Naikkan Level Olahraga Nasional, NOC Indonesia Upayakan Pencak Silat Masuk AIMS

Meningkatkan taraf olahraga Indonesia. NOC Indonesia berkomitmen untuk memasukkan Pencak Silat ke dalam AIMS

Abdul Majid / Tribunnews.com TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menilai masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan agar Indonesia percaya diri menjadi tuan rumah ajang kelas dunia.

Salah satunya dengan mendorong olahraga asal Indonesia, Pencak silat, untuk bergabung dalam Aliansi Independent Recognized Sports Member (AIMS).

Hal tersebut diungkapkan Presiden NAC Indonesia Raja Sapta Oktahari usai pertemuan dengan Presiden AIMS Stephen Fox di sela-sela Sidang Umum OCA ke-43 di Bangkok, Thailand.

Salah satu pertemuannya membahas bagaimana memajukan olahraga Indonesia di mata dunia.

“Kami berjuang untuk memajukan olahraga Indonesia di mata dunia, salah satunya dengan menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah kompetisi campuran kelas dunia. Okta, yang akrab dipanggil Raja Sapta Oktahari, mengatakan: “Ini adalah kesempatan bagi kita untuk menjadi tuan rumah World Martial Arts Games, sebuah event campuran, khususnya untuk seni bela diri dan bela diri.”

“Untuk itu pencak silat perlu kita dorong untuk menjadi anggota AIMS agar dapat mengikuti cabang olahraga di World Martial Arts Games. Setelah itu pencak silat baru akan diakui oleh IOC.” ini merupakan langkah untuk meraih peluang Indonesia menjadi tuan rumah World Martial Arts Games pada tahun 2027.”

For Fighting World Games merupakan ajang multiolahraga internasional yang memadukan berbagai seni bela diri dan disertai dengan program budaya yang mencerminkan tradisi dan nilai-nilai seni bela diri kuno serta kontribusinya terhadap masyarakat modern.

Pencak silat merupakan olahraga yang mencerminkan budaya dan tradisi Indonesia.

Selain itu, pengakuan Pencak silat sebagai seni bela diri oleh AIMS dan IOC juga menjadi pintu gerbang memajukan olahraga Indonesia di mata dunia.

Banyak program olahraga dunia yang sebelumnya masuk dalam daftar tersebut, seperti World Gymnastics Games 2025, Youth Olympic Games 2030, dan Olympic Games 2036.  

Presiden AIMS Stefan Fox menyebut Pencak Silat sebagai olahraga hebat asal Indonesia. Bahkan, ia mengaku melihat langsung indahnya gerakan Pancake Force.

“Pencak Silat adalah ilmu bela diri yang hebat, saya melihat sendiri betapa indahnya ilmu bela diri ini. “Saya mengapresiasi keinginan Indonesia sebagai tempat lahirnya pencak silat untuk mulai mengajukan keanggotaan AIMS hingga akhirnya diakui oleh IOC,” kata Fox.

“Pencak silat harus diakui oleh Sport Accord dan kemudian bergabung dengan keluarga AIMS, maka Pencak silat bisa menjadi olahraga kompetitif di World Combat.”

Lebih lanjut, pria kelahiran Jerman ini mengatakan Indonesia mempunyai peluang bagus menjadi tuan rumah Piala Dunia. 

Menurutnya, Indonesia adalah negara yang kuat dalam ilmu bela diri. Bahkan konon pencak silat sudah mengakar di masyarakat, sehingga dianggap pantas untuk diadakannya World Martial Arts Games. 

“World Combat merupakan ajang multi-olahraga paling terintegrasi di dunia, saat ini mempertemukan 1.800 atlet dari ratusan negara di seluruh dunia. Kami menggabungkan banyak pasukan terjun payung dan atlet khusus dalam satu kompetisi, tidak berbeda untuk setiap atlet. Fox menyimpulkan: “Saya kira semangat ini sejalan dengan cara hidup masyarakat Indonesia yang menolak segala bentuk diskriminasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *