Dua Minggu Lagi Muncul Uang Baru Jepang, Masalah Mesin Vending Tidak Kompatibel

Melaporkan dari koresponden Tribunnews.com Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Uang kertas Jepang baru 5.000 yen dan 10.000 yen akan muncul dalam dua minggu.

Banyak yang menyambut, namun terutama pemilik toko dan pengusaha tidak sedikit yang khawatir karena banyak vending machine atau mesin kasir yang tidak kompatibel, nantinya akan banyak masalah bagi pengguna tersebut “Hanya satu dari dua mesin kasir yang sesuai dengan tagihan baru, dan biaya pertukaran ini totalnya 650.000 yen.

Yang lainnya sepertinya berharga sekitar 1 juta yen,” kata seorang pemilik toko yang mengandalkan mesin penjual otomatis untuk membeli tiket makan di restoran.

Eiichi Shibusawa, yang dikenal sebagai ‘bapak ekonomi Jepang modern’, akan menjadi ‘wajah’ uang kertas 10.000 yen mulai bulan Juli.

Acara peluncuran ini akan berlangsung seru di Kota Fukaya, Prefektur Saitama, kampung halaman Shibusawa.

“Pita peringatan 10.000 yen” Eiichi Shibusawa berkibar di jalan perbelanjaan. Stasiun JR Fukaya memiliki panel yang menghitung mundur waktu hingga uang kertas baru dikeluarkan, dan di stasiun pinggir jalan terdapat wajah Eiichi Shibusawa yang tercetak pada segala hal mulai dari permen hingga mug dan minuman beralkohol.

Fukaya, kampung halaman Eiichi Shibusawa, saat ini sedang bersemangat menerima uang kertas Jepang baru.

Meski demikian, sebagian kalangan menyayangkan penerbitan uang kertas baru sebagai hal yang “tidak sabar”.

Seorang wanita yang mengelola pompa bensin di Kota Fukaya, Inoue Shoji, berkata dengan gembira, “Ini adalah toko yang dijalankan oleh mendiang suami saya selama bertahun-tahun dengan tujuan menjadi toko termurah di Fukaya.”

Margin kotor bensin sangat kecil dan penjualan turun hingga sepersepuluh dari masa kejayaannya.

Dalam hal ini, mesin kasir perlu diperbarui karena adanya penerbitan uang kertas baru.

“Bahkan jika Anda menggunakan subsidi yang berbeda, Anda harus membayar 500.000 yen dari kantong Anda. Pada akhirnya, saya menyerah sambil menangis dan menangis. Dua puluh tahun yang lalu, ketika tagihan baru dikeluarkan, itu digantikan oleh mesin kasir medin secara gratis . Tapi sekarang harganya ratusan ribu yen.”

Pengecer itu patah hati karena biaya yang tiba-tiba dan sangat besar.

“Ketika RUU baru ini keluar, pikiran pertama saya adalah, ‘Ini akan menghabiskan banyak uang,’ tapi ini adalah kebijakan pemerintah dan jika Anda tidak mematuhinya, Anda tidak dapat melakukan bisnis, jadi Anda tidak punya pilihan selain untuk mengikutinya,” tegasnya lagi.

“Kalau harga bensin kita naikkan, kita akan langsung kehilangan pelanggan ke toko lain, jadi kita tidak bisa menaikkan harganya sekarang,” lanjutnya.

Sedangkan UKM Handicrafts dan peminat Jepang yang ingin berpameran di Tokyo dapat bergabung di grup WhatsApp Japan Lovers secara gratis dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Japan Lovers. Tuliskan nama, alamat dan nomor WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *