5 Juta Anak Indonesia di 2026 Ditargetkan Bisa Tumbuh Kembang Maksimal

Laporan reporter Tribunnews.com Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sekitar 5 juta anak Indonesia pada tahun 2026 mengharapkan pertumbuhan dan perkembangan yang tinggi. Harapannya, mereka dapat memberikan dampak positif bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan di masa depan.

Hal ini bertepatan dengan perayaan 50 tahun ChildFund International di Indonesia bertema Impactful Collaborations di Jakarta pada Jumat (5-3-2024).

“Kami percaya bahwa kita semua memiliki tujuan yang sama untuk memastikan bahwa anak-anak mendapatkan haknya untuk menciptakan dunia di mana anak-anak mendapatkan haknya dan dapat mencapai potensinya,” kata Husnul Ma’ad, Country Director ChildFund International di Indonesia.

Acara ini merupakan kesempatan untuk memperkuat komitmen dan merayakan kolaborasi seluruh pihak yang telah membantu mendukung misi ChildFund.

“Melalui kisah-kisah ini, kami ingin mendorong dan menciptakan perubahan positif, memperkuat keyakinan kami terhadap potensi setiap anak dan keluarga yang kami layani. “Kami berharap dapat menggalang dan menggalang dukungan yang lebih besar dari seluruh lapisan masyarakat melalui kemitraan dan kolaborasi yang kuat,” jelasnya.

Kami merayakan setengah abad komitmen untuk mendukung anak-anak, orang tua, dan pemangku kepentingan dalam memajukan perubahan sosial.

Ia telah bekerja di lebih dari tiga belas negara bagian untuk mendukung anak-anak dan keluarga dalam berbagai situasi.

Saat ini wilayah operasi ChildFund International di Indonesia meliputi 32 kabupaten dan kota di 8 wilayah antara lain Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Nusa Tenggara Timur, dimana kami bekerjasama dengan 12 mitra dalam implementasinya. 

“Program kami telah memberikan hasil yang signifikan, memberikan manfaat bagi jutaan anak dan keluarga. Hanya dalam dua tahun, dari tahun 2022-2023, program kami telah menjangkau lebih dari 2,5 juta anak dan keluarga. Ini tidak ditambahkan ke media. menjangkau lebih dari lima juta orang,” kata Ma’ad.

Kisah perubahan yang menunjukkan anugerah tidak hanya kepada masyarakat, namun juga kepada lingkungan dan masyarakat, salah satunya adalah Kelompok Bermain Mutiara (KB) yang didirikan pada tahun 2008 oleh Yayasan Budi Asih, Sumatera Selatan. 

PAUD ini sejak awal didirikan untuk menunjang pendidikan anak-anak yang orang tuanya sebagian besar bekerja sebagai buruh dan tinggal di sawah atau di peternakan unggas. 

Lima belas tahun yang lalu, KB. Mutiara kini telah tumbuh mandiri dan telah melayani lebih dari 800 anak dan keluarga di masyarakat. 

Di tempat lain, Kabupaten Kupang, NTT, kisah Juan dan keluarganya juga menginspirasi. Saat ini Juan adalah anak yang bahagia dan sehat.

Namun sebelumnya ia mengalami gizi buruk. Saat ia berusia 2-3 tahun, berat badannya turun drastis.

Melalui bantuan dan peran serta orang tua Juan serta orang tua lain di desa tersebut, mereka memperoleh pengetahuan bagaimana memanfaatkan makanan yang ada disekitarnya dan mengolahnya menjadi makanan yang bergizi agar anaknya tumbuh dengan sehat.

Ma’ad mengatakan tujuan partainya adalah agar ChildFund International dapat menjangkau 100 juta anak dan anggota keluarga di seluruh dunia pada tahun 2030, sehingga mereka tumbuh sehat, terdidik, kompeten, dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *