Tak Ada Presiden Jokowi, Megawati Duduk Diapit Ganjar-Mahfud saat Pembukaan Rakernas PDIP

Laporan jurnalis Tribunnews.com Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Usai meninjau serangkaian penampilan, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bersama pimpinan partai memasuki arena Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-5 partai di Stadion Beach City International Ankol, Jakarta, Jumat (24/5/2024) sore.

Pantauan di lokasi, Megawati didampingi Ketua DPP PDIP Puan Maharni, mantan calon presiden 2024 Ganjar Pranowo, dan Sekretaris Jenderal Kabinet yang juga mantan Sekjen PDIP Pramono Anung, masuk dalam rakernas PDIP arena V di Gedung Putih. 14.07 WIB. 

Sejumlah pengurus DPP PDIP juga terlihat mengawal Megawati memasuki arena Temu Bisnis Nasional ke-5 PDIP. Diantaranya, Sekjen Hasto Christianto, Ketua DPP PDIP yang merupakan Ketua Dewan Pengarah Rakernas V PDIP Djarot Saiful Hidayat serta para petinggi DPP PDIP lainnya.

Peserta Rakernas di aula Rakernas berjumlah 4.858 orang yang terdiri dari pengurus DPP partai, ketua, sekretaris, bendahara DPD dan DPC partai, anggota DPR RI, badan dan bagian partai, presiden, sekretaris, bendahara DPLN dari 16 negara, anggota DPRD provinsi, kabupaten, kepala daerah, dan wakil ketua PDIP, serta calon anggota DPR RI non petahana terpilih pada Pemilu 2024, menunggu kedatangan Megawati dan rombongan. 

Lagu kebangsaan dan pawai PDIP juga diperdengarkan menyambut Megawati dan jajaran DPP partai ke arena temu bisnis nasional.

Sejumlah peserta Rakernas pun memberikan ucapan selamat kepada Megawati dengan bertepuk tangan antusias.

Pembukaan Rakernas PDIP kali ini juga dihadiri Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, dan perwakilan PPP.

Peluncuran Seminar Nasional V PDIP ini juga dihadiri oleh beberapa menteri kabinet PDIP antara lain Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Jasona Laoli, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, dan Menteri Koperasi Teten. Masduki.

Kemudian Menteri Kabinet yang merupakan sahabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Tokoh nasional seperti Wakil Presiden keenam RI Try Sutrisno dan mantan calon wakil presiden 2024 Mahfud MD tampak menghadiri pembukaan pertemuan bisnis nasional tersebut.

Hadir pula tokoh nasional, relawan pendukung Ganjar-Mahfud, aktivis demokrasi, dan intelektual yang turut diundang dalam Rakernas tersebut.

Presiden kelima RI itu juga sempat duduk di panggung Rakernas Partai ke-5. Mantan calon presiden dan wakil presiden PDIP yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berpakaian merah duduk di samping Megawati.

Tak ada sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir dalam acara partai politik pimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

PDIP diketahui sengaja tidak mengundang Jokowi dan keluarga karena alasan politik. Ketua DPP PDIP yang juga Ketua Dewan Pengarah (SC) Rakernas V Djarot Saiful Hidayat mengatakan, salah satu alasan partainya melakukan hal tersebut karena melanggar etika dan konstitusi sehingga tidak ada. lagi menjadi bagian dari program Keluarga Besar PDI.

Pembukaan Temu Bisnis Nasional PDIP diawali dengan penyerahan gambar seekor banteng yang terluka namun tetap memancarkan semangat juang. 

Tarian Angklung Mansyur dan tari banteng Yogya disajikan sebagai penampilan pembuka pada Sarasehan Nasional PDIP ke-5.

Sebagai informasi, Workshop Nasional PDIP ke-5 akan digelar pada 24 hingga 26 Mei 2024 di Stadion Internasional Beach City Ancol, Jakarta.

Seminar nasional kali ini mengangkat tema “Satyam Eva Jayate: Kebenaran Akan Menang” dan subtema “Kekuatan Kesatuan Masyarakat dalam Kebenaran”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *