Kuartal Pertama 2024, Investasi China di Indonesia 1,87 Miliar AS

Reporter Tribunnews.com Eko Sutriantho melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) Evita Sanda mengatakan China saat ini menjadi investor terbesar ketiga di Indonesia.

Pada konferensi pers:

Pada kuartal pertama tahun 2024, investasi Tiongkok akan mencapai $1,87 miliar, dan Hong Kong akan mencapai $1,89 miliar.

Budi Hansia, Atase Niaga KBRI Beijing, mengatakan data GACC menunjukkan pada tahun 2023, nilai perdagangan Indonesia dan Tiongkok sebesar 139,41 miliar dolar AS, Indonesia mengimpor 74,21 miliar dolar AS, dan Indonesia mengimpor 65,2 miliar dolar AS. dolar ke Tiongkok.

Pada triwulan I tahun 2024, berdasarkan data yang sama, nilai perdagangan Indonesia mencapai 33,57 miliar dolar AS, dengan ekspor sebesar 16,94 miliar dolar AS dan impor sebesar 16,61 miliar dolar AS.

Tutuk S., Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Beijing. Cahyono mengatakan Indonesia memiliki landasan ekonomi dan keuangan di saat dunia sedang penuh ketidakpastian.

Pada tahun 2023, perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 5,05%, dan pada triwulan I tahun 2024, secara y-o-y, perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 5,11%.

Inflasi di Indonesia juga terkendali, rata-rata di bawah 3% pada tahun 2024, ujarnya.

Ia menambahkan, Indonesia juga memiliki neraca perdagangan yang baik, sehingga rupiah mampu menjaga kestabilan nilai tukar terhadap dolar.

Ketua Tim Imigrasi Herawan Sukoaji memperkenalkan kebijakan imigrasi visa terbaru dan menyambut wisatawan yang ingin berinvestasi, berbisnis atau bahkan menikmati hidup dalam persahabatan dan keindahan Indonesia untuk waktu yang lama tanpa jalan yang sulit dan sulit.

Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok dan Mongolia, Djokhari Oratmangun, mengatakan Tiongkok akan menjadi mitra penting dan penting bagi Indonesia untuk mempercepat pembangunan berkelanjutan dan komprehensif, termasuk mendukung Visi Emas Indonesia 2045.

Titik wisata

Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok dan Mongolia, Djokhari Oratmangun, mengapresiasi seluruh media yang telah memfasilitasi pembangunan Indonesia melalui situs Republik Rakyat Tiongkok.

Pada bulan Januari hingga April 2024, media Tiongkok memberikan kabar baik tentang Indonesia, seperti mempromosikan pariwisata Indonesia seperti Bali dan Bromo.

Hari ini, Dubes Djokhari mengumumkan bahwa Global Health Institute telah menobatkan Indonesia sebagai tujuan wisata tahun 2023.

Dubes Jahukhari mengajak wisatawan asal Tiongkok mengunjungi destinasi wisata seperti Yogyakarta, Solo, dan Bali untuk merasakan kesehatan dalam pengobatan herbal, aromaterapi, dan spa.

Selain itu, untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia di Tiongkok, telah didirikan Rumah Kebudayaan Indonesia di 25 institusi Tiongkok, termasuk Tianjin University yang diresmikan pada 10 Mei 2024.

Sementara itu, tim terlampir yang membidangi pendidikan menyampaikan bahwa untuk mempererat hubungan antar masyarakat, pemerintah Indonesia akan memberikan kesempatan kepada warga negara Tiongkok untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia melalui program beasiswa Dharmassiva yang disponsori oleh Kementerian Pendidikan. Pendidikan. Kementerian Kebudayaan dan Luar Negeri Indonesia.

Bahkan ia mempelajari kebudayaan Indonesia di sanggar seni yang tersebar di seluruh Indonesia bersama Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI).

Dubes Djaukhari dan Risnandar mengajak para jurnalis Tiongkok untuk bermain anglong dan menyanyikan Ayo Maman, lagu Maluku yang populer di Tiongkok.

Dalam kesempatan tersebut, para jurnalis Tiongkok disuguhi makanan khas Indonesia seperti sayur asem, rendang, gado-gado, dan ayam lengkuas goreng, serta diiringi tari pandet dan jhanger, musik gamelan, dan anglong.

Catatan: Baru-baru ini menghadiri konferensi pers tentang modernitas Indonesia di Heritage Roman Restaurant di Beijing yang diadakan oleh KBRI China.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *