Kartu Prakerja Gelombang 69 Dibuka, Segera Gabung Gelombang di Prakerja.go.id

TRIBUNNEWS.COM – Kartu Prakerja Wave 69 resmi dibuka hari ini, Jumat (31/5/2024), ikuti cara mendaftar dan tips melewati tahapannya.

Calon peserta yang telah memiliki akun prakerja dapat langsung klik “Join the Wave” di dashboard untuk mendaftar seleksi kartu prakerja Wave 69. 

Namun bagi peserta yang belum memiliki akun prakerja, dapat membuat akun terlebih dahulu untuk mengikuti seleksi Kartu Prakerja Seri 69.

Cara membuat akun Prakerja dapat dilakukan melalui website prakerja.go.id.

Informasi pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 69 diumumkan melalui postingan di akun Instagram resmi @prakerja.go.id, pada Jumat (31/05/2024).

“Di manakah masyarakat yang sejak kemarin menunggu untuk mengikuti gelombang pemilu?” Yuk, klik ‘Join the Wave’ sekarang di dashboard prakerjamu!”

“Bagi yang belum mendaftar, silakan mendaftar langsung dan mandiri melalui www.prakerja.go.id agar #jadiBisa dapat mengikuti gelombang pemilu ini,” demikian bunyi keterangan dalam postingan Instagram @prakerja.go.id.

Adapun cara mendaftar Kartu Prakerja Wave 69 bisa menggunakan email dan password.

Peserta kemudian dapat mengisi data diri dan memverifikasi foto E-KTP.

Selengkapnya, simak cara daftar akun dan bergabung dengan Kartu Prakerja Wave 69, mengutip situs resminya di bawah ini. Cara Daftar Kartu Prakerja Seri 69 – Daftar Akun Kartu Prakerja – Buka halaman www.prakerja.go.id, klik menu “Daftar Sekarang” di kanan atas; Masukkan alamat email dan kata sandi Anda; Isi nomor NIK, KK dan tanggal lahir, lalu klik Lanjut; Selanjutnya isi data diri Anda dan pastikan data yang dimasukkan seperti alamat rumah, nama lengkap dan nama belakang ibu sudah benar; Verifikasi foto e-KTP, pastikan diunggah dan diunduh langsung dari kamera ponsel; Apabila foto KTP yang diunggah sesuai ketentuan, klik “Gunakan Foto”; Tunggu hingga sistem selesai memverifikasi foto KTP yang diunggah; Langkah selanjutnya, konfirmasi dengan memindai wajah Anda sambil berkedip. Klik Pemindaian Wajah lalu ikuti instruksinya;  Jika ya, tunggu hingga sistem selesai memverifikasi orang tersebut; Tahap selanjutnya menjawab pertanyaan tentang alasan mengikuti program Kartu Prakerja; Selanjutnya, isi pertanyaan tentang minat dan keterampilan pelatihan Anda; Pertanyaan yang diajukan adalah mengenai status pekerjaan, jenis pekerjaan, tingkat pendidikan dan keterampilan yang diminati.   Setelah itu verifikasi nomor ponsel dengan memasukkan enam digit kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel; Klik “Kirim OTP”; Selanjutnya melengkapi pernyataan pendaftar sesuai ketentuan; Setelah selesai mengisi, klik “Lanjutkan”; Selanjutnya mengikuti Tes Kemampuan Dasar (APT) atau Soal Kemampuan Belajar (SKB); Klik “Lanjutkan”. – Cara mengikuti gelombang pendaftaran kartu prakerja Wave 69- 

1. Setelah berhasil mendaftarkan akun di website prakerja.go.id, pilih Wave yang tersedia di panel kontrol sesuai alamat KTP Anda;

2. Klik “Bergabung dengan gelombang”;

3. Akan muncul konfirmasi pemilihan gelombang. Jika sesuai, klik “Gabung”.

4. Selanjutnya akan muncul surat persetujuan prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Klik pada “Saya setuju”.

5. Tahap registrasi telah selesai.

Tahap seleksi Kartu Prakerja Seri 69, dimulai dari tahap uji keterampilan dasar hingga mengikuti seri. 

Simak tips melewati tahapan Kartu Prakerja Seri 69 dan cara mendaftar dengan mengacu pada situs resminya. Tips Pengajuan Kartu Prakerja Grup 69 Informasi Pembukaan Kartu Prakerja Grup 69 (Instagram @prakerja.go.id) 1. Lengkapi pengajuan Kartu Prakerja Seri 69.

Sebelum mendaftar, pastikan Anda sudah memenuhi semua persyaratan Kartu Prakerja Wave 69 yang dijelaskan sebelumnya. 2. Periksa apakah datanya benar

Saat mendaftar pastikan nama lengkap, tanggal lahir dan NIC sudah benar.

Apabila data yang dimasukkan belum benar, dapat menghubungi dukcapil melalui Telp/Fax: (021) 79194075 / (021) 7980655 dan (021) 7949770, atau melalui WhatsApp/SMS 08118005373 dan email di callcentermendagridukca. .

Selain itu, peserta dapat menyelesaikan keluhan data kependudukan dengan mendatangi kantor Dukapil terdekat. 3. Pastikan email dan nomor masih aktif

Peserta diharapkan memastikan email dan nomor telepon yang terdaftar masih aktif.

Hal ini sangat penting karena verifikasi akun prakerja dan informasi terkait akan dikirimkan melalui SMS atau email yang terdaftar. 4. Pilih waktu yang tepat

Memilih waktu yang tepat merupakan salah satu tips yang harus dilakukan sebelum bekerja, sebisa mungkin hindari waktu luang di siang hari atau hari libur.

Sebab pada hari tersebut biasanya website mengalami error karena banyak juga calon peserta yang mencoba mendaftar secara masal.

(Tribunnews.com/Muhammad Alvian Fakka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *