Aksi Protes terhadap Tesla Berakhir dengan Penangkapan di Jerman

Polisi di Brandenburg mengatakan mereka telah menangkap 23 aktivis dan mengajukan 76 tuntutan terhadap pembuat mobil listrik Tesla selama beberapa hari terakhir.

Para aktivis telah melakukan protes sejak Rabu (08/05) terhadap perluasan pabrik Tesla di Grünheid, sebuah kota di luar ibu kota Jerman, Berlin.

Mereka menyatakan keprihatinannya bahwa perluasan pabrik mungkin mempunyai dampak terhadap lingkungan karena pabrik tersebut digunakan dalam pembangunan hutan.

Para aktivis juga memprotes penggunaan pasokan air publik dalam skala besar oleh pabrik-pabrik untuk produksi.

Beberapa fasilitas pabrik Tesla, yang mempekerjakan sekitar 12.000 orang, terletak di dekat perairan yang dilindungi.

Tesla membantah bahwa perluasan pabriknya menimbulkan ancaman lingkungan. Dua tahun lalu, pendiri dan CEO Tesla, Elon Musk, sambil bercanda mengatakan bahwa “air ada di mana-mana”, dan menepis kekhawatiran tentang penggunaan air oleh perusahaannya dan dampaknya terhadap permukaan air setempat. Polisi: 18 tindakan, 23 penangkapan, 76 dakwaan

Dalam sebuah pernyataan, Polisi Brandenburg mengumumkan bahwa dalam 18 tindakan berbeda dari 8 Mei hingga 12 Mei, polisi mencatat 76 pengaduan, dan 23 orang ditangkap sementara.

Menurut polisi, para pengunjuk rasa dituduh melanggar undang-undang tentang hak berkumpul, menghalangi pergerakan, menolak penangkapan, mengganggu ketenangan dan merusak properti.

Sebelumnya, rencana protes di jembatan layang dibatalkan karena masalah keselamatan publik.

Pada Minggu (05/12), lima orang dibebaskan dari tahanan setelah dihadirkan di hadapan hakim setempat. Kamp protes yang berada di hutan dekat pabrik juga dibongkar pada Minggu (05/12).

Polisi di Brandenburg, yang didukung oleh unit kepolisian negara bagian dari seluruh Jerman, mengatakan pada hari Sabtu (11/05) 1.500 petugas telah dikerahkan di luar pabrik untuk menangani lebih dari 1.000 pengunjuk rasa.

Beberapa penangkapan sebelumnya dilakukan pada Jumat (10/05), ketika polisi bentrok dengan pengunjuk rasa yang berusaha menyerbu fasilitas Tesla. Kapolri: Hak untuk melakukan protes berakhir ketika petugas diserang dan harta benda dirusak

Kepala Polisi Brandenburg Oliver Stepian berterima kasih kepada petugas pada Minggu (12/05) atas apa yang disebutnya sebagai “operasi yang rumit dan menantang”.

Stepian menekankan perlunya melindungi hak untuk melakukan protes secara damai, namun mencatat bahwa hak ini berakhir ketika petugas diserang dan properti dirusak dengan sengaja.

Ia juga mendoakan kesembuhan 27 petugas yang mengalami luka-luka saat menjalankan tugas.

Kamis (16/05) mendatang, pengurus tiga kelompok yang memimpin gerakan tersebut menyatakan akan mengikuti rapat balai kota yang digelar guna mengkaji izin perluasan areal pabrik.

Ketika ditanya apa yang akan terjadi jika perluasan tersebut dibiarkan terus berlanjut, para pengunjuk rasa mengatakan “kami akan kembali”.

Kp/gtp (dpa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *