Pertamina Diminta Segera Amankan Pasokan BBM Usai Kilang Balikpapan Terbakar, DPR: Ini Mendesak

Reporter Tribunnews.com Nitis Hawaroh melaporkan.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Komisi VII DPR RI, Mulyanto mengimbau Pertamina tidak mengganggu distribusi BBM ke masyarakat di wilayahnya pasca kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan. (RU V Balikpapan) Sabtu (25/5/2024) pagi.

Wakil Ketua FPKS DPR RI meminta Pertamina tidak mengganggu aktivitas masyarakat agar pasokan BBM tidak berkurang.

“Ini merupakan hal yang sangat penting dan mendesak,” kata Mulyanto dalam keterangannya, Sabtu.

Selain itu, Terminal Pumpang, Tanjungpriok Jakarta Usai kebakaran di Jakarta, kebakaran kembali terjadi di kilang Pertamina, sesal Mulyanto.

Ia mengatakan, seharusnya Pertamina yang sudah menjadi perusahaan global bisa menerapkan hal tersebut secara “sengaja” pada pabriknya.

Renovasi kilang CDU IV Balikpapan berhasil diselesaikan, dikecewakan dengan bencana alam yang terjadi di fasilitas tersebut beberapa hari lalu, sehingga menambah kapasitas produksi minyak mentah sebelumnya sebesar 260.000 barel per hari (bph). (bpd) menjadi 360 juta barel per hari.

Namun, Mulyanto belum bisa memastikan apakah kebakaran ini terjadi di unit yang sama (CDU IV) dengan kilang yang diupgrade.

Artinya, kilang Balikpapan merupakan kilang terbesar di Tanah Air, melampaui kapasitas kilang Cilacap di Jawa Tengah yang saat ini memiliki minyak mentah sebesar 345.000 bph, jelasnya.

Pada awalnya, Kalimantan Timur, Kebakaran terjadi di kilang minyak Pertamina di Balikpapan pada Sabtu (25/5/2024). Kebakaran terjadi sekitar pukul 05.06 dan kilang minyak ikut terbakar.

Dalam video viral tersebut, Akses kawasan di Jalan Yos Sudarso saat ini ditutup untuk umum dan jurnalis.

Penutupan jalan dari Jalan Yos Sudarso menuju kawasan pemandangan. Setiap perempatan menuju kawasan tersebut dijaga petugas keamanan bersama petugas kepolisian dari kilang Pertamina Balikpapan. Kemacetan juga terjadi terutama di jalan menuju kawasan Balipapan Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *