Uni Eropa Selidiki Facebook dan Instagram Atas Disinformasi Pemilu

Komisi Eropa mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka sedang menyelidiki Meta, perusahaan induk Facebook dan Instagram, atas penempatan iklan politik di platformnya selama pemilu Eropa pada bulan Juni.

Uni Eropa mengatakan pihaknya tetap waspada terhadap upaya Rusia untuk mendistorsi opini publik dan melemahkan demokrasi melalui penyebaran berita palsu di media sosial.

Panitia menduga penanganan Meta terhadap iklan kurang memadai. Menyebarkan informasi palsu melalui iklan berbayar di platform media sosial dianggap “berpotensi membahayakan proses pemilu dan hak-hak dasar, termasuk hak atas perlindungan konsumen.” Perang Propaganda Rusia

Komisaris Pasar Internal Uni Eropa, Thierry Breton, mengatakan bahwa tujuan penyelidikan adalah “untuk memastikan bahwa langkah-langkah efektif telah diambil, terutama untuk mencegah korupsi di Instagram dan Facebook digunakan oleh campur tangan asing.”

“Kami menduga bahwa meta-audit tidak memadai karena kurangnya transparansi dalam periklanan dan proses moderasi konten,” kata Margrethe Vestager, wakil presiden Komisi. Daftarkan diri Anda pada buletin mingguan gratis kami untuk mendapatkan pengetahuan Anda.

Pengaruh Meta di antara 450 juta penduduk UE telah menjadi perhatian Komisi Eropa dalam perjuangannya melawan propaganda Rusia.

Brussels mencatat bahwa Meta tidak memiliki “alat yang efektif” untuk memantau iklan dan kontennya menjelang pemilu Eropa pada 6-9 Juni.

Hal ini mengacu pada keputusan Meta untuk menutup alat digital CrowdTangle, yang dianggap berharga dalam memerangi penipuan online. Aturan apa yang bisa dilanggar?

Meta memiliki waktu lima hari kerja untuk menjelaskan bagaimana mereka akan memitigasi risiko penutupan CrowdTangle, kata Brussels.

Meta mengklaim memiliki “proses yang kuat untuk mengidentifikasi dan memitigasi risiko di platform kami.”

Investigasi diluncurkan berdasarkan Undang-Undang Layanan Digital UE (DSA) yang baru. Undang-undang ini menindak konten ilegal secara online dan memaksa perusahaan teknologi besar untuk berbuat lebih banyak untuk melindungi konsumen secara online.

Facebook dan Instagram termasuk di antara 23 platform “besar” yang harus mematuhi aturan DSA, dan perusahaan yang tidak patuh akan dikenakan denda untuk sekitar 6% bisnis global platform tersebut.

Hp/yf (dpa, rtr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *