Bagaimana Uang Berputar dalam Piala Eropa 2024?

Polarisasi memecah belah negara ketika, pada 22 Maret, federasi sepak bola Jerman, DFB, mengumumkan berakhirnya kemitraan selama 70 tahun dengan produsen peralatan olahraga Adidas.

DFB mengklaim bahwa perusahaan yang berbasis di Jerman selatan itu kalah dalam tawaran dari rivalnya di Amerika, Nike, yang berjanji akan menggandakan keuntungan.

Adalah Adolf Dassler, salah satu pendiri Adidas, yang pertama kali mengembangkan sepatu sepak bola dengan bola yang dapat diganti-ganti untuk tim nasional Jerman, yang kemudian memenangkan Piala Dunia 1954.

Inovasi ini memungkinkan para pemain Jerman untuk berpindah pool di tengah-tengah final yang berantakan dan berantakan melawan tim yang sangat diunggulkan Hongaria.

Sejak itu, hubungan antara DFB dan Adidas telah menjadi semacam sinergi, dan “bagian dari identitas Jerman,” kata Menteri Ekonomi Robert Habeck tentang pemutusan hubungan kerja: “Dalam hal ini, saya berharap patriotisme ekonomi terhadap Jerman merekrut Pemain baru .

Kejutan kedua datang beberapa pekan kemudian, ketika pabrikan otomotif asal China, BYD, diumumkan sebagai sponsor utama Piala Eropa 2024 di Jerman. Situasi serupa terjadi pada Piala Dunia 2006, ketika pabrikan Korea Selatan Hyundai menjadi sponsor pertama.

DFB dan Federasi Sepak Bola Eropa, UEFA, menolak membeberkan alasan pemilihan sponsor tersebut.

DW, otoritas yang berbasis di Nyon, Swiss, baru saja memposting daftar tugas masing-masing sponsor. Adidas menyediakan sepak bola dan peralatan resmi, Atos menyediakan infrastruktur, BYD menyediakan “armada mobil listrik”, bersama dengan AS. Jerman.

Sebuah survei yang dilakukan pada bulan Juni oleh Universitas Hohenheim yang dipimpin oleh Profesor Markus Voet menemukan bahwa meskipun 56 persen konsumen Jerman mengenal Adidas, sponsor Piala Eropa lainnya tidak begitu dikenal.

“Jauh di belakang adalah perusahaan seperti Betano dan Atos, yang masing-masing memiliki kepemilikan tiga persen, yang bertindak sebagai sponsor resmi Piala Eropa, namun hanya dikenal oleh segelintir orang Jerman,” ujarnya.

Namun, Profesor Henning Vöpel, direktur Pusat Studi Kebijakan Eropa, menganggap tuntutan agar perusahaan Jerman mensponsori turnamen di dalam negeri sebagai tindakan yang “tidak masuk akal”.

“Pasar barang konsumen sebagian besar merupakan pasar global dan sepak bola memiliki jangkauan global, terutama dalam acara-acara besar seperti Piala Eropa. Sangat jelas bahwa sponsor juga beroperasi secara global. Globalisasi ekonomi dan komersialisasi sepak bola berjalan beriringan. “, dia berkata

Vöpel, tentang proses pemilihan sponsor, mengatakan, “Essen UEFA memutuskan dua kriteria. Siapa yang menawarkan paling banyak? Dan siapa yang menarik secara strategis?, katanya.

Menurutnya, tak heran jika lima sponsor Piala Eropa 2024 bakal datang dari Tiongkok. “Mereka mempunyai minat terbesar dan oleh karena itu kesediaan membayar tertinggi untuk hak sponsorship.” Pikirkan tentang pergerakan pasar

“Mensponsori acara olahraga bukanlah tugas sehari-hari, namun merupakan investasi strategis,” kata Henning Vöpel. Sponsor sama sekali tidak berarti investasi itu akan langsung menghasilkan uang, tambahnya.

“Sponsor menjamin posisi pasar yang strategis, peningkatan popularitas merek, dan perhatian media.”

Perusahaan minuman atau perusahaan perlengkapan olah raga “sering kali berasal dari pasar oligopolistik. Ada insentif besar untuk berada di belakang pesaing global. Jadi, Anda benar-benar harus berada di sana. Tujuannya adalah untuk memenangkan persaingan.”

Industrialis Amerika Henry Ford pernah berkata bahwa 50 persen uang yang ia keluarkan untuk iklan terbuang percuma. Dia tidak tahu bagian mana. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Hohenheim menemukan hal serupa. Di sana, para ilmuwan berkata: “Apakah sponsorship benar-benar bermanfaat bagi perusahaan kini semakin dipertanyakan.”

Markus Voet, salah satu peneliti, sampai pada kesimpulan: “Efek pembelian langsung hampir tidak terlihat. Hanya dua belas persen orang yang disurvei, ketika mereka membeli produk atau layanan, terutama mencari merek sponsor Kejuaraan Eropa.”

Rzn/suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *