Kenali Fungsi dan Tips Pilih Oli Motor Matic Agar Tenaga Tetap Kencang

Laporan reporter Lita Febriani dari Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM – Penjualan sepeda motor matic atau skutik di Indonesia lebih mendominasi dibandingkan tipe lainnya. Banyak orang yang menggunakan sepeda motor jenis ini untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Berkat desainnya yang bervariasi dan akselerasi taktis yang gesit, sepeda motor matic juga relatif mudah perawatannya.

Namun dibalik tindakan gesit tersebut terdapat komponen penting yang sering terabaikan, yaitu oli.

Minyak memegang peranan penting dalam kendaraan. Fungsinya untuk melumasi mesin, memastikan seluruh komponen bergerak dengan lancar dan melindunginya dari keausan. Kelalaian dalam melakukan penggantian secara berkala dapat mempengaruhi performa dan umur panjang sepeda motor.

Kolumnis otomotif Yannes Martinus Pasaribu dari Institut Teknologi Bandung (ITB) menjelaskan, sepeda motor matic sendiri membutuhkan dua jenis oli yang berbeda, yaitu oli mesin dan oli transmisi, dimana oli mesin diganti secara berkala setiap 2.000 -3.000 km. oli transmisi 8000-10000 km.

“Untuk oli mesin sepeda motor matic ringan biasanya digunakan tingkat kekentalan yang memenuhi rekomendasi pabrikan, antara 10W-30 hingga 10W-40. Sedangkan untuk penggunaan ekstrim sebaiknya menggunakan oli dengan kekentalan lebih tinggi, misalnya 15W-40 atau 20W-50, untuk memberikan perlindungan tambahan pada mesin,” jelas Yannes, Selasa (4/7/2024).

Penggantian secara teratur diperlukan karena oli, yang tadinya bening dan kental, mulai kehilangan kemampuan melumasinya. Sedangkan komponen mesin terus mengalami gesekan.

Yang lebih memprihatinkan lagi, oli yang sudah tua dan kotor dapat menumpuk endapan dan menyumbat saluran oli, sehingga menghambat sirkulasi dan mengganggu kinerja mesin.

Belum lagi, pelumasan yang kurang optimal dapat menyebabkan kerusakan serius pada komponen penting mesin seperti piston, bearing, dan camshaft.

Tanpa perawatan rutin, komponen tersebut mudah rapuh dan rusak.

Mengganti oli secara rutin akan meningkatkan performa mesin. Oli baru akan membuat mesin lebih halus dan bertenaga. Ini juga mencegah kerusakan mesin.

Selain itu, penggantian oli secara rutin juga dapat menghemat biaya perawatan dan menjaga nilai jual kembali sepeda motor. Sepeda motor matic dengan kondisi mesin yang terawat akan memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi.

Yannes berpendapat bahwa oli mesin otomotif yang baik biasanya mengandung beberapa komponen utama, seperti bahan aditif seperti deterjen untuk membersihkan kotoran dan kotoran pada komponen mesin, dispersan untuk mencegah kotoran oli menempel pada komponen mesin, dan antioksidan. untuk melindungi oli dari oksidasi yang dapat merusak mesin.

Selain itu, juga memiliki anti-wear untuk mengurangi keausan komponen mesin, pengubah gesekan untuk mengurangi gesekan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan peningkat indeks viskositas untuk menjaga kestabilan kekentalan oli pada temperatur yang berbeda, ujarnya.

Oleh karena itu, pemilihan oli motor matic yang tepat dan berkualitas menjadi kunci utama performa dan umur panjang motor matic Anda. Berikut 5 rekomendasi oli motor matic terbaik agar motor Anda tetap kencang.

1. Pelumas PTT Challenger Scooter 10W-30

Spesifikasi: API SL, JASO MBU: Dilengkapi dengan teknologi aditif molibdenum untuk mengurangi gesekan mesin, meningkatkan kecepatan dan efisiensi bahan bakar. Kisaran harga: Rp 58.000 per liter

2. Shell Advance AX7 Matic 10W-40 Spesifikasi : API SN, JASO MBU Kegunaan : Memberikan perlindungan tinggi terhadap keausan mesin, menjaga mesin tetap bersih dan mengoptimalkan kinerja dalam berbagai kondisi

3. Castrol Power1 Scooter 10W-40 Spesifikasi: API SN, JASO MBU: Memberikan pelumasan mesin yang optimal dan kelancaran pengoperasian Kisaran Harga: Rp 55.000 per liter

4. Motul Scooter LE 4T 10W-30 Spesifikasi: API SN, JASO MBU: Dengan teknologi Low Emission (LE) dan diformulasikan dengan teknologi HC-Tech, mampu menurunkan emisi namun tetap menjaga performa mesin: Rp 65.000 per liter

5. Yamalube Super Matic 10W-40 Spesifikasi : API SN, JASO MBU : Mengandung molybdenum yang memberikan tingkat gesekan sangat rendah untuk performa mesin sepeda motor yang optimal. Kisaran harga: Rp 74.000 per liter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *