggap anti-Semitisme.

“Kami telah mengalihkan fokus kami untuk bekerja di tingkat regional,” kata Brigadir Jenderal Sima Vaknin-Gill, seorang perwira intelijen yang kini menjadi direktur ISGAP.

“Akan lebih mudah untuk bekerja sama dengan mereka [walikota] dan mengubah definisi ini menjadi sesuatu yang nyata.

Kelompok lain di Amerika Serikat yang berafiliasi dengan Voice of Israel dan kampanye Kementerian Luar Negeri Israel adalah CyberWell.

CyberWell adalah kelompok “anti-disinformasi” pro-Israel yang dipimpin oleh mantan pejabat Voices dan intelijen militer Israel.

Tim ini telah menjadi “mitra tepercaya” resmi di TikTok dan Meta, yang memungkinkannya membantu memfilter dan mengedit konten.

Cyberwell meminta Meta menghapus slogan pro-Palestina, khususnya “Dari sungai sampai laut, Palestina akan merdeka”.

(Tribunnews/Februari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *