Mundur dari Kepala OIKN, Bambang Susantono Beri Sejumlah Catatan untuk Pembangunan IKN ke Depannya

Koresponden Berita Tribune Andrapatha Parmodias melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Bambang Susanto akhirnya buka suara usai mengundurkan diri dari jabatan Kepala Badan Ibu Kota Kepulauan (OIKN).

Dalam postingan di akun Instagramnya, Bambang mengawali dengan mengatakan bahwa perkembangan IKN harus terus didukung bersama.

Menurutnya, IKN merupakan simbol peradaban baru Indonesia pada tahun 2045 dan cita-cita luhur tersebut harus dipertahankan hingga menjadi kenyataan.

Bambang mengucapkan selamat kepada Menteri PUPR selaku Pj OIKN dan Wakil Menteri ATR/BPN sebagai Pj Deputi OIKN.

Meski tak lagi menjabat di kepengurusan IKN, Bambang menyatakan akan terus menyumbangkan tenaga, ide, dan pengalamannya demi terwujudnya IKN yang hijau, cerdas, fleksibel, inklusif, dan berkelanjutan.

Beliau juga menjelaskan bagaimana IKN memiliki konsep Negara Ramba Noosa (Kota Hutan Lestari), bagaimana IKN menjadi harapan dunia, serta tiga platform penting bagi IKN.

“Pembangunan IKN dengan konsep Negara Forest Noosa tidak hanya menjadi harapan Indonesia, tetapi juga harapan dunia terhadap model kota masa depan,” kata Bambang dalam postingan di akun Instagramnya, @bambangsusantono, Selasa. hari (4/6/2024).

Oleh karena itu, menurut Bambang, masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional akan terus memantau rencana lokal dan prinsip-prinsip ESG.

Tiga platform utama yang dimaksud adalah Peta Jalan Perubahan Iklim, Rencana Pengembangan Keanekaragaman Hayati, dan Peta Jalan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Bambang menilai ketiga platform ini sebagai panglima dalam melaksanakan pembangunan di lapangan.

Setelah itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang saling bahu membahu membangun apa yang disebut Bambang sebagai “landasan harapan besar ini”.

“Saya berharap ‘Nusantara adalah kita dan kita adalah pulau-pulau’ terpatri di hati kita,” kata Bambang.

Kemudian Bambang secara khusus mengucapkan terima kasih kepada warga Pinajam Pasar Utara dan Kutai Kartingara serta Kecamatan Sepako dimana Bambang menjadi bagiannya.

Ia pun menyampaikan pengakuan dan terima kasihnya kepada berbagai elemen masyarakat.

Artinya, penggerak komunitas; mitra di tingkat lokal, nasional dan internasional; Juga jajaran kementerian dan lembaga.

Bambang mengucapkan terima kasih dan terima kasih kepada organisasi bilateral dan multilateral, LSM, serta investor dan pengusaha yang telah mendukung perkembangan IKN Nusantara.

“Akhirnya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar organisasi IKN yang memiliki waktu 519 hari hingga tanggal 3 Juni 2024,” kata Bambang.

Lanjutnya, “Saya bersyukur dan merasa terhormat bisa menjadi bagian dari organisasi ini dan bersama-sama mengukir sejarah dengan membantu meletakkan landasan dasar bagi perkembangan IKN Nusantara.”

“Teruslah menggugah semangat berkarya agar IKN tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia, namun juga menjadi inspirasi bagi dunia,” pungkas Bambang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *