Pasukan Keamanan Mesir Culik Aktivis Mahasiswa pro-Palestina, Obrak-obrik Tiap Sudut Rumah

Pasukan keamanan Mesir menculik aktivis mahasiswa pro-Palestina dan mencuri setiap sudut rumah mereka

TRIBUNNEWS.COM – Petugas keamanan Mesir menangkap aktivis mahasiswa Ziad Al-Basiuni pada Kamis pagi (5 September 2024).

Penangkapan Basiouni terjadi setelah aktivis tersebut mengunggah postingan di halaman Facebook-nya yang mendesak mahasiswa untuk berdiri bersama Palestina dan mendukung gerakan boikot.

Dia mengatakan rezim Mesir telah “dihancurkan secara paksa,” menurut teman dan keluarganya.

“Pada Kamis pagi, sejumlah besar tentara dari Dinas Keamanan Nasional, termasuk pria bertopeng, menyerbu masuk ke apartemen kami dan mendobrak pintu,” jelas Faiza Hindawi, ibu dari jurnalis al-Bassiuni.

“Mereka mengancam kami dengan senapan mesin, menyita ponsel kami, mengancam kami, dan merampok setiap sudut rumah dalam waktu dua jam.”

Menurutnya, semua itu terjadi setelah putranya Ziyad menyerukan di media sosial untuk mendukung gerakan mahasiswa Palestina dan melakukan boikot.

“Dia tidak menentang rezim [al-Sisi] atau menghasut kekerasan. Dia diperlakukan sebagai penjahat dan ditangkap seminggu sebelum tes, dan kami belum mendengar kabar darinya sejak itu.”

Hindawi mengatakan dia dan keluarganya mengikuti saran teman-temannya dan tetap bungkam atas kejadian tersebut dan memohon pembebasannya.

“Tetapi janji pembebasannya tidak dipenuhi setelah kami tidak dapat menghubunginya selama empat hari berturut-turut, keheningan tidak mungkin lagi dilakukan.”

Ia kemudian menulis artikel berjudul “Saya Ingin Mengecek Anak Saya” tentang apa yang terjadi Kamis lalu.

Rincian lainnya diungkapkan oleh saudara laki-laki Ziad, Khaled, mantan tahanan, pengacara dan mantan anggota Dewan Tertinggi Partai Al-Karama.

“Pintu rumah didobrak dan senjata otomatis diarahkan ke wajah kami tanpa kami sadari apa yang terjadi,” ujarnya.

“Setelah dua jam menggeledah isi rumah dan menghancurkan semuanya, saya melihat Ziad ditangkap di jalan depan rumah.”

“Dia adalah seorang mahasiswa di Institut Seni Rakyat Akademi Seni dan tidak terlibat dalam aktivitas politik apa pun selain keyakinannya pada perjuangan Palestina dan solidaritasnya dengan rakyat Palestina dalam menghadapi genosida,” katanya. tentara Mesir. Dubes berpatroli di perbatasan Rafah-Gaza saat berkunjung ke Dewan Keamanan PBB pada 11 Desember 2023.

Hingga kini, Mesir mengambil sikap ambivalen terhadap situasi di Gaza.

Banyak partai politik mengatakan Kairo berada di balik penolakan Israel terhadap serangan militer di Gaza dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri dari serangan IDF di Mesir.

Mesir bersikeras bahwa mereka peduli terhadap Palestina dan Jalur Gaza serta hak-hak mereka sebagai lembaga negara.

Namun bagi Kairo, keamanan nasional adalah prioritas utama.

Mesir mengalami trauma dan tampaknya alergi terhadap apa pun yang dapat menyebabkan munculnya kelompok perlawanan di negara tersebut dan merusak stabilitasnya.

Upaya mereka ‘berkoordinasi’ dengan Israel, khususnya di perbatasan Rafah, disebut-sebut sebagai bentuk pengutamaan masalah keamanan nasional.

Hingga saat ini, Mesir cenderung menggunakan cara-cara lunak dalam hubungannya dengan Tel Aviv untuk memastikan bahwa kepentingan keamanan nasionalnya tidak dikompromikan oleh Israel. 

Namun perebutan perbatasan Rafah yang dilakukan Mesir baru-baru ini telah membuat marah Mesir. Perbatasan Rafah, Gaza Palestina dan Mesir. Israel berencana mengendalikan penyeberangan dan menyewa perusahaan keamanan swasta dari Amerika Serikat. (Zaman Israel) Peringatan Mesir diabaikan

Operasi IDF untuk merebut perbatasan Mesir-Gaza di penyeberangan Rafah mengabaikan peringatan Mesir bahwa tindakan tersebut dapat meningkatkan konflik di Timur Tengah.

Mesir diketahui berupaya keras menutup total perbatasannya dengan Jalur Gaza sejak perang antara Israel dan Hamas dimulai pada 7 Oktober.

Mesir membangun tembok beton sedalam 6 meter di dalam tanah dan menutupinya dengan kawat berduri.

Mereka juga membangun tembok dan meningkatkan pengawasan di pos perbatasan, kata sumber keamanan.

Bulan lalu, kantor berita Mesir meluncurkan serangkaian operasi lintas batas sebagai tanggapan atas klaim Israel bahwa Hamas menerima senjata yang diselundupkan dari Mesir.

Tembok Samsun membuat penyelundupan melalui darat atau bawah tanah menjadi mustahil, katanya.

Foto-foto yang dibagikan kepada Reuters oleh Yayasan Independen Hak Asasi Manusia Sinai menunjukkan tembok tersebut dipasang pada bulan Desember dan beberapa pantai di belakangnya.

Kelompok ini menunjukkan tiga lapis kawat berduri yang ditancapkan secara vertikal ke dinding belakang, diambil pada awal Februari.

Citra satelit dari bulan Januari dan Desember menunjukkan perbatasan dekat Rafah membentang sepanjang 13 kilometer (8 mil) dan memanjang hingga ke pantai di ujung utara tembok.

Mesir juga mengirimkan sekitar 40 tank dan kendaraan lapis baja ke timur laut Sinai pada bulan Februari dan telah menunggu sejak saat itu.

Langkah Mesir ini merupakan bagian dari upaya memperkuat keamanan di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza, kata dua sumber keamanan Mesir.

Seorang pejabat senior pemerintah Mesir mengatakan Kairo siap menghadapi semua skenario serangan militer Israel di Rafah.

Saluran Berita Al Kairo melaporkan pada Selasa (13 Februari 2024) bahwa Mesir memantau dengan cermat situasi di perbatasan dan di Rafah, sehubungan dengan dilancarkannya serangan di wilayah tersebut oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Hubungan Mesir-Israel terancam retak dan perang terus berlanjut.

Mesir dan Israel telah hidup damai selama lebih dari 40 tahun.

Kedua negara telah memperluas hubungan mereka dalam beberapa tahun terakhir melalui ekspor gas alam Israel dan kerja sama keamanan di sepanjang perbatasan bersama dan di sekitar Jalur Gaza.

Kedua negara memberlakukan blokade di Jalur Gaza setelah Hamas menguasainya pada tahun 2007, membatasi pergerakan orang dan barang melintasi perbatasan.

Namun hubungan tersebut berisiko menjadi tegang dan rusak akibat operasi militer Israel saat ini di Jalur Gaza, yang dilakukan sebagai pembalasan atas serangan Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober.

Mesir telah berulang kali memperingatkan bahwa serangan Israel dapat memaksa warga Gaza yang putus asa mengungsi ke Semenanjung Sinai.

Mesir juga marah atas niat Israel untuk mengambil kendali penuh koridor perbatasan Gaza-Mesir untuk menjamin demiliterisasi wilayah Palestina.

Pada bulan Januari, Mesir mengumumkan dua operasi untuk melawan perdagangan narkoba di timur laut Sinai, yang tampaknya merupakan upaya untuk mengamankan kendali atas wilayah tersebut.

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada Reuters bahwa restrukturisasi keamanan perbatasan, yang masih mencakup sejumlah kecil terowongan, terus dinegosiasikan oleh kedua negara.

Israel akan mencoba mengatur pergerakan pengungsi Palestina dari Jalur Gaza ke utara, kata pejabat itu.

Sumber-sumber keamanan Mesir membantah perundingan itu terjadi dan mengatakan mengakhiri pertempuran di Gaza adalah prioritas utama. Tentara Mesir berpatroli di perbatasan Rafah-Gaza saat kunjungan Duta Besar Dewan Keamanan PBB, 11 Desember 2023.

Kantor Direktur Intelijen Nasional menyebut tuduhan penyelundupan itu ‘salah’ untuk menutupi niat Israel merebut zona penyangga perbatasan yang dikenal sebagai Koridor Philadelphia.

Mesir juga menuduh Israel membatasi bantuan ke Jalur Gaza, di mana ancaman kelaparan meningkat dan para pekerja bantuan memperingatkan penyebaran penyakit tersebut.

Menolak atau menolak bantuan kemanusiaan dari Israel.

Langkah sebenarnya Israel kemudian merebut perbatasan Mesir-Gaza di perlintasan Rafah adalah untuk mencegah mobilisasi Hamas saat serangan IDF.

Mesir menolak gerakan Palestina di Gaza sebagai bagian dari penolakannya untuk mengulangi apa yang negara-negara Arab sebut sebagai “Nakba” atau “Bencana” Palestina.

Saat itu, pertempuran di sekitar Jalur Gaza memaksa sekitar 700.000 orang meninggalkan rumah mereka. Berdirinya Israel pada tahun 1948.

Para diplomat dan analis mengatakan Mesir khawatir akan infiltrasi Hamas dan masuknya pengungsi dalam skala besar.

Oktober lalu, Presiden Abdel Fattah al-Sisi memperingatkan bahwa tindakan ini dapat mengubah Semenanjung Sinai menjadi basis serangan terhadap Israel. Tetap berpegang pada perjanjian kamp.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah Mesir menyatakan harus menjaga perjanjian damai dengan Israel.

Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry mengatakan pada bulan Februari bahwa Mesir harus mempertahankan perjanjian perdamaiannya dengan Israel, Anadolu Agency melaporkan.

“Ada perjanjian perdamaian antara Mesir dan Israel yang telah berlaku selama 40 tahun terakhir, dan kami telah menerima perjanjian ini dengan setia dan efektif dan akan terus melakukannya pada tahap ini,” kata Shukri dalam konferensi pers. Tanja Fajon di Ljubljana, ibu kota Slovenia.

Komentarnya muncul setelah media AS melaporkan bahwa Kairo mengancam akan mengakhiri perjanjian damai dengan Israel atas rencana serangan darat di kota perbatasan Rafah, Mesir.

Mesir menandatangani Perjanjian Daud dengan Israel pada tahun 1979, yang menyebabkan Tel Aviv menarik diri dari Semenanjung Sinai.

Shukri mengatakan Kairo berusaha menengahi kesepakatan antara Hamas dan Israel untuk membebaskan tahanan dan mengizinkan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Militer Israel berencana meluncurkan pasukan darat dari Rafah, sebuah kota berpenduduk lebih dari 1,4 juta orang, untuk mengusir apa yang disebut “batalion Hamas” yang tersisa di Tel Aviv.

Warga Palestina telah mencari perlindungan di Rafah sejak Israel menduduki wilayah lain pada 7 Oktober.

Pemboman Israel baru-baru ini telah menewaskan lebih dari 35.000 orang dan menyebabkan kehancuran massal dan kekurangan pasokan bahan pokok.

Menurut PBB, serangan udara Israel di Jalur Gaza telah membuat 85% penduduk Gaza mengungsi, menyebabkan kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, serta merusak atau menghancurkan 60% infrastruktur di wilayah tersebut.

Pada akhir tahun 2023, Afrika Selatan mengajukan banding ke Mahkamah Internasional, menuduh Israel gagal memenuhi kewajibannya berdasarkan Konvensi Genosida 1948.

Pengadilan PBB menyatakan klaim Afrika Selatan sah dalam keputusan sementara pada bulan Januari.

Mereka meminta pemerintah Israel untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan sementara untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga sipil di Gaza.

(oln/memo/aja/berbagai sumber/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *