Jerry Sambuaga Serahkan Kans Dirinya Kembali Menjabat di Kabinet Berikutnya ke Prabowo

Laporan reporter Tribunnews.com, Endrapt Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuga belum mau berkomentar mengenai kemungkinan kembali menjabat pada pemerintahan berikutnya.

Politisi Partai Golkar itu hanya menjawab singkat. Menurut dia, segala keputusan mengenai siapa yang akan menjadi menteri dan wakil menteri pada kabinet baru akan berada di tangan Presiden RI baru terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto.

Tergantung presiden terpilih, kata Jerry saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Kamis (13/06/2024).

Pada dasarnya, katanya, apa yang dia lakukan saat ini adalah melakukan yang terbaik yang dia bisa.

“Intinya kami berusaha semaksimal mungkin,” kata Jerry singkat kepada awak media sebelum berangkat.

Jerry Sambuga menjabat Wakil Menteri Perdagangan pada Kabinet Indonesia Maju sejak tahun 2019. Ia pernah menjabat Wakil Menteri Perdagangan pada tiga menteri berbeda.

Tahun 2019-2020 menjadi wakil Agus Supermant, tahun 2020-2022 menjadi wakil Muhammad Lutfi, kini mulai tahun 2022 menjadi wakil Zulkifli Hassan.

Selama menjabat, Jerry kerap sesumbar berhasil menjaga neraca perdagangan Indonesia tetap surplus.

Misalnya pada Februari 2024, dia menyebut neraca perdagangan Indonesia surplus selama 45 bulan berturut-turut. Kemudian Badan Pusat Statistik menyatakan RI surplus sebesar US$2,02 miliar pada Januari 2024.

“Saya jadi wakil menteri Oktober 2019. Jadi saya jadi wakil menteri 50 bulan, lebih dari 4 tahun. Kita surplus perdagangan selama 45 bulan,” kata Jerry saat itu.

Selain itu, Jerry juga kerap mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Ada momen ia memperlihatkan barang-barang buatan lokal seperti baju, celana, dan jam tangan yang ia gunakan saat bekerja.

Berbicara di atas panggung, ia mengeluarkan sepatu buatannya dan menunjukkannya kepada penonton.

“Sepatu yang saya pakai itu asli, tidak bohong, kalau saya lepas pasti ada nama saya. Nama saya Jerry Sambaga,” kata Jerry, Senin (26/2/2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *