Cuaca Hari Ini – BMKG: Banten dan 26 Wilayah Potensi Hujan Deras pada 6 Juli 2024

TRIBUNNEWS.COM – Badan Meteorologi dan Geologi (BMKG) mengeluarkan peringatan cuaca buruk untuk hari ini, Sabtu (6/7/2024).

Hujan lebat diperkirakan terjadi di 27 wilayah di Indonesia yang berpotensi disertai angin kencang.

Siklon teramati di Selat Kermata dan Samudera Pasifik bagian timur Filipina membentuk pertemuan dan angin lambat yang bergerak dari Laut Jawa hingga Sabuk Bangka dari Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, hingga Kalimantan Barat. Dari Kalimantan hingga Kalimantan Tengah dan dari Filipina hingga Samudera Pasifik bagian timur.

Wilayah integrasi lainnya terbentang di sepanjang pantai barat Bengkulu, mulai dari perairan barat Bentin hingga barat daya Lampung, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat di Laut Banda, dan dari Papua hingga Papua Barat, serta Angin Sangum (segi empat). . Ke Laut Jawa dan Laut Filipina.

Kondisi ini dapat meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sekitar pinggiran siklon dan sepanjang daerah persimpangan/persimpangan.

Kecepatan angin meningkat hingga 25 knot di perairan barat dan selatan Jawa, Laut Banda, dan Laut Arafuro sehingga berpotensi meningkatkan tinggi gelombang di wilayah sekitar perairan tersebut.

Daerah yang berpotensi hujan lebat disertai angin sepoi-sepoi dan angin kencang: Ace Sumatra, Sungai Utara Kep. Riau Bengkulu Jambi Tanjung Sumatera Selatan. Bangka Belitung Lampung Banten Jawa Barat DKI Jakarta Jawa Tengah Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Utara Kalimantan Timur Sulawesi Utara Sulawesi Utara Gorantalo Sulawesi Tengah Sulawesi Barat Selatan Sulawesi Selatan Maluku Selatan Maluku Barat

Daerah yang berpotensi hujan disertai angin kencang dan angin kencang: Sumatera Barat, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan.

Daerah yang berpotensi terjadi angin kencang: Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur

(Tribunnews.com, Widya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *