Daftar Tim Lolos 16 Besar Euro 2024: Spanyol Susul Jerman, Harry Kane Jaga Harapan Inggris

TRIBUNNEWS.COM – Update daftar tim yang lolos ke babak 16 Euro 2024 per Jumat pagi (21/06/2024) WIB, disusul Jerman oleh timnas Spanyol. Inggris gagal lolos ke babak gugur setelah ditahan imbang Denmark.

Ada tiga pertandingan yang dijalani di hari kedua penyisihan grup Euro 2024, antara lain hasil imbang Denmark melawan Inggris, hasil imbang Slovenia 1-1 dalam laga penuh drama, dan terakhir kemenangan Spanyol atas Italia.

Dari tiga laga tersebut, hanya Timnas Spanyol yang nyaris lolos ke babak 16 besar. 

La Furia Roja, julukan asal Spanyol, mengalahkan Italia 1-0 di Veltins Arena Jerman. Gol bunuh diri Riccardo Calafiori (55′) memaksa Italia menerima kenyataan pahit. Striker Spanyol #19 Lamine Yamal (tengah) berebut bola dengan gelandang Italia #08 Jorginho (kanan) selama pertandingan sepak bola Grup B UEFA Euro 2024 antara Spanyol dan Italia di Arena AufSchalke di Gelsenkirchen pada 20 Juni 2024. (KENZO TRIBOUILLARD/ AFP)

Dengan hasil ini, Timnas Spanyol menempati posisi pertama klasemen Grup B. Mereka mencatatkan 6 poin, disusul Italia (3), Albania (1), dan Kroasia (1).

Berdasarkan perolehan poin dan sisa satu pertandingan di babak penyisihan grup, mustahil Spanyol tersingkir dari dua besar. Oleh karena itu, Lamine Yamal pasti mengikuti Jerman untuk menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar.

Jerman yang tergabung di Grup A bersama Skotlandia, Swiss, dan Hongaria mencatatkan enam poin dari laga pertama penyisihan grup.

Sayangnya, prestasi positif kedua tim tak bisa dilanjutkan oleh timnas Inggris untuk meraih gelar calon Euro 2024.

The Three Lions yang dijuluki Inggris harus menerima kenyataan bahwa mereka tidak bisa dijamin lolos ke babak final.

Dalam laga tandang di Deutsche Bank Park, Denmark mengalahkan timnas Inggris 1-1.

Harry Kane membawa The Three Lions unggul pada menit ke-18. Namun tak berselang lama, hanya berselang 34 menit, tim Denmark Dinamit berhasil menyamakan kedudukan.

Morten Hjulmand berhasil mencetak gol untuk The Three Lions asuhan Jordan Pickford.

Dengan hasil ini, belum bisa dipastikan Inggris akan melaju ke babak 16 besar. Namun berdasarkan klasemen, tim besutan Gareth Southgate menjadi tim dengan poin terbanyak di Grup C.

Timnas Inggris berada di peringkat pertama dengan raihan 4 poin, disusul Denmark (2), Slovenia (2), dan Serbia (1).

Saat ini, Timnas Inggris hanya tinggal bermain imbang di hari terakhir penyisihan grup C melawan Slovenia.

Jadi, finalis Euro 2020 itu mendapat 5 poin dan dipastikan lolos ke 16 besar. Baik itu status juara grup maupun runner-up.

Meski harus menderita kekalahan, masih ada harapan untuk melaju ke babak selanjutnya. Artinya Inggris akan bersaing di posisi tiga besar dengan empat poin.

Namun, untuk menghindari kemungkinan terburuk, kemenangan atas Slovenia pada laga yang dijadwalkan Rabu 26 Juni nanti merupakan hasil yang tepat bagi Inggris. Daftar tim yang lolos ke babak 16 besar Euro 2024

1. Jerman (Grup A)

2. Italia (Grup B)

(Tribunnews.com/Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *