Bacaan Doa Akhir Tahun, Dibaca 3 Kali Setelah Ashar hingga Sebelum Maghrib pada Sabtu, 6 Juli 2024

TRIBUNNEWS.COM – Inilah doa akhir tahun dengan tulisan arab, pengucapan latin, dan artinya.

Sholat akhir tahun dibacakan sebanyak tiga kali setelah salat Ashar hingga sebelum salat Maghrib pada hari Sabtu, 6 Juli 2024.

Umat ​​Islam akan merayakan acara khusus yaitu Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1446 H yang jatuh pada hari Minggu, 7 Juli 2024.

Oleh karena itu Sabtu 6 Juli 2024 merupakan akhir tahun Hijriah 1445 H.

Sebelum awal tahun, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa akhir tahun. Doa Akhir Tahun

Inilah doa akhir tahun dengan lafal dan makna latin, diambil dari mui.id: الللّهم ما عملت في هذا السنة مم نهتني عنه وست. لم تنسه dan حلمت على على قدرتك علي عقوبتي dan دوافتني علي. Attaba setelah malam bersamamu untuk mereka, Aku akan memalingkanmu darimu, dan perbuatanmu, dan perbuatanmu, dan perbuatanmu, dan perbuatanmu, dan perbuatanmu, dan perbuatanmu, dan perbuatanmu, dan perbuatanmu, dan perbuatanmu, dan perbuatanmu, dan perbuatanmu, dan perbuatanmu. الميله مً ولا له وسبه لم Terjemahan Latin: Allahumma maa’ amiltu fi haadzhis-sanati. mimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam taresu wa halamta’alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubatii wa da’autanii ilat taubati ba’da jur-atii alaa ma’syiyatika, Allahumma fa inni astaglifiiruka ma mi fag fiidhahaahu wa ‘adtanitsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal judi wal karami an tataqbbalahu minnii wa laa taqtha’ rajaaii minka yaa kariim. wa Shallallahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘alihii wa sahbihii wa sallam.

Artinya: Ya Allah, segala yang aku kerjakan tahun ini adalah dari apa yang Engkau izinkan, aku belum bertaubat, padahal Engkau tidak lupa dan bersabar, Sesungguhnya Engkaulah yang menghukumku, dan Engkau Maha Kuasa. Dia memintaku untuk bertobat setelah dosaku, maka Tuhan, aku memohon ampun dan memberiku ampunan dan rahmat. Segala yang telah aku lakukan tahun ini, berupa amalan yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan pahalanya, aku mohon kepadaMu, Engkau Maha Penyayang. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan keberkahan kepada junjungan kita Muhammad, Nabi Ummi beserta keluarga dan sahabatnya.

Doa akhir tahun di atas merupakan doa yang populer di Indonesia. Doa Akhir Tahun ada dalam Kitab Al Jami’ Al Kabir karya Imam As-Suyuthi.

Sholawat akhir tahun dilanjutkan dengan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW dalam kaidah sholawat oleh Habib (Sayyid) Utsman bin Yahya.

Beliau adalah Mufti Batavia yang lahir pada tahun 1822 dan meninggal pada tahun 1914.

Doa di penghujung tahun dibacakan agar segala kesalahan dan dosa kita selama tahun ini diampuni oleh Allah swt.

Masih dari i.or.id, beberapa jam menjelang Maghrib juga merupakan waktu terbaik untuk meditasi akhir tahun.

Meditasi adalah waktu untuk mengingat hal-hal rohani yang belum Anda lakukan dan dosa-dosa yang masih Anda lakukan.

Meditasi akan lebih bermakna jika diiringi dengan doa sebagai wujud permohonan kepada Allah SWT.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *