Idul Adha 2024, Mendag Zulkifli Hasan Minta Masyarakat Lakukan Kurban di Rumah Potong Hewan

Wartawan TribuneNews24.com Andrapta Pramudhiaz melaporkan

TribuneNews.com, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hassan meminta bagi yang hendak berkurban pada perayaan Idul Adha 2024 agar meninggalkannya di rumah potong hewan (RPH).

Hal itu disampaikannya saat mengunjungi RPH Siroyam di Bandung untuk memastikan persiapan penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha.

“Kami menyaksikan langsung persiapan rumah potong hewan yang akan menyembelih hewan kurban,” kata Julhas, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis, Minggu (16/4/2024).

Menurut pria yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini, pemotongan hewan di rumah potong hewan dilakukan dengan sangat profesional, melalui proses yang menjamin kesehatan dan kebersihan.

Sehingga dia meminta masyarakat tetap melanjutkan proses penyembelihan hewan kurbannya di rumah potong hewan.

“Sebelumnya harus dipotong lebih dari 100 ekor sapi, besok akan ditambah lagi. Pemotongan di RPH sangat profesional, dengan proses pre-event dan post-mortem,” kata Julhas.

Oleh karena itu, kami mohon agar mereka yang hendak berkurban segera dibawa ke rumah potong hewan, lanjutnya.

Ciroyom RPH merupakan rumah potong hewan yang berafiliasi dengan Dinas Pertanian dan Keamanan Pangan Kota Bandung dengan kapasitas pemotongan 30-40 ekor sapi per hari.

Kapasitas ini diharapkan meningkat hingga 100 ekor per hari saat Idul Adha.

Sedangkan pemeliharaan sapi di RPH Siroyam tercatat sekitar 400 ekor jelang Iduladha. Dari jumlah tersebut, 300 ekor sapi lokal disiapkan untuk dipotong dan 100 ekor sapi impor untuk keperluan suplai.

Jenis sapi lokal terdiri dari sapi Limousin, Madura dan Frisian Holstein (FH), sedangkan sapi bakalan berasal dari Australia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *