UEA, Mesir, Maroko Pertimbangkan untuk Ikut Bergabung Pasukan Penjaga Perdamaian Pascaperang Gaza

UEA, Mesir, Maroko Pertimbangkan Bergabung dengan Pasukan Gaza Pasca Perang, Inisiatif AS

TRIBUNNEWS.COM – UEA, Mesir, Maroko mempertimbangkan untuk bergabung dengan ‘kekuatan pasca perang’ di Gaza, laporan mengatakan mereka akan bergabung dengan pasukan penjaga perdamaian.

Inisiatif ini dipimpin oleh Gedung Putih untuk mencegah penempatan pasukan AS di Gaza setelah genosida Israel berakhir.

Pihak berwenang di UEA, Mesir dan Maroko sedang mempertimbangkan untuk bergabung dengan inisiatif yang dipimpin AS.

Menurut pejabat Barat dan Arab kepada Financial Times (FT), mereka akan membentuk “kekuatan perdamaian” di Gaza setelah perang genosida berakhir.

Seorang pejabat Barat yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada kantor berita Inggris: “Ada diskusi awal dengan tiga negara Arab, termasuk Mesir, Uni Emirat Arab dan Maroko, namun mereka ingin AS mengakui satu negara Palestina terlebih dahulu”.

Hambatan lain terhadap inisiatif Barat adalah kepentingan Arab yang bersikeras bahwa kekuasaan pascaperang “harus dipimpin oleh Amerika Serikat.”

Pejabat lain mengatakan: “[Washington] telah mencoba memberikan momentum pada kekuatan stabilisasi, namun kebijakan AS cukup tegas bahwa tidak akan ada pasukan AS di lapangan, sehingga sulit bagi mereka untuk berargumentasi bahwa negara-negara lain harus melakukan hal tersebut. itu.” diberi pengarahan tentang diskusi tersebut kepada FT, menekankan bahwa “mungkin ada cara lain untuk mencapai tujuan ini dan semua upaya harus dipimpin oleh AS”.

Pada akhir Maret, POLITICO melaporkan bahwa para pejabat AS telah melakukan “pembicaraan awal” dengan rekan-rekan Arab mereka mengenai pilihan untuk “menstabilkan Gaza setelah perang.”

Termasuk proposal kepada Pentagon untuk membantu mendanai “pasukan multinasional atau tim penjaga perdamaian Palestina.”

“Kami bekerja sama dengan mitra-mitra kami dalam berbagai skenario untuk pemerintahan sementara dan struktur keamanan di Gaza ketika krisis mereda… Kami melakukan sejumlah diskusi dengan Israel dan mitra-mitra kami mengenai elemen-elemen penting untuk hari berikutnya di Gaza, ketika krisis terjadi. Waktu yang sebenarnya akan segera tiba,” kata seorang pejabat senior Gedung Putih kepada outlet berita yang berbasis di D.C.

Laporan tersebut bertepatan dengan bocornya media Yahudi yang mengatakan Tel Aviv mendorong pembentukan pasukan penjaga perdamaian internasional untuk melindungi Jalur Gaza.

Yang secara khusus menyebut Uni Emirat Arab, Mesir dan “negara ketiga” yang juga menormalisasi hubungan dengan Israel.

Ketika didesak oleh FT untuk mendapatkan informasi terkini, juru bicara Departemen Luar Negeri AS membenarkan bahwa Washington sedang bernegosiasi dengan mitra regional mengenai masalah Gaza pasca-konflik, dan menekankan bahwa banyak pihak bersedia memainkan peran konstruktif jika kondisi memungkinkan.

“Lebih banyak negara harus bertindak untuk mendukung pemerintahan, keamanan dan upaya kemanusiaan di Gaza,” kata juru bicara tersebut. “Saya tidak akan mempromosikan diskusi diplomatik ini.”

Hambatan lain terhadap rencana Washington adalah pemerintah Israel, dimana Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menegaskan bahwa pasukan Tel Aviv mempertahankan kontrol keamanan jangka panjang atas wilayah tersebut.

“Israel menolak membicarakan masalah ini dengan siapa pun; itu adalah penolakan. Dan semua orang membicarakan satu sama lain,” kata pejabat Barat itu kepada FT.

“Negara-negara Arab mengatakan bahwa negara-negara Barat harus mengakui negara Palestina, namun sangat sedikit negara-negara besar di Barat yang benar-benar bersedia mengakui hal ini.”

Awal pekan ini, Menteri Luar Negeri UEA Sheikh Abdullah Bin Zayed Al Nahyan mengkritik Netanyahu karena mengatakan UEA dapat membantu pemerintahan masa depan setelah perang di Jalur Gaza.

Diplomat utama UEA mengatakan: “Uni Emirat Arab menekankan bahwa Perdana Menteri Israel tidak memiliki kapasitas hukum untuk mengambil langkah ini dan UEA menolak untuk berpartisipasi dalam rencana apa pun untuk menutupi kehadiran Israel di Jalur Gaza.” media sosial.

Mesir dan Maroko juga menolak membantu Israel mempertahankan kontrol keamanan di Gaza. AS mendorong negara-negara Arab untuk berpartisipasi

AS mendorong negara-negara Arab untuk bergabung dengan kekuatan multinasional setelah perang di Gaza

Pemerintahan Biden mendorong negara-negara Arab untuk bergabung dengan pasukan penjaga perdamaian yang akan dikerahkan di Gaza setelah perang berakhir, dengan harapan dapat mengisi kekosongan di Jalur Gaza sampai aparat keamanan Palestina yang dapat diandalkan terbentuk.

Amerika Serikat telah mendiskusikan rencana ini dengan negara-negara Arab.

Para pejabat Barat dan Arab mengatakan Mesir, Uni Emirat Arab, dan Maroko sedang mempertimbangkan inisiatif tersebut, namun Presiden Joe Biden tidak bersedia mengerahkan pasukan AS ke Gaza.

“Negara-negara Arab mengatakan mereka harus dipimpin oleh Amerika Serikat, sehingga Amerika Serikat berusaha menemukan cara untuk memimpin mereka tanpa harus turun ke lapangan,” kata seorang pejabat Barat.

“Tiga negara Arab telah melakukan diskusi awal, termasuk Mesir, Uni Emirat Arab, dan Maroko, namun mereka ingin AS mengakui negara Palestina terlebih dahulu.”

Negara-negara Arab lainnya, termasuk Arab Saudi, menolak gagasan pengerahan pasukan karena takut dianggap terlibat dengan Israel.

Mereka juga takut akan risiko terlibat dalam pemberontakan di Jalur Gaza, yang dikuasai Hamas sejak tahun 2007.

Namun mereka lebih terbuka terhadap gagasan pasukan internasional yang beroperasi di Gaza ketika negara-negara Barat dan Arab berjuang untuk menemukan alternatif yang layak dibandingkan pasukan Israel yang tersisa di sana.

Orang lain yang diberi penjelasan mengenai diskusi tersebut mengatakan bahwa Washington “berusaha membangun momentum untuk kekuatan stabilisasi, namun kebijakan AS cukup yakin bahwa tidak akan ada pasukan AS di lapangan, sehingga sulit untuk berargumentasi bahwa negara-negara lain tidak akan lebih baik. mati juga.” di sana.”

“Tetapi mungkin ada cara lain untuk mencapainya, dan semua upaya harus dipimpin oleh Amerika,” tambah orang tersebut. “Jalan masih panjang bagi pasukan Arab untuk mencapai stabilitas di Gaza.”

Juga tidak jelas apa yang ingin disetujui Israel, karena AS dan sekutunya merasa frustrasi dengan ketidakpastian mengenai niat Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk ikut serta dalam konflik tersebut.

Hal ini termasuk berapa lama Netanyahu berencana mempertahankan pasukannya di wilayah yang hancur; siapa yang akan menerima pemerintahan sayap kanan sebagai administrator; dan berapa lama serangan Israel akan berlanjut.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan kepada CBS’s Face the Nation pada hari Minggu bahwa Washington telah bekerja selama berminggu-minggu untuk mengembangkan rencana yang kredibel untuk keamanan, pemerintahan dan rekonstruksi dengan negara-negara Arab dan sekutu lainnya.

Namun dia menambahkan: “Kami belum melihat hal itu terjadi di Israel.”

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan Washington telah mengadakan negosiasi dengan mitra regional mengenai Gaza setelah konflik dan banyak pihak menyatakan kesiapan mereka untuk memainkan peran konstruktif jika kondisi memungkinkan.

“Lebih banyak negara harus bertindak untuk mendukung pemerintahan, keamanan dan upaya kemanusiaan di Gaza,” kata juru bicara tersebut.

“Saya tidak akan mempromosikan diskusi diplomatik ini.”

Netanyahu menekankan bahwa Israel akan menjaga keamanan bersama di wilayah tersebut, dan sangat menentang peran Otoritas Palestina yang didukung Barat dan Arab dalam mengelola wilayah tersebut.

Dia juga menolak segala upaya untuk mendirikan negara Palestina.

Beberapa pejabat Israel, seperti Menteri Pertahanan Yoav Gallant, telah menyatakan dukungannya terhadap gagasan kehadiran internasional di Gaza setelah perang.

Namun ketidakjelasan mengenai posisi Israel telah memperburuk ketidakpastian mengenai perencanaan pascaperang.

“Israel menolak berbicara dengan siapa pun mengenai hal ini, ini adalah sebuah penyangkalan. Dan semua orang membicarakan satu sama lain,” kata pejabat Barat itu.

“Negara-negara Arab mengatakan bahwa negara-negara Barat harus mengakui negara Palestina, namun sangat sedikit negara-negara besar di Barat yang benar-benar bersedia mengakui hal ini.”

Seorang pejabat Arab membenarkan bahwa AS telah mengemukakan gagasan pasukan penjaga perdamaian dengan mitra regionalnya, dan mengatakan ada juga perbedaan pendapat di antara negara-negara Arab mengenai rencana pasca-konflik.

Namun dia mengatakan masalah yang lebih besar adalah tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada hari berikutnya. Banyak infrastruktur telah hancur

Sejak Israel melancarkan serangannya ke Gaza, ketertiban sipil telah rusak di jalur yang terkepung dan sebagian besar infrastrukturnya telah hancur.

Ambisi Netanyahu adalah melenyapkan Hamas, dan Israel telah mengurangi kemampuan militernya secara signifikan.

Namun, Amerika Serikat dan negara-negara Arab telah memperingatkan Israel bahwa mereka tidak akan mampu menghancurkan kelompok militan ini, yang merupakan bagian dari tatanan sosial Palestina.

Negara-negara Arab menekankan bahwa untuk memastikan solusi berkelanjutan terhadap krisis ini, Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya harus menekan Israel untuk mengambil tindakan yang tidak dapat diubah menuju solusi dua negara. Konflik Israel-Palestina telah berlangsung selama beberapa dekade.

Sebagai bagian dari proses ini, mereka ingin Gaza diperintah oleh kepemimpinan reformasi Palestina yang memerintah wilayah tersebut, Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur.

Namun kelemahan dan kurangnya kredibilitas Otoritas Palestina, yang mengawasi sebagian wilayah Tepi Barat, telah mempersulit aspirasi ini.

Para pejabat Barat mengatakan PBB merekomendasikan agar pasukan polisi yang ada di Gaza tetap berada di sana untuk memberikan stabilitas, dengan potensi partisipasi pasukan keamanan Palestina sebagai lapisan kedua.

“Tetapi hal ini sangat sulit karena keterbatasan kemampuan dan memerlukan persetujuan dari Hamas. PA dapat mengirim pasukan dari Tepi Barat dari waktu ke waktu,” kata pejabat itu.

“Masalah lainnya adalah elemen internasional dari kekuatan yang tidak maju karena baik AS maupun Eropa tidak ingin mengerahkan pasukan mereka,” tambah mereka.

Netanyahu membuat marah negara-negara Arab dengan meminta mereka membantu pemerintah di Gaza.

Menteri Luar Negeri UEA Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan pekan lalu mengatakan bahwa Perdana Menteri Israel “tidak memiliki kapasitas hukum untuk mengambil langkah ini”.

Syekh Abdullah mengatakan UEA siap mendukung pemerintahan Palestina yang memenuhi harapan dan aspirasi rakyat Palestina, termasuk mencapai kemerdekaan.

Namun, dia menambahkan bahwa Uni Emirat Arab “menolak untuk berpartisipasi dalam rencana apa pun untuk menutupi kehadiran Israel di Jalur Gaza”.

(Sumber: Cradle, Financial Times)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *