PBB Dikecam Karena Tak Sertakan Perempuan dalam Perundingan dengan Taliban

Konferensi PBB di Doha, Qatar, yang dimulai pada Minggu (30/06/06), berfokus pada Afghanistan dan hubungan dengan pemerintahan Islam ekstremis Taliban.

Selain itu, dengan kehadiran perwakilan sekitar 30 negara dan organisasi internasional, konferensi ini berlangsung selama dua hari. Pembicaraan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan interaksi internasional dengan pemerintah Taliban, sebuah peluang bagi Afghanistan dan komunitas internasional untuk menemukan titik temu.

Sebelum berangkat ke Doha, ia menegaskan sejumlah persoalan internal Afghanistan tidak akan dibahas dalam delegasi ini. Mengapa aktivis hak asasi manusia mengkritik PBB?

Namun, kelompok hak asasi manusia mengkritik PBB karena tidak menyertakan perempuan Afghanistan dalam pembicaraan dengan Taliban di Doha.

Shabnam Salehi, mantan komisaris Komisi Hak Asasi Manusia Independen Afghanistan, berpendapat bahwa pertemuan ketiga di Doha tidak akan “meyakinkan” tanpa partisipasi perempuan Afghanistan. Ia menilai tindakan PBB terhadap Taliban adalah pendekatan yang “salah”.

Faizullah Jalal, seorang profesor di Universitas Kabul, mengkritik tidak diikutsertakannya perempuan dalam pertemuan ini. Ia menekankan: “Penghapusan perdebatan mengenai hak asasi manusia dan hak perempuan melemahkan kredibilitas PBB.”

Pandangan ini juga diamini oleh Tirana Hassan, direktur eksekutif Human Rights Watch. Dia memperingatkan bahwa tidak menyertakan perempuan “berisiko melegitimasi kesalahan Taliban dan merusak kredibilitas PBB sebagai pembela hak-hak perempuan dan keterlibatan yang berarti.”

Namun, DiCarlo dari PBB mengatakan pertemuan dua hari itu, yang dimulai pada hari Minggu, merupakan keterlibatan awal yang bertujuan untuk memulai proses langkah demi langkah dengan Taliban.

Dia menekankan bahwa tujuannya adalah untuk melihat Taliban “berdamai dengan dirinya sendiri dan negara-negara tetangganya dan mematuhi hukum internasional, Piagam PBB, dan hak asasi manusia.”

“Saya ingin tekankan: ini adalah sebuah proses. Kami menerima banyak kritik: mengapa tidak ada perempuan di meja perundingan? Mengapa tidak ada perempuan Afghanistan di meja perundingan? Mengapa masyarakat sipil ada di meja perundingan? .bahwa TIDAK itu adalah dialog intra-Afghanistan.

“Saya harap kita bisa mencapainya suatu hari nanti, tapi nyatanya tidak.”

Setelah mendapat banyak kritik, PBB memutuskan untuk mengadakan pertemuan terpisah dengan masyarakat sipil Afghanistan di Doha.

Taliban telah menyingkirkan perempuan dari hampir semua kehidupan publik

Sejak Taliban mengambil alih kekuasaan, mereka telah membalikkan kemajuan yang dicapai dalam dua dekade terakhir mengenai hak-hak perempuan.

Mereka mendorong perempuan dan anak perempuan dari hampir semua lapisan masyarakat.

Anak perempuan dilarang bersekolah setelah kelas enam, dan perempuan dilarang bekerja di sektor publik dan organisasi non-pemerintah. Mereka memerintahkan penutupan salon kecantikan dan melarang perempuan memasuki klub dan taman. Selain itu, perempuan tidak bisa meninggalkan rumah tanpa laki-laki.

Dalam keputusan yang dikeluarkan pada Mei 2022, perempuan juga disarankan mengenakan burqa panjang yang hanya memperlihatkan bagian mata.

Penindasan terhadap hak-hak perempuan berarti tidak ada negara yang mengakui Taliban seperti halnya pemerintah Afghanistan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menyatakan bahwa meskipun larangan terhadap pendidikan dan pekerjaan bagi perempuan masih berlaku, hampir tidak mungkin untuk mengakuinya. Hal ini tidak diakui oleh Taliban

Negara-negara di seluruh dunia telah mengkondisikan keterlibatan dengan Afghanistan dalam meningkatkan isu-isu seperti akses anak perempuan terhadap pendidikan, hak asasi manusia, dan pemerintahan inklusif oleh Taliban.

Namun, rezim militan sejauh ini tidak menunjukkan tanda-tanda akan mundur dari kebijakan garis kerasnya.

Pencapaian kemajuan yang berarti pada pertemuan puncak ini bergantung pada keterwakilan yang adil dan transparan dari semua kelompok terkait, termasuk perempuan, kata para aktivis.

Mereka juga menekankan agar komunitas internasional segera menangani pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Taliban.

Agnes Callamard, Sekretaris Jenderal Amnesty International, mengatakan tentang pertemuan Doha: “Marginalisasi perdebatan kritis hak asasi manusia tidak dapat diterima.”

Rina Amiri, Perwakilan Khusus AS untuk Hak Asasi Manusia dan Urusan Perempuan di Afghanistan, menulis di halaman sosial X: Mengatasi tantangan perdamaian, keamanan dan stabilitas memerlukan kehadiran perempuan Afghanistan dalam diskusi masa depan mengenai Afghanistan. Bagaimana situasi di Afganistan?

Sementara itu, situasi di Afghanistan masih memprihatinkan. Meskipun ketakutan awal akan meluasnya kekerasan telah mereda, negara ini menghadapi banyak tantangan, mulai dari perekonomian yang terhenti dan pendidikan yang terbatas hingga masalah hak asasi manusia dan populasi yang terpecah.

Perekonomian Afghanistan, yang sudah rapuh sebelum Taliban mengambil alih kekuasaan, terkena pukulan telak. Pembekuan rekening bank dan sanksi internasional, serta migrasi tenaga profesional terampil, menjerumuskan negara ini ke dalam resesi yang parah.

Kemiskinan meningkat dan upaya internasional untuk mendorong reformasi berdasarkan peningkatan hak asasi manusia hanya membuahkan hasil yang terbatas, terutama yang berkaitan dengan hak-hak perempuan.

Memberikan bantuan internasional masih memerlukan interaksi dengan Taliban, yang enggan dilakukan oleh sebagian besar organisasi dan pemerintah.

Meskipun Taliban tidak menunjukkan tanda-tanda mengubah cara mereka, konferensi PBB masih dapat menarik perhatian global terhadap krisis yang sedang berlangsung di Afghanistan.

(fr/sel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *