Gempa 6,2 M Guncang Sinabang Aceh Utara, Mensos Risma: Belum Ada Laporan Kerusakan

Reporter Tribunnews.com, Fahdi Fahlev melaporkan.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter melanda Kota Aceh. Selasa 28 Mei Berguncang pada pukul 18:52 WIB tahun 2024.

Menteri Sosial Trissamaharini mengatakan belum ada laporan kerusakan di wilayah Sinabang sejak gempa terjadi.

Menurut Risma, hal ini karena pusat gempa terjadi di laut.

“TIDAK, Itu belum terjadi, amit-amit. TIDAK Bagus, Itu tidak disebut laut; Efeknya tidak terlalu besar. Ya, Saya tidak bilang dampaknya 12 kilo. Ketika Anda sampai di darat, siapa nama Anda? Dampaknya sangat besar.” Kantor Kabupaten Aceh Utara, Lhoksukon, Risma asal Aceh mengatakan, Selasa (28/6/2024).

Risma mengungkapkan Kementerian Sosial memiliki alat yang bisa digunakan untuk memantau dampak bencana alam. Hingga saat ini, Risma mengaku masih terus memantau lokasi bencana.

“Jadi sekarang kita punya alatnya. Begini. Kita punya petanya, jadi lokasinya di laut. Karena lokasinya di laut, maka di laut tidak akan terjadi apa-apa karena itu kehendak Tuhan,” kata Risma.

Ia mengungkapkan, ada anggota Tagana di kawasan Sinabang. Sampai sekarang, Risma mengaku belum mendapat laporan mengenai gempa tersebut.

“Semuanya (Tagana) ada, jadi segera ada pengumumannya. Saya akhirnya baca setengah jam kemudian, tapi kalau tidak ada, tidak terasa, jangan diberi tahu. Tidak ada (kerusakan) ,” pungkas Risma.

Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter melanda Sinabang, provinsi Aceh pada hari Selasa. 28 Mei 2024 pukul 18.52 WIB diberitakan berguncang.

Cuaca, Berdasarkan laman resmi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada kedalaman 12 km antara 2,76 derajat LU dan 95,41 derajat BT.

Pusat gempa berada 111 km lepas pantai barat laut Sinabang. Tidak ada bahaya tsunami, kata BMKG dalam keterangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *