Di Balik Penemuan Puing-puing Helikopter Ebrahim Raisi, Ada Peran Baykar Bayraktar Akıncı, Apa Itu?

Dibalik Penemuan Sisa-sisa Helikopter Ebrahim Raisi, Ada Peran Baykar Bayraktar Akıncı, Siapakah Dia?

TRIBUNNEWS.COM- Dibalik ditemukannya sisa-sisa helikopter Ebrahim Raisi, ada peran Baykar Bayraktar Akıncı, siapa dia?

Nama Baykar Bayraktar Akıncı menjadi populer setelah ia menggambar bulan dan bintang yang menjadi logo Turki saat mencari helikopter hilang yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Timbul pertanyaan: siapakah Baykar Bayraktar Akıncı? Apakah itu media?

Ternyata Baykar Bayraktar Akıncı adalah nama pesawat tak berawak atau drone Turki yang bertugas mencari helikopter presiden Iran yang hilang.

Setelah mengetahui helikopter yang membawa presiden Turki itu hilang, Türkiye segera mengirimkan regu pencari. Termasuk drone Baykar Bayraktar Akıncı.

Drone Baykar Bayraktar Akıncı-lah yang akhirnya menemukan lokasi pertama jatuhnya helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi. Diidentifikasi dari sumber panas

Drone Turki Akinci telah mengidentifikasi sumber panas yang diduga menjadi lokasi jatuhnya helikopter kepresidenan Iran.

Setelah helikopter yang membawa Raisi jatuh, Kementerian Pertahanan Nasional Turki menugaskan drone dan helikopter Cougar dengan kemampuan penglihatan malam untuk membantu upaya pencarian.

Kendaraan udara tak berawak (UAV) Turki Akinci pada Senin pagi mengidentifikasi sumber panas yang diduga puing-puing dari helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi dan membagikan koordinatnya kepada pihak berwenang Iran.

Setelah helikopter yang membawa Raisi jatuh, Kementerian Pertahanan Nasional Turki menugaskan drone Akinci dan helikopter jenis Cougar dengan kemampuan penglihatan malam untuk ikut serta dalam kegiatan pencarian.

Presiden Raïssi menghadiri upacara peresmian bendungan di perbatasan antara Iran dan Azerbaijan dengan helikopter pada hari Minggu.

Televisi pemerintah Iran melaporkan bahwa kecelakaan itu terjadi ketika helikopter Raisi melakukan pendaratan darurat saat kembali dari daerah tersebut.

Turut berada di dalam helikopter tersebut adalah Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian, Malik Rahmeti, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur, dan Ayatollah Imam Ali Hashim dari Provinsi Tabriz.

Tim SAR melaporkan bahwa pekerjaan masih sulit dilakukan karena kondisi cuaca buruk. Foto bangkai helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raïssi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian beredar di media sosial. Hanya tersisa bagian ekor pesawat yang berwarna biru, sedangkan sisanya tampak seperti sisa-sisa pesawat yang hancur. (Tangkapan Layar X/@HoyPalestina) Tentang drone Akinci

Temui Bayraktar Akinci, drone Turki yang menunjukkan lokasi jatuhnya helikopter yang membawa presiden Iran

 Jenazah Presiden Iran Ebrahim Raisi ditemukan dan dibawa ke Teheran, Iran pada Senin (20/05/2024) WIB.

Penemuan ini bermula dari ditemukannya hot spot yang dilakukan oleh drone Turki bernama Bayraktar Akinci.

Pencarian helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi mengalami kesulitan. Tim penyelamat harus menghadapi hawa dingin di tengah hutan.

Namun pencarian menjadi lebih mudah berkat drone Turki Bayraktar Akinci.

Drone Bayraktar Akinci adalah yang pertama menemukan lokasi jatuhnya helikopter. Lokasi di puncak gunung, di tengah hutan. Sulit untuk menemukan tempat itu.

Drone Turki Bayraktar Akinci dikerahkan untuk mencari jatuhnya helikopter Bell 212 yang membawa presiden Iran di pegunungan wilayah perbatasan antara Iran dan Azerbaijan.

Pencarian yang dilakukan oleh drone Bayraktar Akinci mengidentifikasi sumber panas yang berasal dari sisa-sisa helikopter.

Sehingga berkat aksi pesawat tak berawak tersebut memudahkan proses pencarian yang dilakukan tim penyelamat.

Salah satu drone dikatakan telah membantu menemukan lokasi jatuhnya Bell 212 yang naas, yang menewaskan Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian.

Misi ini akan berlangsung selama 7 jam. Setelah menyelesaikan pencarian, drone tersebut menggambar logo bulan sabit dan bintang di akhir misinya sebelum menghilang dari radar.

Cuplikan video dan foto penemuan tersebut diunggah Anadolu Agency di X. Akinci atau Spesifikasi Akinji

Bayraktar Akinci milik Turki merupakan drone militer dengan spesifikasi canggih yang memungkinkannya digunakan untuk mencari pesawat yang jatuh dan misi sulit lainnya, termasuk mencari puing-puing pesawat.

Drone Bayraktar Akinci adalah drone tempur ketinggian tinggi dan tahan lama yang dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Turki, Bikar.

Pesawat ini masuk dalam perlengkapan militer Turki pada 29 Agustus 2021.

Berat pesawat lebih dari 5.500 kg. Ini didukung oleh dua mesin turboshaft. Muatannya lebih dari 1.350 kg.

Mampu melakukan pertempuran udara-ke-udara, Akinji dilengkapi dengan sistem dukungan dan serangan balik elektronik yang dilengkapi dengan sistem komunikasi satelit ganda, radar udara-ke-udara, dan radar anti-tabrakan.

Akinji mencakup 3 model, Akinji A, Akinji B dan Akinji C, tergantung mesinnya. Operasi Pengembangan

Gambar pertama pesawat Akinji muncul pada Juni 2018. Perakitan pesawat model dimulai pada Agustus 2019 dan dilengkapi mesin AI-450C.

Uji coba pertama mesin Akinci dilakukan pada 1 September 2019. Setelah uji teknis lebih lanjut, pesawat dipindahkan ke fasilitas Komando Bandara Çorlu Angkatan Bersenjata Turki.

Pada 6 Desember 2019, drone tersebut melakukan penerbangan perdananya dan berhasil mendarat setelah uji terbang selama 16 menit.

Pesawat ini melakukan uji tembak perdana dengan amunisi aktif pada 22 April 2021.

Pesawat ini secara akurat mengenai sasaran menggunakan amunisi MAM-T, MAM-L dan MAM-C yang diproduksi oleh Roketsan.

Pada tanggal 6 dan 7 Juli 2021, Akinji mencapai ketinggian 38.039 kaki (11.594 meter) dan menempuh total jarak 7.507 kilometer dalam uji terbang selama 25 jam. Pada tanggal 2 Maret 2022, pesawat Akinci B yang diupgrade melakukan penerbangan pertamanya. Model ini menggunakan mesin PT6A-135A dari Pratt & Whitney Kanada. Berasal dari bahasa Turki

Kata “Akanji” berasal dari bahasa Turki, nama yang diberikan kepada kavaleri perbatasan di bawah Kesultanan Ottoman, untuk melancarkan serangan terhadap negara musuh. Kata Bayraktar berasal dari nama keluarga Selcuk Bayraktar, penemu parade Turki. Bayraktar Akıncı

Peran kendaraan udara tempur tak berawak

Asal kebangsaan Turki

Produsen Baykar

Pencipta Baykar

Penerbangan pertama pada 6 Desember 2019

Presentasi 29 Agustus 2021

Status Dalam layanan

Pengguna utama:

Angkatan Bersenjata Turki

Angkatan Udara Pakistan

Angkatan Udara Libya

Angkatan Udara Ethiopia

Angkatan Udara Azerbaijan

Produk dari tahun 2019 hingga sekarang

Lebih dari 60 contoh dibuat. Saat ditemukan, helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam kondisi hancur

Helikopter jatuh yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi telah ditemukan, kata Bulan Sabit Merah Iran.

Presiden Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran (IRCS) membenarkan bahwa tim penyelamat dan pencarian telah mengidentifikasi jatuhnya helikopter Presiden Ebrahim Raisi dan sekarang sedang dalam perjalanan ke tempat kejadian.

Berbicara kepada media Iran pada Senin pagi, Pir-Hossein Kolivand tidak memberikan rincian lebih lanjut namun mengatakan “situasinya tidak baik”.

Sebelumnya, Markas Besar Manajemen Darurat Nasional Bulan Sabit Merah mengumumkan bahwa tim penyelamatnya telah pindah ke 2 titik panas yang diidentifikasi oleh drone Turki.

“Tim penyelamat Bulan Sabit Merah sedang menuju ke lokasi pendaratan helikopter,” katanya.

Kendaraan udara tak berawak berdurasi panjang Turki bernama Akinji mendeteksi titik panas yang mungkin menjadi lokasi jatuhnya helikopter.

Seorang komandan Korps Garda Revolusi Iran membenarkan bahwa sumber panas yang terdeteksi diyakini berasal dari puing-puing helikopter.

Sumber di lapangan juga mengumumkan bahwa koordinat geografis pasti dari helikopter yang membawa Presiden Raïssi telah ditentukan oleh pengawasan udara di wilayah tersebut.

Meskipun kondisi cuaca buruk, tim penyelamat berusaha mencari sepanjang hari untuk mencari lokasi hilangnya helikopter yang membawa presiden Iran dan delegasinya di barat laut negara itu.

Tim penyelamat, termasuk dari angkatan bersenjata, menyisir daerah berbatu dan pegunungan dekat kota Varzaqan di provinsi timur Azerbaijan, meskipun cuaca berkabut dan hujan.

Sebelumnya, Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran (IRCS) mengatakan telah mengirimkan lebih banyak tim untuk membantu menemukan lokasi jatuhnya pesawat.

“46 tim tanggap cepat dan penyelamatan dari provinsi Azerbaijan Timur, Teheran, Alborz, Ardabil, Zanjan dan Azerbaijan Barat telah dikerahkan untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan.”

Presiden Raisi sedang kembali bersama Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian dan beberapa orang lainnya dari upacara peresmian bendungan di perbatasan Iran dengan Republik Azerbaijan ketika helikopternya jatuh pada hari Minggu saat mendarat di wilayah Varzaqan.

(Sumber: Anadolu Ajansi, IRNA, NDTV, X, Instagram)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *